Arab Maghrib

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Negara-negara Uni Maghreb

Arab Maghrib atau Maghreb (Arab: المغرب العربي, al-maghrib al arabi, Berber: Tamazgha) merujuk pada lima negara di Afrika Utara. Maghreb merupakan istilah dalam bahasa Arab, yang berarti "tempat matahari terbenam" atau "barat" (dari perspektif Arab). Istilah ini kini merujuk pada Maroko, Aljazair, Tunisia, Libya, Mauritania, dan wilayah sengketa Sahara Barat. Sebelum pendirian negara-negara modern di wilayah ini pada abad ke-20, istilah "Maghreb" merujuk pada wilayah yang lebih kecil antara pegunungan Atlas di selatan dengan laut Tengah di utara, sehingga tidak meliputi sebagian besar Libya dan Mauritania. Kadang-kadang, setelah Islam masuk ke wilayah ini, istilah ini juga meliputi wilayah Al-Andalus, Sisilia, dan Malta.

Wilayah ini disatukan sebagai entitas politik yang independen oleh kerajaan Numidia, dan nantinya oleh penaklukan Islam (awal abad ke-8). Unifikasi terpanjang dilakukan pada masa Murabitun dan Muwahidun antara 1040 hingga 1269.

Pada tahun 1989, Uni Maghreb didirikan untuk kerjasama dan integrasi ekonomi wilayah ini. Uni ini divisikan oleh Muammar al-Gaddafi sebagai negara Arab, tanpa memperhatikan identitas Berber pada penduduk Afrika Utara. Uni Maghreb meliputi Sahara Barat dibawah keanggotaan Maroko,[1] sehingga mengakhiri perang dingin panjang antara Maroko dengan Aljazair. Akan tetapi, perkembangan ini tidak berlangsung lama. Uni ini kini beku. Ketegangan mengenai status wilayah Sahara Barat antara Aljazair dan Maroko muncul kembali, ditambah dengan isu perbatasan yang belum selesai antara kedua negara. Dua konflik utama ini telah menghalami perkembangan tujuan uni.[2]

Pergerakan Berber di Afrika Utara tidak suka dengan istilah "Maghreb", karena istilah ini berasal dari bahasa Arab dan dituduh merupakan hasil dari ambisi ekspansionis Arab. Istilah alternatif orang-orang Berber untuk "Maghreb" adalah Tamazgha,[3] yang terus dipopulerkan oleh aktivis-aktivis Berber.

Wilayah[sunting | sunting sumber]

Wilayah modern[sunting | sunting sumber]

Wilayah pada abad pertengahan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "L'Union du Maghreb arabe". Diakses 2010-05-17. 
  2. ^ "Maghreb". The Columbia Encyclopedia, Sixth Edition. 2001-05. Diakses 2007-07-11. 
  3. ^ "Tamazgha, North African Berbers". Diakses 2010-02-09. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]