Geografi Hongaria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Hongaria adalah negara yang terletak di Eropa Tengah dengan luas 93.090 km2. Panjang dari utara ke selatan sekitar 250 km dan dari timur ke barat sekitar 524 km. Panjang garis perbatasan 2.258 km, berbatasan langsung dengan Austria di barat, Serbia, Kroasia, dan Slovenia% di selatan dan barat daya, Romania di tenggara, Ukraina di timur laut dan Slovakia di utara. Perbatasan Hongaria pada masa modern ditentukan setelah Perang Dunia I berdasarkan Traktat Trianon pada 1920. Negara ini kehilangan lebih dari 71% wilayah yang sebelumnya dikenal dengan nama Kerajaan Hongaria.

Topografi[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar wilayah Hongaria memiliki ketinggian dibawah 200 meter di atas permukaan laut. Walaupun Hongaria memiliki beberapa pegunungan tinggi, wilayah dengan ketinggian di atas 300 meter atau lebih hanya sekitar 3% dari total wilayahnya. Titik tertinggi adalah Kékes (1.014m) di Mátra, timur laut Budapest. Titik terendah adalah 77,6 meter dibawah permukaan laut, terletak di sebelah selatan Hongaria.

Sungai utama di negara ini adalah Danube dan Tisza. Sungai Danube juga mengalir melewati Jerman, Austria, Slovakia, Serbia dan Romania. Danau Balaton adalah danau terbesar di Hongaria dengan panjang sekitar 78 kilometer dan lebar 3 hingga 14 kilometer. Luas danau ini 592 km2. Masyarakat Hongaria sering menganggap danau ini sebagai Laut Hongaria.