Daftar persoalan fisika yang belum terpecahkan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Halaman ini mencatat daftar persoalan fisika yang belum terpecahkan. Beberapa dari masalah di bawah ini hanya teori, yang berarti bahwa teori yang sudah ada sepertinya tidak dapat menjelaskan beberapa fenomena yang diamati atau hasil dari suatu eksperimen. Yang lainnya adalah eksperimental, berarti ada kesulitan dalam menciptakan sebuah eksperimen untuk mengetes sebuah teori atau menyelidiki sebuah fenomena dengan sangat mendetil.


Fenomena yang kurang memiliki penjelasan ilmiah yang jernih[sunting | sunting sumber]

Asimetri Baryon
Mengapa lebih banyak benda dari antibenda di alam semesta?

Masalah yang terpecahkan baru-baru ini[sunting | sunting sumber]

Semburan sinar gamma durasi panjang (2003)
Semburan durasi-panjang diasosiasikan dengan matinya bintang besar dalam sebuah peristiwa seperti-supernova yang umumnya disebut sebagai collapsar.
Masalah neutrino surya (2002)
Terpecahkan oleh sebuah pengertian baru tentang fisika neutrino, sehingga membutuhkan dimodifikasinya Model standar dari fisika partikel — khususnya, osilasi neutrino.
Krisis umur (1990-an)
Perkiraan umur dari alam semesta sekitar 3 sampai 8 miliar tahun lebih muda dibanding dengan perkiraan umur bintang tertua dalam galaksi kita. Perkiraan yang lebih baik untuk bintang-bintang yang jauh dan ditambah lagi energi gelap dalam model kosmologi memperbaiki perkiraan umur.
Quasar (1980-an)
Sifat dari quasar tidak dimengerti selama beberapa dekade. Sekarang quasar diterima sebagai sebuah jenis dari galaksi aktif di mana keluaran energi besar dihasilkan dari benda yang jatuh ke lubang gelap yang besar di pusat galaksi.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]