Bahasa Uighur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bahasa Uyghur)
Langsung ke: navigasi, cari
Uyghur
Dituturkan di: Tiongkok, Kazakstan
Daerah: Wilayah Otonomi Xinjiang Uighur
Jumlah penutur keseluruhan: 8,5-8,8 juta
Peringkat Bahasa: 98
Keluarga bahasa
Klasifikasi:
Altai

 Turki
  Bagian Timur
   Uighur

Status Resmi
Bahasa Resmi di: Xinjiang Uighur, Tiongkok
Regulated by: --
Kode bahasa
ISO 639-1 ug
ISO 639-2(B) uig
SIL UIG

Bahasa Uighur atau Uyghur merupakan anak cabang dari bahasa-bahasa Turki, dengan penutur diperkirakan mencapai 8 - 8,8 juta jiwa. Bahasa Uighur memiliki keserupaan dengan bahasa-bahasa Turki lainnya, jika anda menguasai bahasa Uighur maka anda tidak akan menghadapi banyak kesulitan bila berbicara dengan penutur bahasa Uzbek maupun Kazak, karena kesamaan dalam kosakata maupun strukturnya.

Asal Mula Bahasa Uighur[sunting | sunting sumber]

Bahasa Uighur berakar dari bahasa Turki kuno yang hidup di kawasan Asia Tengah, tepatnya dari kelompok bahasa Chagatay. Para sejarawan Tiongkok berpendapat bahwa apa yang disebut Uighur saat itu menggunakan bahasa yang disebut Huihu dan Tujue yang menjadi bahasa antarbangsa di wilayah tersebut selama berabad-abad. Bahasa Huihu dipakai di kerajaan-kerajaan seperti : Kerajaan Tujue, Kerajaan Kara, Huihu, Dinasti Liao Barat, Ke-Khan-an Jinzhang, Ke-Khan-an Chagatay, dan Kekaisaran Timur. Bahasa inilah yang kemudian berkembang menjadi Bahasa Uighur yang sekarang ini.

Pada abad ke-10, ketika kelompok ini menganut agama Islam, kosakata bahasa Arab dan Persia mulai memasuki bahasa ini dan menjadikan bahasa Uighur sebagai bahasa yang sangat kaya.

Daerah Sebar Bahasa[sunting | sunting sumber]

Bahasa Uighur menjadi bahasa resmi di wilayah otonomi Xinjiang Uighur, Tiongkok. Tersebar juga di wilayah-wilayah lain di Tiongkok, selain itu ada sekitar 300.000 penutur di Kazakstan, Kirgiztan dan Mongolia. Ada juga sekitar puluhan keluarga Uighur yang hidup di bagian utara Pakistan dan komunitas berbahasa Uighur lainnya di Uzbekistan, Tajikistan, Afganistan, Turki, Amerika Serikat dan lainnya.

Status Bahasa[sunting | sunting sumber]

Bahasa Uighur merupakan bahasa resmi di wilayah otonomi Xinjiang Uighur dan sejajar dengan 56 bahasa lainnya di Tiongkok. Bahasa ini dipakai dalam kehidupan sehari-hari, dan diajarkan di sekolah-sekolah di seluruh Xinjiang. Namun, Bahasa Tionghoa atau Han tetap wajib dipelajari sebagai bahasa Nasional.

Kosakata[sunting | sunting sumber]

Kosakata Bahasa Uighur berakar dari Turki, namun banyak mendapat pengaruh dari Bahasa Persia dan Bahasa Arab. Untuk istilah-istilah internasional, Uighur banyak menyerap kosakata Bahasa Rusia dan Bahasa Tionghoa.

Sistem penulisan[sunting | sunting sumber]

Pada masa pra-Islam, bahasa Uighur ditulis dengan huruf Orkhon yang serupa dengan huruf Runik, kemudian semenjak Islam mulai dianut masyarakat Uighur(tepatnya abad ke 10 Masehi), semua penulisan memakai huruf Arab. Pemerintah Komunis Tiongkok pada tahun 1969 berupaya memperkenalkan huruf Latin sebagai sistem penulisan manunggal bagi Bahasa Uighur, namun usaha tersebut tidak berhasil, sehingga pada tahun 1983 huruf Arab yang dimodifikasipun kembali diperkenalkan sebagai satu-satunya sistem penulisan bagi Bahasa Uighur. Perbedaannya adalah dengan ditambahkannya beberapa diakritik khusus yang sesuai dengan pengucapan lidah setempat. Sedangkan masyarakat Uighur di negara-negara bekas Uni Soviet menggunakan huruf Sirilik. Berikut ini contoh perbandingan sistem penulisan antara Arab-Uighur, Latin Turki dan Latin sistem IPA

Perbandingan Abjad Uighur
Arab Latin Turki IPA Arab Latin Turki IPA


ئا A a a a ق K̡ k̡  ? q
ئه Əə ? æ ك K k k k
ب B b b b ڭ ng ng ŋ
پ P p p p گ G g g g
ت T t t t ل L l l l
ج J j c ʤ م M m m m
چ Q q ç ʧ ن N n n n
خ H h ? x ه H̡ h̡ h h
د D d d d ئو O o o o
ر R r r r ئۇ U u u u
ز Z z z z ئۆ Ɵɵ ö œ
ژ Z̡ z̡ j ʒ ئۈ Ü ü ü y
س S s s s ۋ V v v v
ش X x ş ʃ ئې E e e e
غ Ƣƣ ğ ɣ ئى I i i i
ف F f f f ي Y y y j

Huruf Arab Uighur merupakan satu-satunya sistem penulisan huruf Arab yang paling mudah dibaca, bahkan penciptaan sistem baru ini dianggap sebagai salah satu sistem yang paling konsisten. Tidak seperti sistem penulisan pada Bahasa Arab, Bahasa Urdu, Bahasa Persia maupun Bahasa Pashtun dimana sistem bacanya tidak konsisten dengan penulisannya. Jadi, orang tidak akan mengalami kesulitan dalam membaca huruf Arab Uighur ini.

Dialek Uighur[sunting | sunting sumber]

Bahasa Uighur baku diambil dari bahasa Uighur yang dipakai oleh warga Urumqi, ibukota Xinjiang Uighur. Secara umum, dialek bahasa Uighur terdiri atas dialek UighurPusat (Central Uyghur), Hotan' dan Lopnur.

Kesusasteraan Uighur[sunting | sunting sumber]

Kesusateraan dalam bahasa Uighur juga sangat kaya, tidak heran pada masa lalu kawasan Xinjiang Uighur atau dikenal dengan Turkestan Timur merupakan salah satu pusat kebudayaan Islam di barat Tiongkok dan telah dikenal sejak zaman sebelum Masehi sebagai perlintasan jalur sutera.

Contoh Ungkapan Bahasa Uighur[sunting | sunting sumber]

  • Yaxshimusiz?: Apa kabar?
  • Ismingiz nime?: Siapa namamu?
  • Mening ismim....: Nama saya.....
  • Rehmet sizge: Terima kasih

Lihat pula[sunting | sunting sumber]