Hanyu Shuiping Kaoshi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
HSK Logo

Hanyu Shuiping Kaoshi, (huruf tradisional:漢語水平考試; huruf sederhana:汉语水平考试 ;pinyin:Hànyǔ Shuǐpíng Kǎoshì), disingkat HSK,adalah ujian standardisasi Republik Rakyat Tiongkok dalam kemahiran berbahasa ( bahasa mandarin yang disederhanakan) bagi penutur bukan asli, yaitu mahasiswa asing, pendatang dari luar, dan anggota kelompok etnis minoritas di Cina. [1]

Latar belakang, Tujuan dan Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Hanyu Shuiping kaoshi dimulai pada 1984 di Universitas Bahasa dan Budaya Beijing dan pada tahun 1992 HSK secara resmi sebagai ujian standar nasional. Pada tahun 2005, lebih dari 120 negara telah berpartisipasi sebagai menyelenggarakan HSK dan ujian Hanyu shuiping Kaoshi telah dilakukan sekitar 100 juta kali (termasuk oleh calon domestik etnis minoritas).[2] perhitungan umum untuk di luar Tiongkok sekitar 1,9 juta [3]. Hingga saat ini orang dapat mendaftar secara online, semua pengujian masih dilakukan secara pribadi, dan penilaian masih ditangani di Tiongkok.

Contoh Kartu Ujian HSK
Contoh Sertifikat HSK

Ujian HSK hampir sama dengan Ujian Inggris TOEFL, dan sertifikat HSK berlaku tanpa ada batasan di RRT. Ujian bertujuan untuk menguji kemahiran berbahasa ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi dan profesional. Berdasarkan format aslinya ujian itu (pra-2010), peringkat antara 3 dan 8 yang dibutuhkan untuk mendaftar Universitas di Tiongkok, tergantung pada subjek yang sedang dipelajari. Untuk skor 9 atau lebih adalah standar bisnis umum.


Struktur HSK
Peringkat
(等第)
Karakter/kata
(kumulatif)
Nilai
(级别)
Sertifikat
HSK

Tingkat Lanjut / mahir

Karakter: 2633
Kata: 5000
6 Dirancang untuk peserta didik yang dengan mudah dapat memahami setiap informasi yang dikomunikasikan dalam bahasa Mandarin dan mampu dengan lancar mengekspresikan diri dalam bentuk tertulis atau lisan.
Karakter: 1709
Kata: 2500
5 Dirancang untuk peserta didik yang dapat membaca surat kabar dan majalah berbahasa Mandarin, menonton film berbahasa Mandarin dan mampu menulis dan menyampaikan pidato yang panjang dalam bahasa Mandarin.
HSK

Tingkat Menengah

Karakter: 1071
Kata: 1200
4 Dirancang untuk peserta didik yang dapat membahas berbagai macam topik yang relatif di Tiongkok dan mampu berkomunikasi dengan penutur bahasa Mandarin dengan sebuah standar yang tinggi.
Karakter: 623
Kata: 600
3 Dirancang untuk peserta didik yang dapat menggunakan bahasa Mandarin untuk memenuhi tuntutan kehidupan pribadi, studi dan pekerjaan mereka, dan mampu menyelesaikan sebagian besar tugas komunikatif yang mereka alami selama melakukan perjalanan di Tiongkok.
HSK

Tingkat Pemula

Karakter: 349
Kata: 300
2 Dirancang untuk peserta didik yang dapat menggunakan bahasa mandarin dengan cara yang sederhana dan langsung, dapat menerapkannya dalam model dasar untuk kehidupan sehari-hari mereka.
Karakter: 178
Kata: 150
1 Dirancang untuk peserta didik yang dapat memahami dan menggunakan beberapa hanzi sederhana dan kalimat untuk berkomunikasi, dan mempersiapkan mereka untuk melanjutkan studi bahasa Mandarin mereka.

Setiap tahun sertifikat HSK yang dikeluarkan untuk mereka yang telah mencapai nilai tersebut. HSK diberikan dengan tulisan mandarin yang telah di sederhanakan. Bagi Peserta didik yang mendapatkan hasil luar biasa bisa mendapatkan beasiswa untuk studi jangka pendek bahasa mandarin di Tiongkok.

Struktur saat ini[sunting | sunting sumber]

Hanban (中国国家对外汉语教学领导小组办公室 (disingkat: 国家汉办); (Inggris)China National Office for Teaching Chinese as a Foreign Language (Hanban))saat ini bertanggung jawab untuk ujian HSK dan pada bulan November 2009 memperkenalkan format baru.[4]

Format barunya adalah "Komprehensif bahasa dan kemampuan komunikasi".[1] Yang paling penting adalah masuknya segmen lisan dan tulisan pada semua tingkat (bukan hanya tingkat mahir), reformasi sistem peringkat, dan struktur pertanyaan baru.

Hanban juga menyediakan contoh-contoh ujian untuk tingkat yang berbeda bersama-sama dengan daftar kosakata yang perlu diketahui untuk setiap tingkat[5] halaman yang tersedia saat ini dalam bahasa mandarin. Contoh juga terdapat dalam bentuk audio untuk menguji pendengaran. [6]

Struktur sebelumnya[sunting | sunting sumber]

Ranking[sunting | sunting sumber]

Sebelumnya, ada 11 peringkat(1-11) dan format pengujian 3 (tingkat Dasar, tingkat menengah, dan tingkat mahir).

Peringkat (等第) Karakter/Kata
(kumulatif)
Nilai (级别) Sertifikat
HSK

Tingkat lanjut / mahir

Karakter: 2865
Kata: 8840
11 Tingkat lanjut A
10 Tingkat lanjut B
9 Tingkat lanjut C*
- none
HSK

Tingkat dasar/

Tingkat menengah

Karakter: 2194
Kata: 5257
8 Tingkat menengah A
7 tingkat menengah B
6 Tingkat menengah C
Karakter: 1603
Kata: 3052
5 TIngkat pemula A
4 Tingkat pemula B
3 Tingkat pemula C**
- none
HSK

Tingkat dasar

Karakter: 800
Kata: 1033
3 Tingkat dasar A
2 tingkat dasar B
1 Tingkat dasar C
- none
*Umumnya menandakan tingkat profesional.
**Umumnya diperlukan untuk program akademik bukan bahasa.

Seorang pelajar mengambil ujian tingkat dasar(基础 HSK) bisa mencapai peringkat 1 sampai 3 (1级-3级), Jika gagal dan tidak memenuhi persyaratan, dengan demikian tidak akan menerima sertifikat. ujian tingkat pemula / tingkat menengah (初中等 HSK) mendapatkan peringkat 3-8 (3级-8级), Jika mendapatkan peringkat di bawah 3 maka tidak dianggap. Demikian juga, ujian tingkat lanjut(高等 HSK) mendapatkan peringkat 9-11 (9级-11级), demikian apabila mendapatkan peringkat di bawah 9 maka tidak di anggap pula.

Hal ini mengacu pada standar atau tingkat kemahiran dengan jumlah tingkat HSK, atau "peringkat". Sebagai contoh, sebuah deskripsi pekerjaan mungkin meminta pelamar asing dengan "HSK 5 atau lebih".

Isi[sunting | sunting sumber]

Format sebelumnya untuk HSK tingkat dasar dan tingkat pemula/Menengah termasuk empat bagian yaitu; kemampuan mendengarkan, struktur tata bahasa, pemahaman bacaan, dan menulis. Pada bagian menulis(membutuhkan penulisan karakter cina), kedua ujian tersebut merupakan pilihan ganda. Namun HSK tingkat lanjutan , menambahkan dua porsi tambahan yaitu; lisan dan tertulis.

Daftar kosakata yang lengkap, tes sebelumnya, dan simulasi tes yang tersedia merupakan bahan persiapan untuk menghadapi ujian HSK.

Tanggal ujian dan tempat[sunting | sunting sumber]

HSK ini diadakan di tempat yang ditunjuk baik di Tiongkok maupun di luar negeri. Sebuah situs pendaftaran dapat ditemukan di situs HSK. Tanggal ujian akan diumumkan setiap tahun, dan sementara tanggal ujian sering mencakup lebih dari satu format. Para peserta HSK yingkat lanjutan hanya dilaksanakan dua kali per tahun. Hal ini diadakan oleh JNFLS (hanzi:济南外国语学校; pinyin: Jǐnán wàiguóyǔ xuéxiào).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b 汉语水平考试2007年起将增加口语写作, 2006-12-26 www.eol.cn, "The 2007 HSK Revision Will Add Spoken and Writing Portions."
  2. ^ Official HSK Center Introduction, HSK Center
  3. ^ [1], Pusat Edukasi Tiongkok
  4. ^ Introduction on New HSK Test
  5. ^ Contoh ujian untuk tingkat yang berbeda
  6. ^ Contoh HSK untuk level berbeda di OUT

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Daftar baru HSK (2010)
Daftar lama HSK