Hur Jun (serial TV)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Hur Jun (serial TV)
Hangeul 허준
Hanja 許浚
Alih Aksara yang Disempurnakan Heo Jun
McCune–Reischauer Hǒ Jun
Poster Hur Jun

Hur Jun (허준, Gelar Kehormatan: 醫道, juga dikenal dengan "The Way of Medicine: The Epic Doctor Hur Jun" di Taiwan, "The Way of Medicine" di Hong Kong, dan di Indonesia sebagai "Huh Joon", adalah TV drama biografi tahun 2000 yang ditayangkan oleh saluran TV Korea Selatan MBC.

Serial drama ini ditayangkan oleh Taiwan Television pada tahun 2002, dan TVB Hongkong pada tahun 2005, setelah episode terakhir dari "Dae Jang Geum". Karena kesamaan di antara dua karakter utama dari drama itu, "Hur Jun" sering disebut sebagai versi lelaki dari "Dae Jang Geum".

Juga ada harganya untuk dicatat adalah kenyataan bahwa judul asli dari serial drama itu tidak pernah digunakan di luar Korea Selatan. Di Taiwan, judulnya diganti menjadi "The Way of Medicine: The Epic Doctor Hur Jun". Setengah judul yang pertama melekat, dan digunakan oleh TVB Hongkong ketika menayangkan "Hur Jun" pada tahun 2005.

Di Indonesia sendiri, Hur Jun ditayangkan dengan judul "Huh Joon" oleh LBS TV Drama untuk pertama kali, mulai bulan Juli 2011 - September 2011.

Sambutan[sunting | sunting sumber]

Ketika "Hur Jun" ditayangkan di Korea Selatan, serial drama ini mengalami kesuksesan komersial yang luar biasa. Serial ini juga dianggap sebagai titik balik dalam drama-drama Korea. Beberapa rakyat Korea mulai menunjukkan ketertarikan mereka pada obat-obatan tradisional Korea setelah menyaksikan serialnya.

Ketika TVB membeli hak siar "Hur June", mereka memiliki harapan besar untuk kesuksesan serial ini, dan serial ini menjadi drama Korea yang ditayangkan secepat mungkin setelah episode terakhir dari "Dae Jang Geum", yang mana mendapatkan kesuksesan yang luar biasa dalam penayangannya. Bagaimanapun juga, rakyat Hongkong, mereka ternyata tidak begitu tertarik dengan serial drama ini, dan ratingnya sangatlah rendah dibandingkan dengan "Dae Jang Geum"

Ini mengakibatkan ketakutan kalau Demam Budaya Korea (Korean Wave), yang telah mencengkeram banyak negara Asia Tenggara selama bertahun-tahun mulai berakhir, tapi banyak juga yang tidak setuju, menyalahkan alur cerita serial ini yang datar. Juga yang tidak membantu adalah serial ini menggunakan banyak sekali aktor dan aktris yang sama, yang juga muncul di "Dae Jang Geum". Jadi, para pemirsa sangat terkejut ketika Raja di "Dae Jang Geum" menjadi seorang petugas hukum (Lee Jung Myung), sementara Dayang Han, yang menjadi pembimbing Jang Geum di serialnya dan meninggal di tengah-tengah serialnya, "dibangkitkan kembali" dari kematian dan sekali lagi menjadi seorang Kepala Juru Masak Istana.

Bagaimanapun juga, yang tidak disadari oleh banyak orang bukan Korea adalah bahwa "Hur Jun" sebenarnya ditayangkan bertahun-tahun sebelum "Dae Jang Geum" , dan serial "Hur Jun" sangatlah populer melebihi "Dae Jang Geum" di Korea Selatan, bahkan memecahkan rekor rating pemirsa saat penayangannya.

Catatan: "Hur June" mengudara di MBC mulai 22 November 1999 sampai 27 Jun 2000, sedangkan "Dae Jang Geum" mengudara di MBC mulai 15 September 2003 sampai 23 MAret 2004.

Sedangkan di Indonesia, dikarenakan LBS TV Drama bukanlah jaringan TV nasional, maka hanya dapat disaksikan oleh mereka yang memiliki antena parabola, menyebabkan ratingnya sangat rendah.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]