Karakter tanggapan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Karakter tanggapan atau karakter balas dalam teknologi informasi adalah sebuah transmisi yang dikirimkan oleh pihak station penerima dalam jaringan kepada pihak pengirim bahwa data yang dikirimkan telah diterima dengan sempurna tanpa ada kesalahan.

Masalah[sunting | sunting sumber]

Jika station penerima menemukan bahwa transmisi data mengalami keterlambatan atau tidak sampai ke tujuan, maka station penerima akan mengirimkan sinyal NAK (Negative Acknowledgment) yang menandakan bahwa data yang dikirimkan oleh pengirim tidak sampai dan memintanya untuk mengirim kembali data yang sama.

Pengertian protokol[sunting | sunting sumber]

(TCP) merupakan salah satu contoh protokol yang menggunakan sinyal acknowledgment untuk menjamin data yang dikirim tersampaikan dengan sempurna. Ketika sebuah aliran paket-paket data TCP dikirim melalui jaringan, setiap paket akan berisi sebuah nomor acknowledgment yang digunakan sebagai nomor urut dari paket selanjutnya yang harus diterima oleh station selanjutnya. Protokol TCP dapat menggunakan ACK untuk mengirimkan acknowledgment terhadap sekumpulan paket yang diterima, daripada harus mengirimkan sinyal acknowledgment untuk setiap paket, yang mungkin nantinya akan menyebabkan pemborosan bandwidth. Sebuah paket TCP yang dikirimkan sebagai paket acknowledgment memiliki bendera karakter tangggapan dalam 'kepalanya diatur ke angka 1.