Crystal Cathedral

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Crystal Cathedral


Negara Amerika Serikat
Denominasi Reformed Church in America (1981-2012)
Gereja Katolik Roma (sejak 2012)
Situs web christcathedralcalifornia.com
Sejarah
Founded 1955
Founder(s) Robert H. Schuller
Dedicated 1980
Arsitektur
Arsitek Philip Johnson
Gaya arsitektur modern
Crystal Cathedral pada waktu senja
Interior Crystal Cathedral pada tahun 2005

Crystal Cathedral adalah sebuah gedung gereja yang asalnya dibangun oleh sebuah megachurch yang berada di kota Garden Grove, di Kabupaten Orange, California Selatan. Gereja ini didirikan pada tahun 1979 oleh Pdt. Robert H. Schuller dan istrinya, Arvella, di lokasi yang hingga saat itu dikenal sebagai Garden Grove Community Church. Gereja ini memiliki arsitektur yang terkenal di seluruh dunia karya Philip Johnson, yaitu bangunan gerejanya dibangun dengan menggunakan lebih dari 10.000 panel kaca, diselesaikan pada tahun 1981 dan berkapasitas 2.736 tempat duduk.[1] Gereja ini juga terkenal karena memiliki 5 orgel pipa yang besar dengan 280 rank yang dibangun oleh Fratelli Ruffatti. Instrumen ini memadukan orgel pipa besar Aeolian-Skinner yang dibangun pada 1962 untuk Avery Fisher Hall di New York. Orgel ini disebut "Hazel Wright Memorial organ".[2][3][4]

Dr. Robert H. Schuller menyerahkan kepemimpinan di Crystal Cathedral serta acara TV Hour of Power kepada anak lelakinya, Dr. Robert Anthony Schuller pada hari Minggu, 22 Januari 2006.

Crystal Cathedral menyiarkan acara kebaktian gerejanya ke seluruh dunia lewat acara televisi yang disebut The Hour of Power dan seluruh kampus katedral ini menyediakan fasilitas bagi orang-orang yang ingin berbakti di tempat itu. Pelayanannya termasuk kelompok-kelompok pendukung, kelas-kelas Sekolah Minggu serta pertemuan-pertemuan Kristen lainnya yang berlangsung setiap hari.

Pada 16 Desember 2004, Johnnie Carl (57 tahun), dirigen orkestra katedral ini, menembakkan pistolnya beberapa kali di dalam gedung gereja ini, hanya beberapa saat sebelum program tahunan Glory of Christmas dimulai. Tak ada orang yang terluka karena penembakan itu. Carl dilaporkan menderita depresi. Tak lama setelah itu, ia bunuh diri. Selama 29 tahun pelayanannya sebagai pelayan musik di Katedral itu, Carl membuat lebih dari 3.500 aransemen, termasuk beberapa lagu untuk penyanyi tenor Daniel Rodriguez yang diterbitkan dalam album terbarunya.

Rodriguez, seorang penyanyi yang sering menjadi tamu dalam kebaktian-kebaktian Minggu di gereja ini, mempersembahkan albumnya yang berjudul "In The Presence" kepada Johnnie Carl. Schuller memuji pelayanan Carl sebagai dirigen dan berkata kepada jemaatnya bahwa, "Kita yakin bahwa ia berada di surga sekarang." Kini departemen musik di Crystal Cathedral dipimpin oleh Marc Riley, Sean Groombridge, dan Donald Neuen.

Nama "Crystal Cathedral" sebenarnya secara teknis tidak tepat, karena gereja Schuller termasuk dalam denominasi Reformed Church in America (Gereja Reformasi di Amerika), yang dipimpin oleh penatua dan tidak memiliki uskup, sementara di sebuah katedral biasanya terdapat katedra, atau takhta resmi seorang uskup.

Sampai 2012, gedung ini dipakai sebagai tempat ibadah Crystal Cathedral Ministries. Crystal Cathedral Ministries menyatakan pailit pada bulan Oktober 2010 dan pada bulan Februari 2012 gedung ini beserta bangunan-bangunan di kompleks tersebut dijual kepada Roman Catholic Diocese of Orange untuk dijadikan katedral baru dioses tersebut. Bangunan ini sedang direnovasi untuk mengakomodasi liturgi Gereja Katolik Roma dan direncanakan dibuka kembali pada tahun 2016, dengan nama baru Christ Cathedral.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "About the Architecture". Crystal Cathedral. Diakses 2010-03-05. 
  2. ^ "The World's Largest Pipe Organs". TheatreOrgans.com. Diakses 15 September 2012. 
  3. ^ Epstein, Benjamin (15 May 1996). "Crystal Clear Devotion : Cathedral's Organist Will Be Happy to Solo With Four Seasons Symphony on Home Turf". Los Angeles Times. 
  4. ^ "The Top 20 - The World's Largest Pipe Organs". SacredClassics.com. Diakses 15 September 2012. 
  5. ^ "The Crystal Cathedral Becomes Christ Cathedral" National Catholic Register, retrieved August 26, 2013

Pustaka[sunting | sunting sumber]

E.M.Skinner/Aeolian-Skinner Opus List, disusun oleh Allen Kinzey dan Sand Lawn, penerbit: Organ Historical Society, Richmond, VA. edisi ke-1, 1992, hlm. 124.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]