Kanal Erie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pemandangan kanal di Lockport, New York tahun 1839.

Kanal Erie adalah sebuah jalur air di New York yang membentang sekitar 363 mil (584 km) dari Albany, New York, di Sungai Hudson ke Buffalo, New York, di Danau Erie, sehingga menyelesaikan rute air yang dapat dijelajahi dari Samudera Atlantik ke Danau-Danau Besar. Pertama direncanakan tahun 1807, kanal ini dibangun mulai 1817 hingga 1825 dan secara resmi dibuka[1] tanggal 26 Oktober 1825.

Kanal ini merupakan sistem transportasi pertama antara pantai timur (New York City) dan pedalaman barat (Danau-Danau Besar) Amerika Serikat yang tidak memerlukan pengangkutan perahu, lebih cepat dari gerobak yang ditarik hewan, dan memotong biaya transportasi hingga 95%. Kanal ini mendorong perpindahan penduduk di barat negara bagian New York, membuka wilayah lebih jauh ke barat untuk dihuni, dan membantu New York City menjadi pelabuhan utama AS. Kanal ini diperbesar antara 1834 dan 1862. Pada 1918, kanal yang telah diperbesar ini digantikan oleh New York State Barge Canal yang lebih besar lagi.

Hari ini, Kanal Erie merupakan bagian dari New York State Canal System. Tahun 2000, Kongres Amerika Serikat menetapkan Erie Canalway National Heritage Corridor[2] untuk mengakui pengaruh nasional terhadap sistem kanal sebagai jalur air buatan paling sukses dan berpengaruh dan salah satu karya dan konstruksi teknik sipil terpenting di Amerika Utara.[3] Dulunya sering digunakan untuk perahu air rekreasi, kanal ini mengalami peningkatan lalu lintas komersial pada 2008.[4]


Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Roy Finch (1925). "The Story of the New York State Canals: Governor DeWitt Clinton's Dream". New York State Engineer and Surveyor (republished by the New York State Canal Corporation). Diakses June 12, 2009. 
  2. ^ eriecanalway.org
  3. ^ Erie Canalway National Heritage Corridor
  4. ^ CHRISTOPHER MAAG (November 2, 2008). "Hints of Comeback for Nation's First Superhighway". The New York Times. 


Bahan pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Erie Canal

Gambar dan peta
Taman dan museum