3D film

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sebuah 3D atau Film 3-D (tiga dimensi) atau Film S3D (3D stereoscopic) adalah sebuah film yang meningkatkan ilusi persepsi kedalaman.

Berasal dari fotografi stereoskopik, sistem kamera film biasa digunakan untuk merekam gambar seperti yang terlihat dari dua perspektif (atau komputer-generated imagery menghasilkan dua perspektif dalam pasca-produksi), dan hardware proyeksi khusus dan atau kacamata yang digunakan untuk menyediakan ilusi kedalaman ketika melihat film. Film 3D tidak terbatas untuk fitur film teater rilis, siaran televisi dan direct-to-video yang film juga telah memasukkan metode yang serupa, terutama sejak munculnya televisi 3D dan Blu-ray 3D.

Film 3D telah ada dalam beberapa bentuk sejak 1915, namun sebagian besar telah diturunkan ke ceruk di industri film karena hardware yang mahal dan proses yang diperlukan untuk menghasilkan dan menampilkan film 3D, dan kurangnya format standar untuk semua segmen bisnis hiburan. Meskipun demikian, film 3D yang mencolok ditampilkan pada tahun 1950 di bioskop Amerika, dan kemudian mengalami kebangkitan di seluruh dunia pada 1980-an dan 1990-an didorong oleh teater IMAX high-end dan Disney bertema-tempat. Film 3D menjadi lebih dan lebih sukses sepanjang 2000-an, yang berpuncak pada keberhasilan belum pernah terjadi sebelumnya dari presentasi 3D Avatar pada bulan Desember 2009 dan Januari 2010.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]