Kabinet Ukraina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Di Ukraina yang memerdekakan diri dari Uni Soviet pada 24 Agustus 1991, Kabinet Para Menteri merupakan organ eksekutif pemerintahan tertinggi.

Kabinet ini bertanggung jawab pada Presiden Ukraina dan berada di bawah pengawasan dan bertanggung-jawab kepada Verkhovna Rada (parlemen). Kabinet ini terdiri dari Perdana Menteri, Deputi Perdana Menteri Pertama, tiga Deputi Perdana Menteri Umum dan para Menteri.

Perdana Menteri diangkat oleh Presiden dengan izin lebih dari 50% suara anggota parlemen. Susunan anggota kabinet diangkat oleh Presiden atas rekomendasi Perdana Menteri.

Anggota kabinet dan kepala pusat dan lokal badan badan eksekutif tidak mempunyai hak untuk menggabungkan aktivitas resmi mereka dengan pekerjaan lain, kecuali mengajar, penelitian ilmiah dan kegiatan (re)kreatif di luar jam-jam bekerja. Mereka juga tidak diperbolehkan untuk menjadi anggota badan atau dewan administratif pengawas perusahaan yang mencari keuntungan.

Kabinet mengeluarkan resolusi dan perintah yang wajib untuk dilaksanakan. Ketetapan hukum normatif kabinet, kementerian dan badan pusat badan kekuasaan eksekutif lain, dilakukan melalui pendaftaran. Kegagalan untuk mendaftarkan membuat hukum tidak berlaku.

Pada 8 September 2005 seluruh anggota kabinet dipecat oleh presiden Ukraina Viktor Yushchenko, yang kemudian mengangkat Yuriy Yekhanurov sebagai Perdana Menteri baru. Anggota lama kabinet termasuk mantan Perdana Menteri Yulia Tymoshenko, Wakil Perdana Menteri Mykola Tomenko, dan Pimimpin keamanan Petro Poroshenko.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]