Amedeo III dari Savoia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Amadeus III dari Savoy)
Langsung ke: navigasi, cari

Amedeo III dari Savoia (10951148) adalah seorang Comte Savoia dan Maurienne dari tahun 1103 sampai kematiannya. Ia juga diketahui sebagai seorang tentara salib.[1]

Ia dilahirkan di Carignano Piemonte putra dari Umberto II dari Savoia dan Gisèle dari Bourgogne, putri Guillaume I dari Bourgogne. Ia meneruskan jabatan ayahandanya sebagai Comte Savoia setelah kematiannya. Amadeo memiliki kecenderungan membesar-besarkan gelarnya, dan juga mengklaim sebagai Adipati Lombardia, Adipati Bourgogne, Adipati Chablais, dan pendeta dari Kekaisaran Romawi Suci, yang terakhir telah diberikan kepada ayahandanya oleh Heinrich IV, Kaisar Romawi Suci.

Ia membantu memulihkan Biara St. Maurice dari Agaune, dimana para mantan raja Bourgogne dimahkotai, dan dimana ia sendiri menjadi kepala biara sampai tahun 1147. Ia juga mendirikan Biara Santo Sulpicius di Bugey, Biara Tamié di Bauges, dan Biara Hautecombe di Lac du Bourget.

Pada tahun 1128, Amedeo meluaskan kerajaannya, yang dikenal sebagai "Chablais Lama", dengan menambahkan wilayah yang membentang dari Arve hingga ke Dranse d'Abondance, yang kemudian disebut "Chablais Baru" dengan ibukotanya di Saint-Maurice. Meskipun ia telah menikah dengan Maud, ia masih bertikai dengan saudara iparnya Guigues, yang tewas terbunuh di dalam Pertempuran Montmeillan. Berikut ini, Raja Louis VI dari Perancis, menikahi saudari Amedeo Adelaide dari Maurienne, berusaha untuk menyita Savoia. Amedeo diselamatkan oleh perantaraan Pierre sang Pertapa, dan dengan janjinya untuk berpartisipasi di dalam rencana Perang Salib Louis.

Pada tahun 1147, ia menemani keponakannya Louis VII dari Perancis dan istrinya Aliénor dari Aquitaine pada Perang Salib Kedua. Ia membiayai ekspedisinya dengan bantuan dari pinjaman Biara Santo Maurice. Didalam rombongannya terdapat banyak cukong dari Savoia, termasuk beberapa maharaja dari Faucigny, Seyssel, La Chambre, Miolans, Montbel, Thoire, Montmayeur, Vienne, Viry, La Palude, Blonay, Chevron-Villette, Chignin, dan Châtillon. Amedeo melakukan perjalanan ke arah selatan melalui Italia ke Brindisi, dimana ia menyeberangi Durazzo, dab berbaris di sepanjang timur Via Egnatia untuk menemui Louis di Konstantinopel pada akhir tahun 1147. Setelah menyeberang ke Anatolia, Amedeo, yang memimpin barisan depan, menjadi terpisah dari Louis didekat Laodicea, dan pasukan Louis hampir seluruhnya hancur.

Berbaris ke Adalia, Louis, Amedeo, dan para baron lainnya memutuskan untuk melanjutkan ke Antiokhia dengan kapal. Didalam perjalanan, Amedeo jatuh sakit di Siprus, dan meninggal di Nikosia pada bulan April 1148. Ia dimakamkan di dalam Gereja St. Croix di Nikosia. Di Savoia, putranya Umberto III menggantikannya sebagai Comte Savoia dibawah perwalian uskup Amédée dari Lausanne.

Keluarga dan Keturunan[sunting | sunting sumber]

Ia tidak memiliki keturunan dengan istri pertamanya Adélaïde dari Savoia. Pada tahun 1123 ia menikahi Mahaut (atau Mafalda, atau Matilda) dari Albon, saudari Guigues IV dari Dauphinois, dengan siapa ia memiliki sepuluh orang anak:

  1. Alice atau Elisa dari Savoia (1120-?) menikah dengan Umberto dari Beaujeu
  2. Mafalda (Mahaut), (1125-1158), menikah dengan Afonso I dari Portugal
  3. Agnese dari Savoia (1125-1172), menikah dengan Guillaume I dari Jenewa
  4. Umberto III (1136-1188)
  5. Giovanni dari Savoia
  6. Pietro dari Savoia
  7. Guglielmo dari Savoia
  8. Margherita dari Savoia (meninggal 1157)
  9. Isabella dari Savoia
  10. Giuliana dari Savoia (meninggal 1194), kepala biarawati Santo André-le-Haut

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) "Beginnings: The Early Counts of Savoy (1003-1323)" (asp). Diakses 2012-08-18. 


Amedeo III dari Savoia
Lahir: 1095 Wafat: 1148
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Umberto II
Comte Savoia
1103–1148
Diteruskan oleh:
Umberto III