Elektro house

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Electro house)

Elektro house atau sering disebut Electro house adalah sebuah genre musik dansa elektronik yang memiliki karakter bass yang berat dan tempo sekitar 130 BPM. Asal-usulnya dipengaruhi oleh tech house dan electro. Istilah ini sering dipakai untuk menyebut musik dari beberapa DJ, seperti Benny Benassi, Skrillex, dan Steve Aoki.[1]

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Elektro house dapat dikenali dengan ciri khas bassnya yang berat, dalam bentuk bassline yang berdengung, seperti yang dibuat dengan gelombang sawtooth dan distorsi. Hal ini juga sering dalam bentuk suara bass drum besar dengan pola ketukan four-on-the-floor. Tempo dari elektro house berkisar antara 125 dan 135 BPM.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Genre ini merupakan genre campuran (fusion) house dengan elektro, baik elektro gaya 1980-an maupun electroclash, yang menyatu dengan electropop dan techno. Akhir-akhir ini, kata "elektro" merujuk sebagai kata sifat yang menunjukkan "musik dansa elektronik keras". Lagu-lagu awal yang telah diberi label sebagai elekro house diantaranya ialah "Dark Invader" oleh Arrivers pada tahun 1996 "Raw S*it" oleh Basement Jaxx pada 1997.

DJ Italia Benny Benassi, dengan lagu "Satisfaction" yang dirilis pada 2002, dipandang sebagai cikal bakal elektro house yang membawanya ke arus mainstream.[2] Pada pertengahan 2000-an, elektro house mengalami peningkatan popularitas. Pada November 2006, lagu elektro house "Put Your Hands Up For Detroit" oleh Fedde Le Grand dan remix D. Ramirez dari "Yeah Yeah" oleh Bodyrox dan Luciana, masing-masing memegang posisi pertama dan kedua di UK Top 40 singles charts. Sejak itu, produser elektro house seperti Feed Me, Knife Party, The M Machine, Porter Robinson, dan Dada Life muncul.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lester, Paul (1 September 2011). "Skrillex (No 1,096)". New band of the day. London: The Guardian. Diakses tanggal 25 August 2012. ... Skrillex, a 23-year-old electro-house/dubstep producer ... 
  2. ^ David Jeffries. "Benny Benassi". AllMusic.