Kabupaten Gonghe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kabupaten Gonghe (共和) memerintah Cina dari tahun 841 SM sampai 828 SM setelah Raja Li dari Zhou diasingkan oleh para bangsawannya. (Sejarah Cina Kuno Cambridge memberikan tanggal mulai dari tahun 842.)

Menurut sejarawan Dinasti Han, Sima Qian (di dalam Catatan Sejarawan Agungnya), yang membaca Gonghe sebagai 'keselarasan gabungan', pada masa pemerintahan Gonghe, Dinasti Zhou diperintah bersama-sama oleh dua adipati yaitu Adipati Zhou (bukan Adipati Zhou yang pertama dan terkenal, yang merupakan leluhurnya) dan Adipati Zhao (召公—mirip, bukan Adipati Zhao yang pertama dan terkenal). Namun menurut Sejarah Bambu, kabupaten Gonghe dipimpin oleh Pangeran Gong (共伯), yang bernama He (和). Bacaan ini hampir mirip dengan apa yang dituliskan di dalam sebuah prasasti perunggu.

Nama "Gonghe" dipinjamkan pada masa modern untuk menterjemahkan konsep "republik" di dalam teori politik Barat. Periode Gonghe pada masa Dinasti Zhou tidak memberikan konotasi republik manapun.

Tahun pertama kabupaten Gonghe, 841 SM, bersignifikan tinggi di dalam sejarah Tiongkok kuno, tanggal untuk para penguasa sebelumnya di kabupaten Gonghe tidak pernah dicatat dengan jelas, sejak masa Sima Qian—karena Sima sendiri mendapatkan tanggal-tanggal untuk mendiang penguasa kabupaten Gongehe tidak terpercaya sehingga ia memilih untuk tidak mencantumkannya di dalam karyanya. Hanya setelah 841 SM kejadian-kejadian di dalam sejarah Tiongkok dapat dicatat dengan benar. Sekarang, pemerintahan Republik Rakyat Tiongkok mensponsori Proyek Kronologi Xia Shang Zhou, sebuah proyek multidisiplin yang bertujuan untuk memberikan perkiraan yang lebih baik untuk tanggal sebelum 841 SM, namun draft dari laporan proyek tersebut yang diterbitkan pada tahun 2000, telah dikritik oleh berbagai sumber.

Kabupaten Gonghe
Didahului oleh:
Li
Kabupaten Cina
841 SM – 828 SM
Diteruskan oleh:
Xuan