Central Proteinaprima

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
PT Central Proteinaprima Tbk.
Jenis

Publik (IDX:CPRO

)
Industri/jasa Perikanan
Didirikan April 1980
Kantor pusat Jakarta, Indonesia
Produk Udang, Pakan Udang, Pakan Ikan, Probiotik, Benur
Karyawan 10.000
Situs web www.cpp.co.id

PT Central Proteinaprima Tbk. (IDX:CPRO ) ("CP Prima") merupakan salah satu produsen dan pengolah udang terintegrasi terbesar di dunia yang bermarkas di Jakarta. CP Prima merupakan pemimpin pasar Indonesia dalam produksi benur, pakan udang dan pakan ikan. Produk CP Prima meliputi udang beku, pakan udang, benur dan probiotik. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1980.

Lebih dari 70.000 hektare lahan tambak udang yang dibudidayakan di 3 lokasi yakni PT Centralpertiwi Bahari, PT Aruna Wijaya Sakti, dan PT Wachyuni Mandira. CP Prima menyediakan lapangan kerja kepada lebih dari 10.000 orang termasuk karyawan penuh dan paruh waktu. Perusahaan ini memproduksi udang bermutu tinggi dengan menjamin rekam jejak produk melalui pembudidayaan bibit udang yang bebas penyakit, memproduksi pakan udang bermutu, memanen, mengolah, menyimpan dalam suhu dingin, dan mengirimkan produk-produk yang berkualitas ke luar negeri.

Sertifikasi dalam Budidaya Udang[sunting | sunting sumber]

Perusahaan ini menerapkan standar dalam pengelolaan Keamanan, Kesehatan dan Lingkungan. Sebagai pelaku budidaya udang terintegrasi secara penuh yang memasarkan produknya ke tiga pasar utama dunia yaitu Amerika, Jepang dan Eropa, maka jaminan terhadap mutu dan keamanan produk, serta kepedulian terhadap pelestarian lingkungan dan masyarakat sekitarnya merupakan syarat penting yang harus dipenuhi agar produknya dapat tetap memasuki pasar internasional.

Sertifikasi yang telah dipenuhi CP Prima terkait dengan keamanan dan kualitas produk telah diberikan oleh British Retailers Consortium (BRC) dari Inggris Raya. Sementara sertifikasi yang menyatakan bahwa CP Prima telah melakukan kegiatan budidaya ikan yang baik dan benar (CBIB) yang dalam bahasa aquaculturenya dikenal dengan istilah BAP (Best Aquaculture Practices) telah diberikan pula oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, Aquaculture Certification Council (ACC, standard US), dan GlobalGAP untuk standard Eropa. Lembaga sertifikasi internasional (ACC dan GlobalGAP) tersebut memiliki standard yang sangat tinggi terkait dengan isu kualitas dan keamanan produk, lingkungan dan isu sosial.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]