I'd Like to Teach the World to Sing (in Perfect Harmony)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

"I'd Like to Teach the World to Sing (In Perfect Harmony)" adalah sebuah lagu pop yang asalnya adalah sebuah jingle iklan. Lagu ini diproduksi oleh Billy Davis dan dinyanyikan oleh The New Seekers, untuk Coca-Cola, dan ditampilkan pada 1971 sebagai sebuah iklan televisi.

Asal-usul[sunting | sunting sumber]

Lagu ini mulai muncul sebagai hasil kerja sama oleh para pengarang lagu terkenal Britania Raya Roger Cook dan Roger Greenaway yang diberi judul "True Love and Apple Pie" dan direkam oleh Susan Shirley. Kemudian lagu ini ditulis ulang oleh Cook, Greenaway, account executive Coca-Cola, Bill Backer, dan Billy Davis serta direkam sebagai iklan radio Coca-Cola, dengan kata-katanya "I'd like to buy the world a Coke and keep it company" (Aku ingin membelikan dunia sebotol Coca Cola dan menjadikannya sahabat). Iklan ini pertama kali diudarakan di radio Amerika pada Februari 1971, dan belakangan juga digunakan sebagai iklan televisi. Kemunculannya sebagai iklan melahirkan permintaan masyarakat luas agar lagu ini dirilis sebagai sebuah single. Lagu ini kembali dikerjakan ulang oleh Bill Backer dan Billy Davis, dengan membuang rujukan kepada merek dagangnya, dan single ini kemudian mencapai tangga pertama di Britania Raya dan ke-7 di AS pada 1971. Coca-Cola Company mengabaikan royalti lagu ini dan sebaliknya menyumbangkan $80.000 kepada UNICEF. Sejak itu, lagu ini sudah direkam lebih dari 75 kali.

Iklan TV[sunting | sunting sumber]

Iklan TV 1971 menampilkan orang-orang muda dari seluruh dunia yang bernyanyi di sebuah puncak buki. Iklan ini begitu populer sehingga lagu ini (tanpa rujukan kepada Coke), menjadi lagu terpopuler di banyak engara. Rekaman-rekaman komersial sebagai lagu pop dilakukan oleh The New Seekers dan The Hillside Singers.

Dalam iklan, si penyanyi utama dan orang-orang yang mengelilinginya difilmkan sementara menyanyikan lagu yang sesungguhnya versi radio dari The New Seekers dari iklan ini. Tak satupun dari penyanyi-penyanyi dalam versi TV itu yang benar-benar menyanyi.

Sukses lagu ini khususnya sangat menonjol di Britania Raya, karena lagu ini menjadi satu di antara 100 single terlaris dari segala masa.

Iklannya, sebagai salah satu yang paling populer dalam segala masa, dipuji karena behasil menolong Coca-Cola merebut kembali statusnya sebagai minuman ringan paling terkemuka di Amerika Utara.

Ketika Afrika Selatan berencana untuk menggunakan iklan ini di SABC, mereka meminta Coca Cola menggunakan sebuah versi yang menampilkan semua penyanyi hanya yang berkulit putih. Dalam video aslinya ada orang dari berbagai jenis ras, dan hal ini mengecewakan pemerintah apartheid di negara itu). Permohonan ini ditolak dengan tegas.

Dalam media[sunting | sunting sumber]

  • Melodi lagu ini belakangan digunakan sebagai dasar untuk lagu "Shakermaker" oleh kelompok rock Oasis. Mereka kemudian dituntut karena menggunakan lagu ini tanpa izin dari The New Seekers, dan akibatnya mereka harus membayar A$500.000. Kejadian ini mengilhami lagu parodi band Oasis No Way Sis terhadap lagu itu dalam gaya Oasis. Begitu pula refrain dari lagu "She's Electric" mengikuti melodi serupa dari lagu ini.

Luhat pula[sunting | sunting sumber]


Didahului oleh:
"Ernie (The Fastest Milkman In The West)" oleh Benny Hill
Single terpopuler di Britania
4 Januari 1972
Diteruskan oleh:
"Telegram Sam" oleh T Rex