Hidropon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Hidropon adalah transduser energi suara ke energi listrik yang digunakan di dalam air atau cairan lain, identik dengan mikropon yang digunakan di udara. Beberapa hidropon memiliki kemampuan sebagai pemancar suara juga.

Sonar pertama dibuat oleh Reginald Fessenden di Amerika Serikat pada 1914 yang menggunakan oskilator elektromagnetik yang memancarkan suara berfrekuensi rendah, kemudian berganti ke fungsi penerimaan untuk menerima pantulannya. Teknologi pada saat itu belum akurat dalam menentukan posisi suatu benda.

Perkembangan hidropon selanjutnya telah menggunakan gelombang ultrasonik yang menghasilkan unjuk kerja yang lebih baik dalam hal pendeteksian. Gelombang ultrasonik dihasilkan oleh kristal kuarsa tipis yang ditempelkan di antara dua pelat baja menghasilkan frekuensi sekitar 150 kHz. Model yang lain menggunakan barium titanat yang lebih sensitif dibandingkan kuarsa.

Hidropon adalah bagian penting dari sistem sonar yang digunakan untuk mendeteksi kapal selam baik oleh kapal permukaan atau kapal selam lain.