Pusat Penelitian Internasional untuk Perbaikan Jagung dan Gandum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari CIMMYT)

Pusat Penelitian Internasional untuk Perbaikan Jagung dan Gandum (lebih dikenal dengan CIMMYT sebagai singkatan dari nama bahasa Spanyol Centro Internacional de Mejoramiento de Maíz y Trigo) adalah lembaga pelatihan dan penelitian nonprofit yang bertujuan utama untuk memperbaiki kultivar jagung maupun berbagai jenis gandum, dan menyebarluaskan praktik pertanian yang lebih baik kepada petani untuk peningkatan kesejahteraan mereka.[1] CIMMYT adalah anggota CGIAR.[2]

Kantor pusat berkedudukan di El Batán, Edo Mex, Meksiko. Untuk kegiatannya di dunia, lembaga ini memiliki tiga belas kantor cabang di Afganistan, Bangladesh, Republik Rakyat Tiongkok, Kolombia, Etiopia, Georgia, India, Iran, Kazakhstan, Kenya, Nepal, Turki, dan Zimbabwe.

Program dan unit[sunting | sunting sumber]

CIMMYT memiliki dua program inti, ditambah tiga program lainnya dan lima unit penelitian untuk mendukung kegiatannya:

  1. Program Gandum Global (Global Wheat Program)
  2. Prgram Jagung Global (Global Maize Program)
  3. Program Pertanian Konservasi (Conservation Agriculture Program)
  4. Program Sosioekonomi (Socioeconomic Program)
  5. Program Sumber Daya Genetik (Genetic Resources Program)

Program Sumber Daya Genetik didukung oleh unit-unit yang tergabung dalam Genetic Resources and Enhancement Unit (GREU). Unit-unit ini adalah laboratorium informatika penelitian tanaman, bank plasma nutfah, pusat bioteknologi terapan, unit pengawasan dan distribusi benih, dan laboratorium kesehatan benih.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "About Us". Centro Internacional de Mejoramiento de Maíz y Trigo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-06-14. Diakses tanggal 2008-10-11. 
  2. ^ "Research Centers". CGIAR. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-06-03. Diakses tanggal 2010-05-13.