Baudouin VII dari Flandria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Baudouin VII (1093 – 17 Juli 1119) merupakan seorang Comte Flandria dari tahun 1111 sampai 1119.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Hubungan Keluarga[sunting | sunting sumber]

Ia merupakan putra Robert II dari Flandria dan Clémence dari Bourgogne. Dua dari pamandanya dari pihak ibundanya adalah Paus Kallistus II dan Raymond dari Bourgogne, Comte Coimbra dan suami dari calon Ratu Urraca dari León dan Kastilia. Karena itu, Baudouin dan calon Raja Alfonso VII dari León - putra Raymond dari Bourgogne dan Urraca dari León dan Kastilia - merupakan sepupu pertama. Dua dari sepupu pertama Baudouin lainnya adalah Amedeo III dari Savoia and Guillaume V dari Montferrat; merupakan putra dari salah satu bibinya dari pihak ibundanya, Giséle dari Bourgogne, yang suami pertamanya adalah Umberto II dari Savoia (ayahanda Amedeo III) dan yang suami keduanya adalah Ranieri dari Montferrat (ayahanda Guillaume V).

Memerintah sebagai comte dan kematian[sunting | sunting sumber]

Baudouin menggantikan ayahandanya sebagai Comte Flandria pada tanggal 5 Oktober 1111. Hanya berusia delapan belas tahun, Comte baru diminta sarannya dari sepupunya, Charles si Baik, yang beberapa tahun lebih tua darinya. Baudouin merencanakan pernikahan Charles dengan ahli waris Amiens, Marguerite dari Clermont-Beauvaisis, pada tahun 1118.

Ia meninggal karena terluka di medan Pertempuran Bures-en-Brai, ketika bertempur dengan Henry I dari Inggris, atas nama Louis VI dari Perancis. Ketika ia sekarat, Baudouin mengumumkan sepupunya Charles sebagai ahli warisnya. Charles menjadi Comte Flandria yang baru setelah kematiannya.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1105, Baudouin menikahi Havoise (juga dipanggil Havide), putri Alain IV dari Bretagne. Pemuda itu berusia dua belas tahun dan mempelainya hanya berusia sembilan tahun. Namun diduga pernikahan tersebut tidak pernah dilengkapi. Mereka bercerai pada tahun 1110 dan mereka berdua tidak pernah menikah lagi. Baudouin dan Havoise tidak memiliki keturunan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Robert II
Comte Flandria
1111–1119
Diteruskan oleh:
Charles I