Sungai Brahmaputra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Brahmaputra)
Visual Brahmaputra dengan gambar peta.

Brahmaputra adalah sebuah sungai utama di Asia yang melintasi negara India, Bangladesh, dan wilayah Tibet. Dalam bahasa Sanskerta, dia berarti "anak Brahma".

Dia berasal dari pegunungan Himalaya di Tibet barat, di Cina dan mengalir sepanjang 2.900 km ke laut di Teluk Bengal di Bangladesh. Dia disebut Tsangpo di Tibet, Siang di Arunachal Pradesh dan satu cabang utamanya disebut Sungai Jamuna di Bangladesh. Sanskrit tua menyebutnya sebagai Lauhitya dan orang lembah Brahmaputra memanggilnya Luit.

Sungai ini pada akhirnya bertemu dengan Gangga (disebut Padma di Bangladesh) dan sungai Meghna untuk membentuk delta sungai terbesar di dunia, kebanyakan berada di Bangladesh. Dia merupakan salah satu dari sedikit sungai di dunia yang memiliki tidal bore. Kebanyakan sungai India memiliki nama perempuan. Tapi sungai ini memiliki nama lelaki.

Sebagian besar dapat dijalani perahu dan bagian bawah merupakan tempat suci bagi orang Hindu. Sungai ini bahaya banjir pada waktu musim semi ketika salju Himalaya meleleh.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]