Antarmuka pengguna grafis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari GUI)

Dalam teknologi komputasi, antarmuka pengguna grafis atau APG (Inggris: graphical user interface atau GUI) adalah jenis antarmuka pengguna yang menggunakan metode interaksi pada peranti elektronik secara grafis (bukan perintah teks) antara pengguna dan komputer.[1] Tindakan pengguna dalam APG dapat dilakukan secara langsung pada aplikasi dengan menggunakan piranti alat input seperti Keyboard dan Mouse.

APG menjadi salah satu faktor kemudahan dalam penggunaan komputer, peranti bergerak seperti pemutar MP3, pemutar media portabel atau peranti permainan, peralatan rumah tangga, dan peralatan kantor. APG menggambarkan informasi dan perintah yang tersedia untuk pengguna menggunakan ikon grafis. Contohnya adalah pada Microsoft Windows, macOS, dan Xwin yang menggunakan jenis APG yang berbeda-beda. Kelebihan dari APG adalah aplikasi APG pada perangkat komputer dapat membuat pengguna lebih mudah menggunakan tools yang dibutuhkan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mushthofa (2021). Informatika untuk SMA Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan. hlm. 245. ISBN 978-602-244-506-7. 
  2. ^ Eka, Meilina (5 April 2023). "Graphical User Interface (GUI), Membantu Kemudahan Berteknologi". Blog Direktorat Pusat Teknologi Informasi Telkom University. Diakses tanggal 2023-08-02.