Blanche dari Perancis (1282–1305)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Blanche dari Perancis
Makam Blanche dari Perancis
Makam Blanche dari Perancis
Permaisuri Austria
Memerintah sebagai pasangan 1300-1 Maret 1305
Pasangan Rudolph I dari Bohemia
Wangsa Istana Capet
Istana Habsburg
Ayah Philip III dari Perancis
Ibu Maria dari Brabant, Ratu Perancis
Lahir 1282
Meninggal 1 Maret 1305
Vienna, Austria
Dikubur Minoritenkirche, Vienna

Blanche dari Perancis (tahun 1282 – 1 Maret, 1305) dilahirkan di Paris, orangtuanya adalah Philip III dari Perancis dan Maria dari Brabant, Ratu Perancis[1].

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Blanche merupakan anak kedua dari tiga anak yang dilahirkan dari pernikahan kedua ayahnya. Saudara-saudaranya adalah Louis, Pangeran Évreux dan Margaret, Ratu Inggris. Blanche memiliki dua abang tiri dari pernikahan pertama ayahnya dengan Isabella dari Aragon, Philip, calon raja Perancis dan Charles, Pangeran Valois[2].

Eyang maternal Blanche adalah Henry III, Adipati Brabant dan istrinya Alice dari Burgundia. Eyang paternalnya adalah Louis IX dari Perancis dan Margaret dari Provence.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Perjodohan[sunting | sunting sumber]

Stempel Blanche dari Perancis

Blanche dijodohkan 4 kali sebelum akhirnya menikah[3]. Ia pertama-tama dijodohkan di bulan September 1290 kepada John I, Marquis Namur. Perjodohan keduanya pada tanggal 31 Juli 1291 kepada Edward, Pangeran Wales, ia sebaliknya menikahi keponakan Blanche Isabella. Perjodohan lainnya pada tahun 1296 dengan John, putra John II, Pangeran Belanda.

Tiga tahun setelah kematian istri pertama Edward I dari Inggris, Eleanor dari Kastilia, pada usia 49 tahun pada tahun 1290, Edward I masih berkabung. Namun berita akan kecantikan Blanche sampai ke telinganya. Putranya Pangeran Wales dijodohkan kepadanya namun dibatalkan karena Raja Edward memutuskan bahwa ia sendiri yang akan menikah dnegan Blanche dengan risiko apapun dan mengirimkan utusan untuk bernegosiasi tentang pernikahan itu dengan saudara tirinya, Raja Philip IV. Philip setuju untuk memberikan Blanche kepada Edward dengan kondisi sebagai berikut :

  1. Sebuah gencatan senjata yang disetujui di antara kedua negara tersebut.
  2. Edward menyerahkan propinsi Gascony.

Herannya Edward menyetujui kondisi-kondisi tersebut dan mengirimkan saudaranya Edmund Crouchback, Earl Lancaster, untuk menjemput calon mempelainya. Edward telah ditipu, karena Blanche akan dinikahkan. Sebaliknya Philip menawarkan adik perempuannya Margaret, seorang gadis muda berusia 11 tahun, untuk menikah dengan Edward (yang berusia 55 tahun). Mendengar hal ini, Edward mengumumkan perang di Perancis, menolak untuk menikahi Margaret. Setelah 5 tahun, sebuah gencatan senjata disepakati, dengan kondisi dimana Edward akan menikahi Margaret, akan memulihkan kunci kota Guienne, dan menerima £15,000 pinjaman kepada Marguerite.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Daripada Edward I, pada 25 Mei, 1300 ia menikahi Rudolph I dari Habsburg, Adipati Austria dan putra Raja Albert I dari Jerman. Blanche memberinya seorang putri pada tahun 1304 dan setelah itu ia mengalami dua kali keguguran. Pernikahan itu tidak bahagia dan Blanche meninggal setelah pernikahan keduanya pada bulan Maret 1305 di Vienna. Rudolph menikahi Elisabeth Richeza dari Polandia pada tahun berikutnya, mereka tidak memiliki keturunan dan Rudolph meninggal pada tahun 1307 setelah menjadi Raja Bohemia hanya setahun lamanya.

Blanche dimakamkan di Minoritenkirche, Vienna.

Silsilah Keluarga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Habsburg family
  2. ^ House of Capet descendents
  3. ^ FRANCE CAPETIAN KINGS, Medieval Lands
Didahului oleh:
Elisabeth dari Gorizia-Tyrol
Istri Adipati Austria
permaisuri gabungan dengan Elisabeth dari Gorizia-Tyrol

1300-1305
Diteruskan oleh:
Elisabeth Richeza dari Polandia