Bandar Udara Internasional Adi Sumarmo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bandara Adi Sumarmo)
Langsung ke: navigasi, cari
Bandara Adisumarmo
ꦧꦤ꧀ꦢꦫ​ꦄꦢꦶꦱꦸꦩꦂꦩꦺꦴ
1406airasia.jpg
Sebuah pesawat Airasia take-off dari Bandara Adisumarmo.
IATA: SOCICAO: WRSQ
Ikhtisar
Jenis bandara sipil dan militer
Lokasi Ngemplak, Boyolali, Indonesia
Ketinggian 128 m (421 f)
Koordinat 7°30′57″LU 110°45′24″BT / 7,51583°LS 110,75667°BT / -7.51583; 110.75667
Landas pacu
Arah Panjang Permukaan
ft m
08/26 8.530 2.600 aspal

Bandar Udara Adisumarmo (SOC/WRSQ) (Hanacaraka: ꦧꦤ꧀ꦢꦂ​ꦈꦢꦫ​ꦄꦢꦶꦱꦸꦩꦂꦩꦺꦴ) adalah bandara internasional yang melayani kota Surakarta (Solo) 57108, Jawa Tengah yang dioperasikan PT (Persero) Angkasa Pura I.

Bandara ini melayani penerbangan Garuda, Sriwijaya Air, dan Lion Air untuk penerbangan Jakarta-Solo Pulang Pergi, Indonesia Air Transport untuk penerbangan Solo-Pangkalanbun PP serta konekting ke Pontianak, Trigana Air Service untuk penerbangan Solo-Banjarmasin PP serta konekting ke Balikpapan dan Berau, Solo-Pangkalanbun PP serta konekting ke Ketapang dan Pontianak, Silk Air untuk penerbangan Solo-Singapura PP serta Air Asia untuk penerbangan Solo-Kuala Lumpur, di samping penerbangan langsung ke Mekkah atau Jeddah, Arab Saudi dikarenakan Solo sebagai kota embarkasi Haji untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY.Sebagaimana bandara yang lain, bandara Adisumarmo ini terletak di luar kota Solo tepatnya di Ngemplak, Boyolali. Bandara ini juga berfungsi sebagai pangkalan TNI AU.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tempat parkir Adi Sumarmo yang berbentuk Gunungan

Bandara ini dulu bernama Pangkalan Udara (Lanud) Panasan, karena terletak di kawasan Panasan. Kemudian namanya diubah menjadi Pangkalan Udara Adisumarmo mengikuti nama Adi Sumarmo (adik dari Agustinus Adisucipto)

Bandara ini dulu bernama Pangkalan Udara (Lanud) Panasan yang dibangun pertama kali pada tahun 1940 oleh Pemerintah Belanda sebagai lapangan terbang darurat.

Ketika bala tentara Jepang masuk ke Indonesia bandara tersebut sempat dihancurkan oleh Belanda namun dibangun lagi oleh Pemerintah Jepang sejak pada tahun 1942 sebagai basis militer penerbangan angkatan laut (Kaigun Bokusha).

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia penyelenggaraan bandara dilaksanakan oleh “Penerbangan Surakarta” yang diresmikan pada tanggal 6 Februari 1946.

Pada tanggal 1 Mei 1946, Penerbangan Surakarta sejak berubah menjadi “Pangkalan Udara Panasan” yang hanya diperuntukkan penerbangan militer.

Pangkalan udara tersebut pertama kali digunakan secara resmi untuk penerbangan komersial pada tanggal 23 April 1974 yang dilayani oleh Garuda Indonesia dengan rute Jakarta-Soekarno Hatta-Solo & Solo-Jakarta-Soekarno Hatta dengan frekuensi 3-kali seminggu.

Pada tanggal 25 Juli 1977, “Pangkalan Udara Panasan” berubah nama menjadi “Pangkalan Udara Utama Adi Sumarmo” yang mengikuti nama Adi Sumarmo (adik dari Agustinus Adisucipto).

Pada tanggal 31 Maret 1989, Bandara ini ditetapkan menjadi Bandara Internasional dengan melayani penerbangan rute Solo-Kuala Lumpur & Solo-Singapore-Changi.

Pada tanggal 1 Januari 1992, Bandara Adi Sumarmo dikelola oleh Perusahaan Umum Angkasa Pura I yang pada tanggal 1 Januari 1993 berubah status menjadi Persero Terbatas Angkasa Pura I sampai dengan sekarang.

Data-data[sunting | sunting sumber]

Data Bandara[sunting | sunting sumber]

  • Jarak dari Surakarta, 14 kilometer
  • Koordinat 07°30´58"S, 110°45´25"E
  • Ketinggian 128 meter
  • Jumlah terminal: 2 terminal penumpang, 2 terminal kargo, 11 tempat parkir pesawat

Data Lapangan Terbang[sunting | sunting sumber]

Runway 1: Heading 08/26, 2,600m (8,530 ft), 68/F/C/X/T, ILS, Lighting: PAPI
Fire Category VIII, Rescue and fire fighting Navigational Aids: VOR-DME, NDB Airfield Restrictions: Wide body ACFT 180 turn at the end of Runway

Fasilitas Kargo[sunting | sunting sumber]

Kapasitas 48tonnes (105.000 lbs), gudang seluas 574m² (6,178sq ft), kawasan berikat, hanya kargo domestik, karantina hewan, fasilitas kesehatan, peralatan X-ray , bahan berbahaya, GPU, sabuk berjalan kargo, dan kursi roda.

Maskapai Penerbangan[sunting | sunting sumber]

Lokasi Adisumarmo tepatnya berada di Kabupaten Boyolali
Maskapai Tujuan Terminal
AirAsia Kuala Lumpur Internasional
Garuda Indonesia Jakarta-Soekarno-Hatta Domestik
Garuda Indonesia Hajj flight: Jeddah Internasional
Indonesia Air Transport Pangkalanbun, Pontianak Domestik
Lion Air Jakarta-Soekarno-Hatta Domestik
SilkAir Singapura Internasional
Sriwijaya Air Jakarta-Soekarno-Hatta Domestik
Trigana Air Service Banjarmasin, Balikpapan, Berau, Pangkalanbun, Ketapang, Pontianak Domestik

Lihat pula[sunting | sunting sumber]