Biathlon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Biathlon
Biathlon Schalke.jpg
Atlet biathlon dalam perlombaan
Induk organisasi International Biathlon Union
Data lengkap
Jumlah pemain Perorangan dan tim estafet
Pria/wanita Ada
Peralatan papan ski, senapan
Dipertandingkan di Olimpiade 1928 (Patroli militer)
1960 (nama resmi)

Biathlon adalah olahraga musim dingin yang mempertandingkan dua cabang olahraga yaitu ski lintas alam dan menembak. Kata "biathlon" berasal dari bahasa Yunani yang berarti dua pertandingan.

Pada 1960, biathlon bergabung dengan International Modern Pentathlon Union (UIPM). Namun pada 1993, berubah menjadi IBU dan menjadi organisasi payung di bawah UIPM, akan tetapi memiliki otonomi khusus dalam kerjanya.

Format pertandingan[sunting | sunting sumber]

Perorangan[sunting | sunting sumber]

Pertandingan 20 km individual (15 km untuk putri) adalah event biatlhon tertua . Para altet biathlon menembak empat kali dengan total 20 target. Setiap kegagalan mengakibatkan penalti waktu, biasanya satu menit, ditambahkan pada waktu yang diperoleh dari ski.

Sprint[sunting | sunting sumber]

Pada even ini 10 km untuk putra dan 7,5 km untuk putri. Para atlet biathlon menembak dua kali dengan total 10 target. Setiap kegagalan mengakibatkan penalti berupa melakukan loop 150 m sebelum dapat melanjutkan balapan dilanjutkan. Pada pertandingan individual, para atlet mulai secara interval.

Pursuit[sunting | sunting sumber]

Dalam pursuit, para atlet biathlon memulai pertandingan secara terpisah berdasarkan perbedaan waktu dari balapan sebelumnya. Peserta yang berhasil mencapai garis finish adalah pemenang. Panjang lintasan untuk putra 12,5 km dan putri 10 km, dan menembak sebanyak empat kali, dan setiap kegagalan mengakibatkan penalti berupa melakukan loop 150 m.

Start massal[sunting | sunting sumber]

Pada event ini, seleuruh atlet biathlon melakukan start pada saat yang bersamaa dan yang berhasil mencapai garis finish pertama adalah pemenang. Lintasan yang harus ditempuh adalah 15 km (12,5 km untuk putri) dan menembak sebanyak empat kali. Sama seperti pada Sprint, atlet yang gagal menembak sasaran mendapat penalti berupa melakukan loop 150 m untuk setiap kegagalan.