Tembak-dan-lupakan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Fire-and-forget)

Tembak-dan-lupakan[1][2] adalah jenis panduan rudal yang tidak memerlukan panduan lebih lanjut setelah peluncuran tembakan, seperti iluminasi target atau panduan kawat, dan dapat mengenai target tanpa berada di garis pandang dari target. sistem ini adalah perlengkapan penting yang perlu dimiliki oleh senjata berpandu, karena seseorang atau kendaraan yang berada di dekat target untuk memandu rudal misalnya laser designator rentan terhadap dampak serangan dan gangguan selama dan setelah serangan sehingga tidak dapat melakukan tugas-tugas lain berikutnya.

Secara umum, informasi tentang target tembakan diprogram ke dalam rudal beberapa saat sebelum diluncurkan. Program ini dapat mencakup koordinat, pengukuran radar (termasuk kecepatan), atau gambar inframerah target. Setelah ditembakkan, rudal memandu dirinya sendiri dengan kombinasi giroskop dan akselerometer, GPS, pelacak radar aktif, dan optik lacak inframerah. Beberapa sistem menawarkan opsi input lanjutan dari platform peluncuran fire and forget. Sistem panduan ini lebih mirip pada pada drome quadcopter remote kontrol WIFI GPS mode follow me yang secara otomatis drone terbang mengikuti pemiliknya atau mode return to home (RTH). Drone quad ini populer pada tahun 2010 an.

Rudal berpandu anti-tank (ATGM) diarahkan ke target dengan berbagai cara, seperti perintah semi-otomatis untuk saling berhadapan (semi-automatic command to line of sight / SACLOS) dan perintah manual untuk saling berhadapan (manual command to line of sight / MCLOS). Designator laser / range finder juga digunakan untuk menunjuk target sasaran rudal.

Contoh[sunting | sunting sumber]

Banyak dari senjata berikut adalah rudal dengan panduan pelacak inframerah ; beberapa sisanya (mis. AIM-120) dipandu radar aktif.

PARS 3 LR peluru kendali fire-and-forget Angkatan Darat Jerman

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-03-30. Diakses tanggal 2018-03-29. 
  2. ^ "Fire and Forget : The Proliferation of Man-portable Air Defence Systems in Syria" (PDF). Smallarmssurvey.org. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2019-11-24. Diakses tanggal 12 August 2019.