Jumlah pemain (sepak bola)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Jumlah Pemain)

Jumlah pemain pada setiap tim sepak bola maksimal terdiri dari sebelas orang (ditambah para pemain cadangan) dengan salah satu di antara mereka menempati posisi kiper. Kiper merupakan satu-satunya pemain yang diizinkan untuk bermain bola dengan tangan atau lengan mereka, asalkan mereka melakukannya dalam area penalti sendiri. Berbagai posisi selain kiper yang ditempatkan oleh pelatih, tidak diatur secara khusus. Aturan ini diberlakukan menurut hukum ke-3 LOTG.

Sejumlah pemain dapat diganti dengan pemain cadangan selama pertandingan. Jumlah maksimum pemain pengganti (substitusi) yang diizinkan dalam sebuah pertandingan resmi liga domestik dan ajang internasional FIFA adalah tiga orang, meskipun dapat bervariasi dalam ajang kompetisi lain atau dalam pertandingan persahabatan (friendly match). Alasan umum untuk substitusi termasuk cedera, kelelahan, perbaikan posisi pemain, pengubahan taktik, atau pengulur waktu di akhir pertandingan. Pemain yang telah diganti tidak diizinkan terlibat lebih lanjut dalam pertandingan.

IFAB menekankan tidak boleh ada pertandingan yang terus berlangsung jika salah satu tim berjumlah kurang dari tujuh pemain.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ IFAB. "Law 3 – The Number of Players". Laws of the Game 2010/2011 (PDF). FIFA. hlm. 62. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2019-11-13. Diakses tanggal 2015-09-20.