Ritme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Irama)

Irama, ritme, atau rentak (Inggris: rhythm) adalah ragam mendatar dan logat atau cengkok dari suatu suara yang teratur.

Irama terbentuk dari suara dan diam. Suara dan diam tersebut digabungkan untuk membentuk pola suara yang berulang untuk membuat irama. Irama memiliki tempo yang teratur, tetapi dapat memiliki bermacam-macam jenis. Beberapa ketukan dapat lebih kuat, lebih lama, lebih pendek, atau lebih pelan dari lainnya. Dalam sebuah musik, seorang penggubah dapat menggunakan banyak irama berbeda.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Kata "irama" berasal dari bahasa Sanskerta yaitu virama. Sedangkan kata "ritme" berasal dari kata bahasa Yunani yaitu ῥυθμόςrhythmos, "suatu ukuran gerakan yang simetris".

Irama dalam Linguistik[sunting | sunting sumber]

Ilmu tentang irama, penekanan, dan laras/nada dalam berbicara disebut sebagai prosodi; bagian dari topik bahasan dalam linguistik.

Pola irama yang 2/4 memberikan kesan dinamis, dan membuat gerak menjadi lebih giat mengikuti ketukan, terlebih musik yang dipilih atau dirancang sangat kentara bitnya. Maka memiliki kecenderungan menggiatkan kaki dan tangan. Penari menjadi lebih terbenam dalam irama, sehingga aspek “presentasi” yang memiliki tenaga sangat terasa intensitas dan tekstur yang ditempakkan oleh tubuh. Di samping itu jika musik berpola irama 4/4 membuat torso (badan) menjadi lebih tenang. Memiliki kecenderungan tubuh menghayati alur geraknya. Pola irama ini sangat nikmat untuk menghayati ungkapan-ungkapan yang bersifat gerak murni, bahkan jika melodinya sangat menonjolkan ungkapan lirisnya.