Balai Penelitian Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Balitek KSDA)
Langsung ke: navigasi, cari

Balai Penelitian Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (Balitek KSDA atau BPTKSDA) adalah balai penelitian di bidang teknologi konservasi sumber daya alam dengan wilayah kerja di seluruh Indonesia.[1] Lembaga ini memiliki herbarium dengan belasan ribu koleksi spesimen tumbuhan dan merupakan salah satu herbarium standar internasional di Indonesia dan terdaftar secara resmi di Index Herbariorum dunia dengan akronim WAN.[2][3]

Balitek KSDA pada awalnya adalah Wanariset 1 Samboja yang ditetapkan tahun 1979 melalui SK Menteri Pertanian No. 723/Kpts/Um/II/1979 yang dikelola Lembaga Penelitian Hutan Bogor. Pada tahun 1985 pengelolaan diubah menjadi Stasiun Penelitian berada dibawah Balai Penelitian Kehutanan Samarinda.

Tahun 2002 Stasiun Penelitian berubah menjadi Loka Penelitian dan Pengembangan Satwa Primata (LP2SP) berdasar SK Menhut No. 6175/Kpts-II/2002, merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) setingkat eselon IV yang berada dibawah Badan Litbang Kehutanan. Fokus kegiatan organisasi pada saat Loka Penelitian dan Pengembangan Satwa Primata berfokus pada penelitian konservasi meliputi flora dan fauna dengan ruang lingkup penelitian meliputi Pulau Kalimantan.

Pada tahun 2006 melalui Peraturan Menteri Kehutanan No. P.30/Menhut-II/2006 LP2SP berubah menjadi Balai Penelitian Teknologi Perbenihan Samboja (BPTP). Pengembangan organisasi menjadi setingkat eselon III dengan fokus penelitian yang menitik beratkan pada teknologi perbenihan hutan alam dengan ruang lingkup meliputi Pulau Kalimantan, Sulawesi dan Maluku.

Tahun 2011 BPTP Samboja berubah menjadi Balai Penelitian Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (Balitek KSDA) berdasarkan Peraturan Menteri Kehutanan No. P.32/Menhut-II/2011.[4] Satker setingkat Eselon III ini merupakan salah satu UPT yang secara khusus menangani kegiatan penelitian teknologi konservasi sumber daya alam yang berada dibawah tanggung jawab Badan Litbang Kehutanan dengan wilayah kerja seluruh Indonesia.

Balitek KSDA Samboja ini berlokasi di Jl. Soekarno Hatta KM 38 RT 09, Kelurahan Sei Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Lokasi tersebut merupakan jalur utama provisi antara Balikpapan - Samarinda, dan merupakan jalur persimpangan akses ke penajam melalui jalur darat antara Petung - Samboja 38.

Balitek KSDA dapat dicapai dari Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman melalui berbagai jenis angkutan umum.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]