Ekayana Buddhist Centre

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ekayana Buddhist Centre adalah sebuah vihara umat Buddha yang terletak di Tanjung Duren Barat, Jakarta Barat. Keistimewaan vihara ini ialah bahwa vihara ini merupakan vihara antar mazhab. Selain dipakai untuk kebaktian aliran Mahayana, vihara ini juga digunakan untuk kebaktian aliran Theravada.

Terletak di Jl. Mangga II No. 8 RT/RW:008/008, Greenville-Duri Kepa, Tanjung Duren Barat, Jakarta Barat 11510. Kegiatan kebaktian rutin untuk aliran Mahayana dimulai pukul 08.00 - 09.30, dan untuk aliran Theravada dimulai pukul 10.00 - 12.00.

Kegiatan Rutin Kebaktian Uposatha Setiap tanggal 1 & 15 (Lunar): Pengulangan Sutra 19.00-21.00wib Setiap tanggal 8 & 23 (Lunar): Pelafalan Nama Buddha (Nianfo) 19.00-21.00wib Kebaktian Umum Setiap hari Minggu 08.00-09.30wib Setiap hari Minggu 17.00-19.00wib Kebaktian Anak Setiap hari Minggu 08.00-09.30wib Kebaktian Remaja Setiap hari Minggu 08.00-09.30wib Kebaktian Pemuda Setiap hari Minggu 10.00-12.30wib Kebaktian Mahasiswa Setiap hari Sabtu 17.00-19.00wib Dharma Class Setiap hari Minggu 08.00-09.30wib Latihan Meditasi Setiap hari Kamis (metode Chan/Zen) 19.00-21.00wib Setiap hari Sabtu (metode Vipassana) 17.00-18.30wib Kunjungan Kasih Setiap hari Sabtu 09.30wib-selesai Wulan Bahagia Setiap hari Sabtu (minggu I,II,&III) 13.00-17.00wib Latihan Ekayana Buddhist Children Choir Setiap hari Minggu 10.30wib-selesai Latihan Ekayana Buddhist Resident Choir Setiap hari Minggu 13.00wib-selesai Latihan Ekayana Youth Dancer Setiap hari Sabtu 19.00wib-selesai

Kegiatan Berkala Lainnya Selain kegiatan rutin di atas, Ekayana Buddhist Centre juga menyelenggarakan berbagai kegiatan yang dilakukan secara berkala, antara lain: - Perayaan Hari Suci Buddhis, seperti Waisak, Asadha, Kathina dan Magha Puja. - Perayaan Hari Besar Buddha/Bodhisatwa atau Peristiwa Istimewa, diantaranya perayaan hari Bodhisatwa Avalokitesvara, Buddha Bhaisajyaguru, Buddha Amitabha, Ulambana, Cheng Beng, dan lain-lainnya. - Program Retret Meditasi, Ekayana Buddhist Centre juga menyelenggarakan retret-retret meditasi dari berbagai tradisi buddhis seperti retret meditasi Chan/Zen, Vipassana, Vajrayana, dan retret-retret lainnya. - Visudhi Trisarana & Upasaka-upasika, bagi mereka yang telah siap menerima Triratna sebagai pelindungnya dan menjalankan latihan moralitas Buddhis dalam hidupnya. - Children Blessing, pemberkatan anak-anak dengan harapan bahwa mereka dapat memiliki akar terhadap Triratna ke depannya. - Seminar/Workshop/Ceramah Umum, diselenggarakan dengan pembicara yang handal di bidangnya masing-masing. - Kegiatan Bakti Sosial, di antaranya donor darah masal, pengobatan massal, pembagian beras/sembako, dan bakti sosial lainnya. - Buddhist Camp, kegiatan keakraban dan pengembangan nilai-nilai kekeluargaan serta kebersamaan yang saling asah-asih-asuh dalam semangat Buddhadharma di kalangan pemuda Ekayana Buddhist Centre (PMVEG). - Welcome Party, kegiatan ramah tamah dan penyambutan kepada adik-adik mahasiswa-mahasiswi baru yang berkuliah di kota Jakarta baik dari dalam ataupun luar kota Jakarta. - Dan berbagai kegiatan lainnya yang diselenggarakan oleh Persamuhan/Himpunan/Organisasi di lingkungan Ekayana Buddhist Centre.

Arti nama[sunting | sunting sumber]

Ekayana Buddhist Centre (EBC) merupakan salah satu pusat agama Buddha di DKI Jakarta dan resmi berdiri pada tahun 1995. Ekayana Buddhist Centre didirikan untuk membantu pemutaran roda dharma dengan semangat non-sektarian melalui penyediaan berbagai pelayanan dan program pembinaan spiritual berkelanjutan yang berlandaskan pada esensi pandangan dan praktik yang buddhistik. Ekayana bisa dibaca sebagai ekâyana, sebuah kata bahasa Sansekerta yang artinya kurang lebih adalah "jalan yang tunggal (yaitu jalan Buddha itu sendiri/Buddhayana)". Hal ini menekankan karakter antar mazhab/Triyanavardhana (Mahayana, Theravada, Tantrayana, karena pada dasarnya Ekayana ingin mempersatukan Umat Buddha di Indonesia... Ekayana dibawah naungan SAGIN (Sangha Agung Indonesia)

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

  • Greenville

Pranala luar[sunting | sunting sumber]