Karenina Maria Anderson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Karenina)
Langsung ke: navigasi, cari
Karenina Maria Anderson
Karenina Maria Anderson.png
Nama lahir Karenina Maria Anderson
Lahir 28 Februari 1983 (umur 31)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Pekerjaan Aktris, model, peragawati
Tahun aktif 1995 - 2009
Pasangan Kamal Bhojwani
Anak Krishna Kamal Bhojwani

Karenina Maria Anderson (lahir di Jakarta, 28 Februari 1983; umur 31 tahun) adalah seorang aktris dan model, dan peragawati Indonesia. Ia mengawali karier dari dunia model sejak usia 13 tahun.

Desainer Adjie Notonegoro yang pertama kali menemukan bakat Karenina, dan mengajaknya terjun ke dunia modeling. Saat Adjie ingin memamerkan gaun-gaun rancangan terbarunya, Adjie mengajaknya menjadi modelnya. Dari situlah awal karier profesional Karenina. Tidak hanya sebagai model dan peragawati, ia juga sukses menjadi bintang iklan beberapa produk kenamaan, serta menjadi model video klip. Pada masanya, Karenina mendapat julukan "Model Seribu Wajah". Karenina merupakan Top Model Indonesia yang paling laris pada era 1990-an dan awal 2000-an.

Popularitasnya di dunia model, membuat Nina mendapat tawaran untuk berakting. Film Jomblo menjadi debut filmnya. Meski hanya sebagai kameo, aktingnya menarik perhatian sutradara Jeremias Nyangoen sehingga mengajak Nina untuk bermain dalam film I Love You, Om. Dalam film tersebut Nina berperan sebagai seorang model bernama Nayla yang jatuh terperosok menjadi lesbian.

Tahun 1999 hingga akhir 2000-an, Karenina juga pernah memiliki bisnis butik di daerah Cikajang, dengan label Nyu Nyu bersama teman baiknya seorang desainer bernama Felbi.

Pada tahun 2009, Karenina menikah dengan pria berkebangsaan India, seorang pengusaha bernama Kamal Bhojwani. Sejak itu, Karenina memutuskan vakum dari dunia modeling, dan tidak lama kemudian hamil. Mereka tinggal di sebuah rumah di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Karenina melahirkan anak pertamanya yang bernama Krishna Kamal Bhojwani pada tahun 2010. Sejak saat itu Karenina sangat menikmati perannya sebagai seorang ibu rumah tangga. Sekarang, ia membuka usaha konveksi bersama ibu dan adiknya dengan label namanya sendiri, Karenina.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Sinetron[sunting | sunting sumber]

  • M-Club

Pranala luar[sunting | sunting sumber]