Arcan Iurie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Arcan Iurie adalah seorang pelatih sepak bola asal Moldova yang merupakan mantan pelatih Persebaya Surabaya pada musim 2008. Iurie pertama kali datang ke Indonesia pada 2005 dan dia langsung melatih Persija Jakarta. Prestasinya bisa dibilang lumayan untuk pelatih pendatang kala itu. Pria yang beristrikan Santi Sucihati itu sukses membawa Persija ke final Divisi Utama Liga Indonesia 2005, sayang, timnya kalah dari Persipura Jayapura 0–2. Lagi-lagi, Persija asuhannya harus kalah 3–4 dari Arema Malang dalam Final Piala Indonesia.

Semusim setelahnya, dia menangani Persib Bandung untuk Divisi Utama Liga Indonesia 2007, tapi pada pertengahan putaran kedua, dia mengundurkan diri dan digantikan oleh Jajang Nurjaman dan Robby Darwis.

Saat Badan Liga Indonesia memulai sistem regulasi terbaru untuk Liga Indonesia dengan mengadakan Liga Super Indonesia mulai musim 2008/2009, dia ditunjuk melatih Persik Kediri hingga akhir musim. Namun, lagi-lagi kontrak itu tak dijalaninya selama semusim karena Persik melakukan rasionalisasi gaji sebesar 60%. Dia lebih memilih mengundurkan diri.

Tapi keberuntungan Iurie sepertinya masih ada, salah satu klub besar yang bermain di musim 2008, Persebaya mengontraknya dari putaran kedua menggantikan posisi Freddy Muli.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]