Angkatan Udara Republik Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Pesawat F-16 dari Angkatan Udara Republik Tiongkok (Taiwan).

Angkatan Udara Republik Tiongkok (Bahasa Mandarin: 中华民国空军; pinyin : Zhonghua Minguo Kongjun) adalah penerbangan cabang angkatan bersenjata Republik Tiongkok (Taiwan). Misi utama Angkatan Udara Republik Tiongkok adalah pertahanan wilayah udara di atas dan di sekitar Taiwan. Prioritas dari Angkatan Udara Republik Tiongkok mencakup pengembangan pengintaian jarak jauh dan jaringan pengawas, mengintegrasikan sistem C4ISTAR untuk meningkatkan efektivitas pertempuran, pengadaan senjata counterstrike, pejuang generasi berikutnya, dan pengerasan lapangan udara dan fasilitas lainnya untuk bertahan dari serangan tiba-tiba.

Pada bulan Mei 2005, Departemen Pertahanan Nasional menunjukkan keinginannya untuk mentransfer komando semua sistem rudal defensif untuk Angkatan Udara Republik Tiongkok, sementara rudal ofensif di masa mendatang akan ditempatkan di bawah perintah rudal yang baru dibentuk. Pada 2006, semua jarak menengah dan panjang unit SAM dipindahkan dari Komando Rudal Angkatan Darat Republik Tiongkok untuk Angkatan Udara Republik Tiongkok, sementara unit keamanan pangkalan udara Angkatan Udara Republik Tiongkok dipindahkan ke Polisi Militer Angkatan Darat Republik China. Tapi itu terungkap pada bulan Januari 2011, 5 tahun masalah panjang mengintegrasikan mereka jangka panjang ex-Republik China Army unit SAM Angkatan Udara Republik Tiongkok yang telah memaksa perintah Angkatan Udara Tinggi Republik Tiongkok memutuskan untuk mengembalikan unit-unit ke Komando Rudal Angkatan Darat Republik Tiongkok. Command Rudal kini berada langsung di bawah kendali GHQ Pertahanan Kementerian.

Pada bulan Juli 2010, mantan deputi Angkatan Udara Amerika Serikat di bawah sekretariat untuk urusan internasional, Bruce Lemkin mengatakan bahwa kemampuan Taiwan untuk mempertahankan wilayah udaranya telah terdegradasi karena penuaan pejuang dan bahwa penjualan pesawat tempur baru ke Taiwan merupakan prioritas yang mendesak. Pada tanggal 21 September 2011, ia mengumumkan bahwa AS telah setuju untuk meningkatkan ke F16 dengan dana US $ 5 miliar. Pada 2012, Nabors Rob menulis bahwa Amerika Serikat sedang mempertimbangkan penjualan pesawat tempur ke Republik Tiongkok.

Referensi[sunting | sunting sumber]