Dumbel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sepasang dumbel yang yang dapat disesuaikan bebannya dengan pelat 2 kg.

Dumbel atau kadang disebut halter adalah sejenis alat angkat beban bebas yang digunakan dalam latihan beban. Alat ini dapat digunakan sendiri atau berpasangan masing-masing digenggam satu tangan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Seorang pemuda memegang cakram pada palaestra. Di dekatnya terdapat tongkat untuk meratakan landasan mendarat dan sepasang dumbel (halteres) digunakan untuk menjaga ekuilibrium saat meloncat. Cangkir kylik merah Attic Yunani Kuno, 510–500 SM, Museum Louvre, Paris.

Pendahulu dumbel adalah halteres, yang digunakan di masa Yunani Kuno sebagai alat angkat berat[1][2] dan juga sebagai pemberat dalam lomba loncat jauh versi Yunani kuno.[3] Sejenis dumbel juga digunakan di India selama lebih dari seribu tahun, berwujud seperti gada – sehingga dinamakan "Gada India". Meskipun nama ini menyiratkan asal-usulnya dari India, kemungkinan gada pertama kali diciptakan di Timur Tengah. Mungkin disebut sebagai meels, yang pertama kali digunakan pegulat dari Persia kuno, Mesir dan Timur Tengah. Praktik ini berlangsung hingga kini, terutama dalam tradisi The Varzesh-e Bastan yang dipraktekan di zurkaneh, Iran. dari Persia, kekaisaran Mughal membawa alat ini ke Asia Selatan di mana kini masih digunakan oleh pehlwan (pegulat). Kolonial Inggris pertama kali menemukan alat ini di India dan menyebutnya sebagai gada India. Rancangan Nal dapat dianggap sebagai persilangan antara barbel dan dumbel. Kebanyakan digunakan berpasangan, dalam latihan fisik para wrestlers, binaragawan, olahragawan, dan mereka yang ingin melatih kekuatan otot.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Istilah "dumbbells" muncul pada periode Stuart akhir di Inggris – merujuk kepada alat untuk merangsang aksi pada tali lonceng untuk membangun teknik dan tenaga untuk membunyikan bel atau lonceng Inggris, tanpa menimbulkan suara gangguan (karena itu disebut dumb). Ketika orang kuat mulai membuat alat mereka sendiri, mereka mempertahankan sebutan itu, meskibun bentuknya sudah berubah. Lihat Oxford dictionary definition.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Dumbel (halteres) yang digunakan dalam pertandingan atletik Yunani Kuno, Museum Nasional Arkeologi Yunani, Athena.
Dumbel yang dapat disesuaikan bebannya dengan pengunci putar.

Pada awal abad ke-17, bentuk familiar dari dumbel, dengan dua beban yang sama ditempelkan pada pegangan, telah muncul. Kini terdapat tiga jenis dumbel:

  • Dumbel yang dapat disesuaikan terdiri atas gagang logam yang bagian tengahnya biasanya dicukil pola silang untuk meningkatkan daya genggam. Cakram beban (pelat) dimasukkan pada ujung dumbel yang demantapkan sengan jepitan atau cincin pengikat. Di sebelah kanan adalah dumbel "spinlock", yang ujungnya beralur untuk menerima cincin pengikat seperti mur dan baut. Pilihan lainnya ujung dumbel mungkin halus tanpa alur dengan penjepin cincin pegas. Kini banyak dumbel yang dijual secara komersial tersedia dengan penjepit canggih dan mudah digunakan untuk menambah atau mengurangi beban.
  • Dumbel dengan beban tetap adalah pegangan beban yang dibuat berbentuk dumbel. Variasi yang lebih murah terdiri atas besi cetak, kadang dilapisi dengan karet atau neoprene untuk kenyamanan kenggaman. versi yang lebih murah berupa cangkang plastik yang diisi beton.
  • Dumbel "pilihan" adalah dumbel yang dapat disesuaikan dengan beberapa pelat beban yang dapat diganti dengan mudah kala ditaruh di atas rak beban. Hal ini dicapai dengan menyesuaikan jumlah pelat yang menempel pada pegangan ketika diangkat, dengan memutar pin pemilih — daripada menambah atau mengurangi beban secara manual. Hal ini memungkinkan mengganti jumlah beban di antara latihan, rak biasanya ganda untuk menyimpan beban yang tidak digunakan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Norman Gardiner, Athletics in the Ancient World, Dover, 2002, on Google books
  2. ^ Bill Pearl, Getting Stronger: Weight Training for Sports, Shelter, 2005, on Google books
  3. ^ Stephen G. Miller, Ancient Greek Athletics, Yale University Press, 2006, on Google books
  • Jan Todd], From Milo to Milo, A History of Barbells, Dumbbells and Indian Clubs, Iron Game History, vol 3 No. 6, 1995, viewed at: [1]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]