Alain IV dari Bretagne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Alain IV, Adipati Bretagne)
Langsung ke: navigasi, cari
Alain IV
Alain Fergent, duc de Bretagne.jpg
Adipati Bretagne
Memerintah 1072/84-1112
Pendahulu Hoël II & Havoise
Pengganti Conan III
Wali Hoël II
Pasangan Constance dari Normandia
Ermengarde dari Anjou (wafat 1146)
Anak
Conan III
Geoffroy
Havoise, Comtesse Flandria
Wangsa Wangsa Cornouaille
Ayah Hoël II
Ibu Havoise
Lahir sebelum tahun 1060
Meninggal 13 Oktober 1119
Biara Redon
Agama Gereja Katolik Roma

Alain IV Fergant (wafat 13 Oktober 1119) merupakan seorang Adipati Bretagne, dari tahun 1084 sampai ia mengabdikasikan dirinya pada tahun 1112. Ia juga merupakan Comte Nantes dan Comte Rennes. Ia merupakan putra Havoise dan Adipati Hoël II. Ia dikenal sebagai Alain Fergent atau Fergant, yang di dalam Bahasa Breton berarti "Alain yang Kuat". Melalui ayahandanya, ia merupakan anggota Wangsa Cornouaille, (Bahasa Breton: Wangsa Kerne)

Konflik Normandia[sunting | sunting sumber]

Persaingan lama di antara Bretagne dan Normandia berlanjut menjelang abad ke-11. Perang Breton-Normandia pada tahun 1064–1065 merupakan hasil dukungan William I dari Inggris terhadap para pemberontak di Bretagne melawan kakek Alain, Conan II. Untuk menghindari ketegangan selanjutnya selama serangannya di Inggris, William I menikahkan putrinya Constance kepada adipati yang baru Alain pada tahun 1087.[1] Upacara pernikahan tersebut diselenggarakan di Bayeux, Normandia. William dari Malmesbury menulis bahwa Constance tidak populer di wangsa Breton karena sikapnya yang "membeda-bedakan dan konservatif".[1] William dari Malmesbury juga menyatakan bahwa Alain IV meracuni Constance, namun hal tersebut belum terbukti kebenarannya[1] Akan tetapi, Ordericus Vitalis menulis bahwa Constance berusaha semaksimal mungkin untuk memajukan kesejahteraan Breton, yang sangat berkabung atas kematiannya pada tahun 1090.[1]

Pada tahun 1092 Alain IV menyumbangkan properti kepada Biara Redon oleh piagam, dan pada tahun 1093 menikahi Ermengarde dari Anjou (wafat 1146), sebagai suatu persekutuan politik dengan Foulques IV dari Anjou untuk melawan pengaruh Anglo-Norman.[1]Dengan Ermengarde ia memiliki dua orang putra, Geoffroy, yang mati muda, dan Conan, dan seorang putri, Havoise (yang menikahi Comte Baudouin VII dari Flandria), yang kemungkinan dinamakan sama seperti ibunda Alain.[1]

Perang Salib[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1098 Alain pergi ke Perang Salib Pertama, meninggalkan Ermengarde sebagai walinya, dan kembali pada tahun 1101.

Abdikasi dan Kematian[sunting | sunting sumber]

Alain IV mengabdikasikan dirinya pada tahun 1112, ia dan Ermengarde berpisah setelah itu. Mantan Adipati tersebut mengundurkan dirinya ke Biara Redon, dimana ia meninggal di sana pada tahun 1119.

Ia memiliki seorang anak haram yang bernama Brien FitzCount.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f Brittany Genealogy extracted Feb 1, 2008

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Havoise
Hoël II
Wali dari tahun 1072-1084
Adipati Bretagne
1084–1112
Diteruskan oleh:
Conan III