Ekayana Buddhist Centre

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Wihara Ekayana Arama
Keterangan
Nama:  Wihara Ekayana Arama
Nama lainnya: Ekayana Buddhist Center
Negara: Bendera Indonesia Indonesia
Kota: Jakarta
Koordinat: -6.178008, 106.778670
Tgl Pembangunan: 5 Februari 1995
Dibangun oleh: Biksu Aryamaitri dan Biksu Dharmavimala
Mazhab: Theravada, Mahayana, Vajrayana
Aliran: Non Sektarian
Website
Situs web: ekayana.or.id

Portal.svg Portal:Buddhisme

Ekayana Buddhist Centre adalah sebuah vihara umat Buddha yang terletak di Tanjung Duren Barat, Jakarta Barat. Keistimewaan vihara ini ialah bahwa vihara ini merupakan vihara antar mazhab. Selain dipakai untuk kebaktian aliran Mahayana, vihara ini juga digunakan untuk kebaktian aliran Theravada.

Terletak di Jl. Mangga II No. 8 RT/RW:008/008, Duri Kepa, Jakarta Barat 11510. Kegiatan kebaktian rutin untuk aliran Mahayana dimulai pukul 08.00 - 09.30, dan untuk aliran Theravada dimulai pukul 10.00 - 12.00.

Arti nama[sunting | sunting sumber]

Ekayana Buddhist Centre (EBC) merupakan salah satu pusat agama Buddha di DKI Jakarta dan resmi berdiri pada tahun 1995.

Ekayana Buddhist Centre didirikan untuk membantu pemutaran roda dharma dengan semangat non-sektarian melalui penyediaan berbagai pelayanan dan program pembinaan spiritual berkelanjutan yang berlandaskan pada esensi pandangan dan praktik yang buddhistik.

Ekayana bisa dibaca sebagai ekâyana, sebuah kata bahasa Sansekerta yang artinya kurang lebih adalah "jalan yang tunggal (yaitu jalan Buddha itu sendiri/Buddhayana)". Hal ini menekankan karakter antar mazhab/Triyanavardhana (Mahayana, Theravada, Tantrayana, karena pada dasarnya Ekayana ingin mempersatukan Umat Buddha di Indonesia. Ekayana dibawah naungan SAGIN (Sangha Agung Indonesia)

Pendidikan dan Pelatihan[sunting | sunting sumber]

Dharma Class diadakan setiap hari Minggu dari pukul 08:00 s.d. 10:00, kemudian Dharma Class II khusus untuk orangtua yang selama ini menemani anak-anaknya mengikuti sekolah minggu.

Latihan meditasi ada dua jenis, yaitu Vipassyana dan Chan (Zen). Latihan meditasi Chan diadakan setiap hari kamis pukul 19:00 s.d. 21:00 dan latihan meditasi Vipasyana setiap hari sabtu pukul 17:00 s.d. 19:00.

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Agama Buddha Indonesia (Pusdiklat ABI) didirikan pada tahun 2004 dengan persetujuan Sangha Agung Indonesia dan lingkup kerjanya berskala nasional. Pusdiklat ABI memiliki dua divisi yaitu Divisi Kursus dan Divisi Retret.

Divisi Kursus[sunting | sunting sumber]

Divisi ini menyelenggarakan Kursus Dasar Agama Buddha (KDAB), Kursus Dasar Buddhayana (KDB) atau dikenal dengan nama Kursus Dharma Universal (KDU), dan Kursus Bimbingan Pra-nikah.

Divisi Retret[sunting | sunting sumber]

Sesuai dengan namanya, divisi ini menyelenggarakan Retret Hidup Berkesadaran (RHB) yang diperuntukkan kepada partisipan umum maupun khusus seperti keluarga, anak, remaja, guru, maupun aktivis sosial. Kemudian ada juga program sehari yang bernama Day of MIndfulness (DoM).

Dalam pelaksanaanya Pusdiklat Abi menyediakan materi dan tenaga pengajar atau pelatih, sedangkan kepanitiaan menjadi tugas dari organisasi penyelenggara.

Sarana Retret[sunting | sunting sumber]

Wihara Ekayana saat ini memiliki tiga tempat untuk kegiatan retret yaitu Pondok Saddhana Amitayus, Pondok Saddhana Suddhi Bhavana, dan Prasadha Mandala Dharma di Parakan, Kabupaten Temanggung. Dengan terus bertambahnya peminat retret, pada saatnya tempat-tempat retret ini juga memerlukan perluasan kapasitas.

Untuk memajukan pendidikan, Wihara Ekayana juga memiliki perpustakaan dan lepayanan kursus bahasa Mandarin. Perpustakaan Manjushri menyimpan koleksi buku-buku Dharma baik yang berbahasa Indonesia, Inggris, maupuan Mandarin. Perpustakaan ini merupakan sumberreferensi bagi para biksu, biksuni umat pria maupuan wanita punya kesempatan untuk mendalami ajaran Buddha.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

  • Greenville

Pranala luar[sunting | sunting sumber]