Institut Bisnis dan Informatika Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
INSTITUT BISNIS dan INFORMATIKA INDONESIA
Didirikan 1987
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Rektor Anthony Budiawan, MSc., CMA
Lokasi Jl. Yos Sudarso Kav. 87, Sunter - Jakarta 14350
Situs web http://www.ibii.ac.id
IBii.jpg

Institut Bisnis dan Informatika Indonesia (iBii)

Sejarah[sunting | sunting sumber]

IBII pada awalnya adalah singkatan nama sebuah yayasan, yaitu Institut Bisnis Indonesia, yang mengelola lembaga pendidikan di bidang bisnis. Lembaga yang didirikan pada tahun 1987 ini menyelenggarakan program pendidikan setara S1 dengan gelar BBA (Bachelor of Business Administration). Para pendiri yayasan yang juga penyelenggara pendidikan ini, Kwik Kian Gie dan praktisi-praktisi bisnis yang berprestasi dalam bidangnya, yaitu Kaharudin Ongko dan Djoenaedi Joesoef, tidak hanya mencerminkan tapi juga menyakinkan masyarakat bahwa seluk beluk bisnis adalah fokus utama pendidikan di IBII.

Pada tahun 1993 status IBII berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE). STIE IBII menyelenggarakan pendidikan jenjang S1 (program sarjana) yaitu Program Studi Manajemen dan Program Studi Akuntansi. Pada Program Studi Manajemen terdapat konsentrasi: Manajemen Keuangan dan Manajemen Pemasaran. Pada Program Studi Akuntansi terdapat konsentrasi: Akuntansi Manajeman, Pemeriksaan Akuntansi (Auditing), dan Akuntansi Perpajakan. Mulai tahun ini pula STIE IBII menyelenggarakan pendidikan jenjang S2 (program magister) yaitu Program Studi Magister Manajemen dengan membuka konsentrasi Manajemen Keuangan dan Manajemen Pemasaran.

Mulai tahun 2004 STIE IBII melengkapi pelayanannya dengan menyelenggarakan pendidikan jenjang S3 (program doktor) yaitu Program Doktor Ilmu Manajemen (PDIM) dengan konsentrasi: Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Strategik dan Akuntansi Manajemen.

Sejalan dengan tuntutan perkembangan zaman, pada tahun 2005 STIE IBII berubah menjadi Institut Bisnis dan Informatika Indonesia (IBII) dengan menambah empat program studi baru jenjang S1 yaitu : Sistem Informasi (SI), Teknik Informatika (TI), Ilmu Komunikasi (IlKom), dan Ilmu Administrasi Bisnis (IAB). Selain itu, Program Studi Manajemen IBII juga membuka konsentrasi baru yaitu : Manajemen Kewirausahaan. Selain menambah empat program studi baru dan menambah satu konsentrasi di bidang Manajemen untuk program studi jenjang S1, pada tahun itu juga IBII membuka penyelenggaraan pendidikan jenjang S2 untuk Program Studi Magister Akuntansi dengan konsentrasi: Jasa Keuangan Internal, dan Jasa Keuangan Eksternal.

Keseriusan dalam mengelola pendidikan yang bermutu telah membuahkan hasil. Hal ini dapat dilihat pada program pendidikan S2, IBII berhasil meraih status akreditasi "Unggul" untuk program Studi Magister Manajemen. Selain itu, keseriusan dalam menerapkan sistem manajemen mutu telah dibuktikan dengan berhasilnya IBII meraih sertifikat sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 yang berstandar internasional.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Agar suasana perkuliahan yang baik dapat terwujud, IBII menyediakan berbagai fasilitas penunjang perkuliahan sebagai berikut :

Digital Library
Laboratorium Bahasa
Laboratorium Jaringan Komputer
Laboratorium Sistem Operasi
Laboratorium Komputer
Studio Broadcasting

Publikasi[sunting | sunting sumber]

Ikatan Alumni IBII (ILUBI)[sunting | sunting sumber]

Program Akademik Sarjana (S1)[sunting | sunting sumber]

Akuntansi[sunting | sunting sumber]

Program Studi Akuntansi IBII adalah salah satu program studi pertama yang dibentuk oleh IBII. Program Studi Akuntansi telah berdiri mulai tahun 1992, berarti kami telah memiliki pengalaman hampir 20 tahun dalam mendidik dan menelurkan sarjana-sarjana akuntansi yang sebagian besar telah berkiprah di kancah dunia bisnis.

Profil sarjana yang ingin dibentuk oleh Program Studi Akuntansi IBII adalah sarjana akuntansi yang berilmu, berkarakter dan beriman. Kami percaya keseimbangan ketiga unsur tersebut, akan mampu membentuk lulusan-lulusan akuntansi IBII menjadi profesional yang kompeten secara analitis dan operasional, tetapi juga memiliki etos dan profesionalitas kerja yang tinggi.

Untuk mencapai hal tersebut, Program Studi Akuntansi IBII senantiasa berusaha memperbaiki diri untuk bisa memberikan ramuan kurikulum yang dapat merespon keinginan pasar dan pelaku bisnis. Kami senantiasa mengikuti perkembangan yang ada di dunia bisnis dan akuntansi, melakukan benchmarking ke berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri, mengundang para alumni dan praktisi, untuk dapat menangkap dinamika akuntansi yang terjadi dan menerapkannya ke dalam runtutan mata kuliah yang baik dan bermutu agar dapat memberikan bekal ilmu yang lebih dari memadai bagi lulusan akuntansi IBII untuk dapat terjun ke dunia kerja.

Menyadari perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, yang tidak bisa dipisahkan dengan bidang akuntansi, Program Studi Akuntansi IBII juga mengintegrasikan mata kuliah-mata kuliah berbasis teknologi informasi seperti Komputer Akuntansi , Sistem Informasi Akuntansi, Analisis Perancangan Sistem dan EDP Auditing.

Berbagai seminar yang mengupas masalah akuntansi terkini juga kerap diselenggarakan oleh Program Studi Akuntansi untuk meningkatkan pengayaan pengetahuan mahasiswa akan perkembangan akuntansi kontemporer. Kami juga aktif menghadirkan berbagai pembicara tamu dari berbagai KAP terkemuka dan industri untuk memberikan nuansa praktis bagi para mahasiswa.

Untuk membentuk karakter lulusan dan meningkatkan keimanan mereka, Program Studi Akuntansi IBII juga menerapkan pola pembelajaran partisipatif dan keterbukaan dalam prinsip manajemen. Pembentukan karakter lulusan dimulai sejak mereka duduk di bangku kelas sebagai mahasiswa. Para mahasiswa akuntasi IBII didorong untuk aktif berpartisipasi di kelas, mereka dididik untuk belajar mandiri dan berani mengungkapkan pendapat melalui berbagai aktivitas diskusi kelompok dan presentasi. Hubungan dengan dosen dan segenap manajemen IBII juga dilandasi asas keterbukaan dan kerjasama. Para mahasiswa dalam koridor yang telah ditentukan, melakukan feedback terhadap dosen, diijinkan melakukan komplain nilai dan bisa melakukan konsultasi dengan segenap manajemen IBII mengenai masalah akademik.

Pada semester V para mahasiswa akan melakukan Magang Kerja. Magang Kerja ini diwajibkan untuk semua mahasiswa dan ditujukan agar mahasiswa dapat memperoleh pengalaman kerja langsung ketika masih di bangku kuliah. Dengan demikian diharapkan mereka dapat memperoleh dimensi pengetahuan praktikal yang lebih dan juga dapat mempersiapkan diri secara lebih baik lagi sebelum mereka benar-benar terjun ke dunia kerja.

Semua hasil kerja keras Program Studi Akuntansi selama ini tampaknya telah membuahkan hasil yang manis. Pada tahun 2008 tim Akuntansi IBII telah berhasil memperoleh juara satu dan mendapat piala bergilir dari Menteri Keuangan dalam National Accounting Challenge, mengalahkan seluruh perguruan tinggi baik swasta dan negeri yang berlaga dalam kompetisi tersebut. Pada tahun 2008 dan 2009 ini pula Program Studi Akuntansi IBII dengan bangga telah terpilih dalam memfasilitasi beberapa kantor akuntan besar berskala internasional seperti KPMG dan PriceWaterhouseCoopers dalam melakukan campus recruitment. Hal ini merupakan pengakuan industri yang amat besar akan kemampuan Program Studi Akuntansi IBII dalam menciptakan tenaga-tenaga akuntansi yang berkualitas dan siap pakai.

Dengan kepercayaan para peserta didik dan orang tua, Program Akuntansi IBII akan terus melangkah maju menjadi dermaga pengetahuan dan penempaan karakter yang siap melepas lulusan-lulusan akuntansi yang siap menghadapi berbagai tantangan dan gelombang yang dihadapi dalam dunia usaha.

Pada program studi Akuntansi terdapat tiga konsentrasi, yaitu :

  • Akuntansi Manajemen
  • Pemeriksaan Akuntansi (Auditing)
  • Akuntansi Perpajakan

Manajemen[sunting | sunting sumber]

Para mahasiswa yang memilih Program Studi Manajemen akan difokuskan untuk memilih salah satu dari tiga konsentrasi yang ditawarkan, yaitu Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, dan Entrepreneurship dimana masing-masing konsentrasi tersebut memiliki keunikannya masing-masing.

  • Manajemen Pemasaran antara lain mempelajari :
  1. Pemahaman konsep dan praktik pemasaran mulai dari apa itu pemasaran.
  2. Marketing mix untuk produk dan jasa (Product, Price, Promotion, Place, Process, Physical Evidents and People), yaitu mempelajari bagaimana cara untuk memasarkan suatu produk lewat pengenalan produk, menentukan harga yang bersaing, menggunakan media promosi yang tepat dan menentukan lokasi yang strategis, memberikan layanan yang prima yang dapat memuaskan pelanggan untuk terciptanya pelanggan setia.
  3. Analisis SWOT - Strength, Weakness, Opportunity, Threat, yaitu mempelajari situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari program atau organisasi di masa kini dan masa yang akan datang.
  4. Strategi pemasaran yang adalah serangkaian tindakan terpadu menuju keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.
  • Manajemen Keuangan antara lain mempelajari :
Analisis, strategi dan operasi yang berkaitan dengan financial risk, memahami analisis investasi dan peluang menarik sumber dana dari pasar modal sesuai dengan kondisi investi dan portofolio bisnis nasional dan internasional. Untuk melengkapi pengkajian tersebut akan dipelajari juga pengetahuan dan wawasan manajemen keuangan yang dibutuhkan oleh pelaku bisnis sesuai dengan kebutuhannya serta akan digunakan rujukan teori keuangan terbaru dan kasus-kasus aktual yang selanjutnya dapat dikembangkan menjadi sebuah model penelitian bisnis.
  • Entrepreneurship antara lain mempelajari :
Bagaimana seharusnya seorang enterpreneur dalam sikap dan perilaku, bagaimana caranya berinovasi, membina kreatifitas, serta mengoptimalkan faktor-faktor yang ada baik dari dalam maupun luar usaha sehingga dapat meningkatkan produktivitas.

Sistem Informasi (SI)[sunting | sunting sumber]

PS Sistem Informasi mulai melaksanakan proses pembelajaran pada bulan September 2005. Program studi ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkompetensi tinggi sebagai analis sistem informasi bisnis yang didukung IT.

Keberadaan PS Sistem Informasi IBII memenuhi keinginan siswa SMA di sekitar Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Bekasi yang bermaksud melanjutkan studi ICT yang bermutu tinggi, dengan lokasi kampus yang strategis, tidak terlalu jauh dari domisili siswa.

Di dalam proses belajar-mengajar mahasiswa dilatih menggunakan teknologi informasi dan komunikasi menghasilkan informasi yang berguna untuk mendukung manajemen perusahaan di dalam mengambil keputusan taktis dan strategis.

Keunggulan Program Studi Sistem Informasi :

  • Kemampuan algoritma dan pemrograman mahasiswa dilatih sejak semester-semester awal oleh dosen-dosen yang berpengalaman dengan didukung oleh situs web IBII On-Line Judge System.
  • Para dosen praktisi yang merupakan IT consultant dan IT developer memberikan pengetahuan dan keterampilan praktikal di lapangan kepada mahasiswa.
  • Konten mata kuliah bisnis di dalam kurikulum SI ditunjang pengalaman IBII dua puluh tahun lebih menyelenggarakan pendidikan bisnis.


Program Studi Sistem Informasi IBII menyelenggarakan dua konsentrasi, yaitu :

  • Database Technology
  • Management Support System.

Teknik Informatika (TI)[sunting | sunting sumber]

PS Teknik Informatika mulai melaksanakan proses pembelajaran pada bulan September 2005. Program studi ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pendidikan tinggi di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information and Communication Technology (ICT), dan menghasilkan lulusan dengan kompetensi tinggi.

Keberadaan PS Teknik Informatika IBII memenuhi keinginan siswa SMA di sekitar Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Bekasi yang bermaksud melanjutkan studi ICT yang bermutu tinggi, dengan lokasi kampus yang tidak terlalu jauh dari domisili siswa.

Sejumlah akademisi yang sudah berpengalaman belasan tahun mengelola pembelajaran dan mendidik mahasiswa ICT telah bergabung dengan program studi ini sejak didirikan, dan berkomitmen untuk memberikan pendidikan terbaik. Di samping itu proses pembelajaran juga didukung oleh praktisi ICT (IT consultant dan IT developer).

Program Studi Teknik Informatika IBII menyelenggarakan dua konsentrasi, yaitu :

  • Web Technology
  • Software Engineering

Ilmu Komunikasi (ILKOM)[sunting | sunting sumber]

Para mahasiswa yang memilih Program Studi Ilmu Komunikasi akan difokuskan untuk memilih salah satu dari dua konsentrasi yang ditawarkan, yaitu Broadcasting dan Marketing Communication dimana masing-masing konsentrasi tersebut memiliki keunggulannya masing-masing.

Dinamika dan cakupan dunia penyiaran (broadcasting) dan komunikasi pemasaran terintegrasi (Integrated Marketing Communication) yang sangat intensif dan luas dewasa ini membutuhkan banyak tenaga handal.

Program Studi Ilmu Komunikasi IBII memberikan kesempatan yang luas bagi Anda yang ingin mengembangkan diri menjadi tenaga profesional dalam ilmu komunikasi.

  • Broadcasting antara lain mempelajari :
  1. Untuk Keahlian Televisi : Menguasai keahlian memproduksi sebuah program televisi maupun talk show, teknik editing, melakukan reportase dan penulisan skrip berita.
  2. Untuk Science : Memahami teori, konsep dan perspektif komunikasi.
  • Marketing Communication antara lain mempelajari :
Mempelajari langkah-langkah pemasaran dalam Integrated Marketing Communication, terutama dalam hal promosi melalui periklanan mulai dari penelitian di lapangan, pembuatan konsep periklanan, sampai pada perealisasian konsep tersebut menjadi story board maupun naskah iklan. Kemampuan untuk bekerja dalam event tertentu, menerapkan teknik-teknik sales promotion, menjadi public relation yang berkualifikasi, menjalankan direct marketing dengan mengikuti perkembangan teknologi yang ada pun turut diasah dalam konsentrasi Marketing Communication.

Ilmu Administrasi Bisnis (IAB)[sunting | sunting sumber]

  • Kurikulum dirancang sesuai dengan standar kurikulum pendidikan business administration di luar negeri dengan mengacu kepada kurikulum nasional yang ditetapkan oleh pemerintah. Untuk memperkaya wawasan dan sekaligus memenuhi kebutuhan dunia industri dan dunia usaha ditambahkan juga kurikulum lokal.
  • Program pendidikan sarjana ilmu administrasi bisnis sebanyak 144 SKS terdiri 135 SKS teori dan praktik bisnis, 9 SKS berupa internship ( 3SKS) dan Karya Akhir (6 SKS).
  • Rancangan kurikulum :
  1. Pengetahuan Konsep dan Teori: Organisasi dan Manajemen Bisnis, Aspek sosial dan politik dalam bisnis, Etika Bisnis, Pengantar Bisnis, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Pemasaran, Manajemen Keuangan bisnis, Statistika Bisnis, kewirausahaan. Penganggaran Perusahaan, Ekonom, dan Hukum Bisnis.
  2. Pengetahuan Lanjutan dan terapan: Prilaku Organisasi, Metode Penelitian bisnis, Pengembangan Organisasi, Pengembangan Bisnis, Sistem dan Kebijakan Ekonomi dan Politik Indonesia, Manajemen Operasional dan produksi, Manajemen Strategik, Manajemen Persediaan dan Logistik, Manajemen Keuangan Internasional, Manajemen Investasi Portfolio, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Analisis Industri dan Persaingan, Manajemen proyek, Manajemen Risiko, Analisis Laporan Keuangan, dan Analisis Pasar Modal.
  3. Pemahaman Komputer dan Bahasa: Bahasa Mandarin, Bahasa Inggris, Komputer Bisnis, dan Sistem Informasi Bisnis.
  4. Pemahaman kebijakan dan strategi: Kebijakan dan strategi keuangan bisnis, Kebijakan dan strategi operasi dan produksi, Kebijakan dan strategi pemasaran, Kebijakan dan strategi pengembangan bisnis, dan Kebijakan dan strategi SDM.
  5. Pemahaman praktik bisnis: Projek-projek bisnis individu maupun kelompok serta program internship (magang kerja)
  6. Tugas akhir: Proyek Rencana Bisnis (Business Plan). Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan sebuah rencana bisnis yang siap dijalankan dengan memuat aspek produksi, operasi, keuangan, pemasaran dan sumber daya manusia.

Program Pasca Sarjana (S2)[sunting | sunting sumber]

Magister Manajemen[sunting | sunting sumber]

Program Studi Magister Manajemen IBII (PSMM-IBII) adalah program pendidikan tinggi jenjang S-2 yang ditujukan untuk para manajer muda dan calon manajer yang ingin unggul di karier saat ini dan menyiapkan diri untuk tantangan masa depan.

Tujuan Umum Program

  • Pengembangan diri untuk sukses di karier sebagaimanajer yang berkewirausahaan (enterpreneurial manager)
  • Meningkatkan kapasitas belajar menghadapi masa depan yang kompleks dan dinamis, khususnya dalam lingkungan usaha

Peserta akan memperoleh fasilitas pengembangan diri menjadi manajer yang berkewirausahaan. Manajer berkewirausahaan diharapkan mampu mengidentifikasi kesempatan pembaharuan, bersikap berani menghadapi risiko pembaharuan dan terampil memperkenalkan pembaharuan di lingkungan kerjanya. Manajer berkewirausahaan adalah manajer yang mampu melakukan inovasi.

Peringkat akreditasi PSMM-IBII adalah A berdasarkan keputusan BAN-PT Nomor 013/BAN-PT/AK-IV/S2XII/2005 (Berlaku 27 Desember 2005 s/d 2010). PSMM-IBII memperoleh sertifikat internasional: Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 dari SUCOFINDO INTERNATIONAL SERVICES pada tanggal 12 Juni 2005.

Kurikulum dan Perkuliahan PSMM-IBII menawarkan 2 konsentrasi, yaitu Manajemen Keuangan dan Manajemen Pemasaran dengan kurikulum yang up-to-date, dikaji ulang secara berkala dengan melibatkan berbagai sumber yang relevan agar dapat mengikuti perkembangan iptek dan tuntutan dunia bisnis. Beban studi untuk masing-masing konsentrasi adalah 42 kredit sks yang diprogramkan dalam 4 semester (efektif 18 bulan). Perkuliahan dilaksanakan pada malam hari, pukul 18.30 - 21.30, antara hari Senin hingga Jumat.

Kualitas Program Gelar M.M. (Magister Manajemen) dengan konsentrasi Manajemen Keuangan atau Manajemen Pemasaran dapat dicapai melalui proses yang konsisten dan berkesinambungan yang ditopang dengan program yang memiliki kualitas sebagai berikut :

  • Jajaran dosen akademisi dan dosen praktisi Bisnis yang memiliki kompetensi, pengalaman, komitmen dan reputasi tinggi di bidang masing-masing. Dosen akademisi dari IBII bergelar Doktor merupakan dosen tetap, sehingga mudah ditemui di luar kelas. Dosen praktisi yang bergelar Doktor dan Master merupakan para eksekutif dan konsultan yang masih aktif di dunia Bisnis.
  • Kurikulum mengikuti perkembangan tuntutan "hard and soft managerial skills" serta "berkewirausahaan" dari dunia bisnis, untuk tingkat manajer profesional maupun sebagai usahawan.
  • Suasana akademik yang kondusif (profesional-kolegial) melalui proses pembelajaran dan pembimbingan yang konsisten dan bersahabat.
  • Metode pembelajaran yang menyeimbangkan konsep dan aplikasi (studi-kasus, field study, proyek, seminar, problem solving).
  • Pilihan karya akhir yang disesuaikan dengan preferensi dan kepentingan mahasiswa/partisipan (problem solving, business plan, feasibility study, strategic plan, thesis). Partisipan dapat menyatukan kepentingan tugas studi dengan tugas di perusahaan.
  • Akses terhadap seluruh sarana dan prasarana yang memadai di lingkungan Institut Bisnis dan Informatika Indonesia.
  • Memiliki akreditasi nasional dengan peringkat "A" (BAN-PT RI) sejak tahun 2000.
  • Memperoleh sertifikasi internasional dalam Sistem Manajemen Mutu "ISO 9001:2000" (SUCOFINDO INTERNATIONAL) sejak tahun 2001.

Magister Akuntansi[sunting | sunting sumber]

Program Studi Magister Akuntansi IBII (MAKSI-IBII) merupakan program pendidikan Strata-2 di bidang Akuntansi dirancang untuk memberikan bekal yang mendalam dan komprehensif mengenai ilmu pengetahuan dan praktik akuntansi. Berlainan dengan program-program yang ditawarkan oleh perguruan tinggi lain, program studi Magister Akuntansi IBII dirancang dengan memperhatikan faktor efisiensi, pengelolaan informasi dan berbagai kepentingan stakeholders dengan memiliki 2 konsentrasi:

  • Jasa Akuntansi Internal : Berfokus pada kegiatan akuntan selaku anggota tim manajemen dalam suatu perusahaan
  • Jasa Akuntansi Eksternal : Berfokus pada kegiatan akuntan selaku konsultan (manajemen, pajak, dll) dan akuntan publik

Program Studi Magister Akuntansi IBII mewajibkan mahasiswa untuk menyelesaikan perkuliahan sebanyak 39 sks/4 semester.

Untuk calon mahasiswa yang bukan berasal dari S-1 Program Studi Akuntansi, diharuskan mengikuti matrikulasi.

Mata Kuliah Matrikulasi :

  • Ekonomi
  • Akuntansi Keuangan
  • Akuntansi Manajemen
  • Pemeriksaan Akuntansi

Kurikulum Kurikulum program ini dirancang dengan memadukan aspek-aspek praktik dan konseptual ilmu akuntansi sesuai dengan perkembangan terakhir dan dengan memperhatikan kebutuhan akan pengetahuan akuntansi sesuai dengan bidang profesi yang dijalani.

Program Studi Doktor (S3)[sunting | sunting sumber]

Ilmu Manajemen[sunting | sunting sumber]

Program Doktor Ilmu Manajemen IBII didesain dengan baik (well-designed) untuk menghasilkan DOKTOR ILMU MANAJEMEN. Doktor yang mampu mengembangkan konsep-konsep dalam bidang organisasi, manajemen, kepemimpinan, strategi dan enterpreneurship, serta mampu menerjemahkannya ke dalam riset-riset terapan dan solusi-solusi manajerial guna menjawab tantangan lanskap persaingan masa depan yang kompleks.

Konsentrasi Program Doktor Ilmu Manajemen menawarkan empat konsentrasi yang dipandang tepat untuk peran-peran masa depan di Indonesia dan secara internasional. Keempat konsentrasi tersebut adalah :

  • Manajemen Keuangan (Financial Management)
  • Manajemen Pemasaran (Marketing Management)
  • Manajemen Strategik (Strategic Management)
  • Manajemen Akuntansi (Accounting Management)

Waktu Kuliah :

  • Jumat Pk. 15.00 - Pk. 21.00
  • Sabtu Pk. 09.00 - Pk. 15.00

Kurikulum Kurikulum Program Doktor Ilmu Manajemen IBII diarahkan untuk mendorong proses pembelajaran berlanjut dari partisipan program, mengembangkan talenta dan bobot keilmuan para pelaku dunia usaha dan pendidik, serta menjamin dicapainya kompetensi yang tinggi dari lulusan. Bagi mereka yang bekerja ekstra keras dan disiplin, program doktor ini dapat diselesaikan dalam waktu dua setengah tahun. Bobot Sks total adalah 64 Sks.

Mata Kuliah Matrikulasi :

  • Ekonomi
  • Manajemen & Organisasi
  • Marketing & Entrepreneurship
  • Akuntansi

Program Studi Dual Programme (PPAk & MAKSI)[sunting | sunting sumber]

Lihat web

Semester Konsentrasi Jasa Internal Konsentrasi Jasa Eksternal
Semester 1
  • Lingkungan Bisnis & Hukum Komersial*
  • Pasar Modal & Manajemen Keuangan*
  • Etika Bisnis & Profesi
  • Sistem Informasi Akuntansi
  • Risk Management & Risk Based Audit
  • Lingkungan Bisnis & Hukum Komersial*
  • Pasar Modal & Manajemen Keuangan*
  • Etika Bisnis & Profesi
  • Sistem Informasi Akuntansi
  • Risk Management & Risk Based Audit
Semester 2
  • Perpajakan*
  • Pelaporan & Akuntansi Keuangan*
  • Akuntansi Manajemen & Biaya*
  • Praktik Audit
  • Perpajakan*
  • Pelaporan & Akuntansi Keuangan*
  • Akuntansi Manajemen & Biaya*
  • Praktik Audit
Semester 3
  • Metode Penelitian Akuntansi
  • Akuntansi Lingkungan Sosial
  • Seminar Pemeriksaan Internal
  • Metode Penelitian Akuntansi
  • Akuntansi Forensik
  • Seminar Assurance Services
Semester 4
  • Statistika Bisnis
  • Teknologi Informasi untuk Akuntansi dan Manajemen
  • Regulasi Akuntansi
  • Statistika Bisnis
  • Teknologi Informasi untuk Akuntansi dan Manajemen
  • Regulasi Akuntansi
Semester 5
  • Thesis
  • Profesi Jasa Internal
  • Thesis
  • Profesi Jasa Eksternal

Program Profesi[sunting | sunting sumber]

Pendidikan Profesi Akuntasi (PPAk)[sunting | sunting sumber]

Dewasa ini profesi akuntan semakin memiliki pengaruh yang luas pada segala aspek perekonomian bangsa. Karena itu, seorang akuntan diharapkan memiliki kompetensi di bidang akuntansi yang memadai dan komitmen yang tinggi dalam menjalani profesinya.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Mendiknas No. 179/U/2001, sebutan profesi Akuntan (Ak) dapat diperoleh melalui Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Sebelumnya sebutan Akuntan hanya diberikan kepada lulusan S-1 Akuntansi dari Perguruan Tinggi Negeri tertentu atau bagi mereka yang telah lulus Ujian Negara Akuntansi (UNA). Sebutan Akuntan ini secara spesifik merupakan persyaratan untuk mengikuti Ujian Sertifikasi Akuntansi Publik (USAP).

Institut Bisnis dan Informatika Indonesia melalui Program Pendidikan Profesi Akuntansi(PPAk-IBII) mengajak Anda untuk mendalami praktik dan teori akuntansi di Indonesia. Dengan paduan tenaga pengajar yang berasal dari internal serta praktisi di bidangnya, maka peserta PPAk-IBII diharapkan menguasai konsep, mengaplikasikan konsep tersebut serta memahami penerapannya. Lulusan PPAk-IBII diarahkan untuk memiliki kompetensi dan komitmen yang tinggi dalam menjalankan profesi di bidang akuntansi.

Metode Perkuliahan Perkuliahan akan diselenggarakan dengan metode :

  • Perkuliahan teori
Berupa pengkajian dan penguasaan teori
  • Perkuliahan kasus
Berupa penyelesaian masalah yang berkaitan dengan konsep dan teori
  • Perkuliahan praktik
Berupa aplikasi teori dalam praktik-praktik akuntansi di Indonesia
  • Penyelesaian tugas
Berupa penulisan makalah, presentasi individu/kelompok, telaah kepustakaan dan studi kasus

Pranala luar[sunting | sunting sumber]