Kapal jelajah pesawat terbang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kiev 1985 DN-SN-86-00684r.jpg

Kapal jelajah (cruiser) pesawat terbang atau cruiser-carrier tahun 1930-an awalnya merupakan konsep eksperimental menciptakan kapal perang all-around, mencoba untuk menggabungkan semua fitur yang baik dari kapal induk dan kapal penjelajah berat. Para penjelajah pesawat awal biasanya dipersenjatai dengan artileri yang relatif berat ,tambang dan sejumlah pesawat dilengkapi dengan pelampung (membuat kapal jenis amfibi).

Desain kapal pesawat penjelajah awal ternyata berhasil. Pesatnya perkembangan pesawat angkatan laut pada 1930-an yang cepat dan mereka membangun kembali misalnya sebagai kapal penjelajah anti-pesawat.

Sebuah turunan yang lebih modern dari kapal penjelajah pesawat adalah cruiser helikopter. Kapal induk kelas Invincible dari Royal Navy juga dapat dipertimbangkan; mereka awalnya digolongkan sebagai kapal penjelajah karena peran aslinya sebagai komando dan kontrol platform serta kapal ASW, mengambil peran-peran dari "Tiger" konversi kelas cruiser RN.

Di Angkatan Laut Rusia, "Aviation Cruiser" adalah sebutan untuk kelas Kiev dan kelas kapal Kuznetsov. Mereka adalah persilangan antara cruiser dan kapal induk dan dibagi dalam dua kelas, kapal penjelajah penerbangan dan kapal penjelajah penerbangan berat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Weblink[sunting | sunting sumber]