Lompat ke isi

Con Air

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Con Air
Poster rilis teatrikal
SutradaraSimon West
ProduserJerry Bruckheimer
Ditulis olehScott Rosenberg
PemeranNicolas Cage
John Cusack
John Malkovich
Penata musikMark Mancina
Trevor Rabin
SinematograferDavid Tattersall
PenyuntingChris Lebenzon
Steve Mirkovich
Glen Scantlebury
Perusahaan
produksi
DistributorBuena Vista Pictures
Tanggal rilis
  • 6 Juni 1997 (1997-06-06)
Durasi115 menit (asli)
122 menit (ekstended)
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$75 juta[1]
Pendapatan
kotor
$224 juta[1]

Con Air adalah sebuah film aksi Amerika 1997 yang disutradarai oleh Simon West dan diproduksi oleh Jerry Bruckheimer, produser The Rock. Film tersebut dibintangi oleh Nicolas Cage, John Cusack, dan John Malkovich. Film tersebut mendapatkan judulnya dari julukan Sistem Transportasi Orang Asing dan Tahanan Keadilan.[2]

Con Air dirilis secara teatrikal di tanggal 6 Juni 1997 oleh Buena Vista Pictures melalui Touchstone Pictures dan sukses di box office, meraup lebih dari $224 juta dengan anggaran produksi sebesar $75 juta. Film ini mendapat tinjauan beragam dari para kritikus dengan pujian atas akting, skor musik, dan rangkaian aksinya. Film ini mendapatkan pengikut setia di kalangan penggemar Nicolas Cage. Ia menerima nominasi Oscar untuk Suara Terbaik dan Lagu Asli Terbaik untuk "How Do I Live", yang dibawakan dengan soundtrack oleh Trisha Yearwood.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

C-123 yang digunakan untuk adegan taksi di Bandar Udara Wendover, sekitar 2011.

Dengan unit kerja kedua dimulai di tanggal 24 Juni 1996, fotografi utama dimulai segera setelahnya di Salt Lake City, di tanggal 1 Juli 1996 dan berlanjut hingga 29 Oktober 1996, di sejumlah lokasi. Sementara sebagian besar interior pesawat angkut Penyedia Fairchild C-123 difilmkan di panggung suara Hollywood Center Studios #7, Bandara Wendover di Utah, sebagai pengganti Lapangan Terbang Lerner fiksi, digunakan untuk adegan terbang dan taksi C-123 . Sutradara Simon West memilih daerah Wendover yang tandus dan terpencil "karena terlihat seperti permukaan bulan... Ide saya adalah bahwa daerah tersebut sempurna untuk narapidana yang telah dikurung selama 10, 20, 30 tahun di sel kecil." Pangkalan pengebom masa perang yang lama juga digunakan untuk adegan boneyard pesawat, sedangkan kolam renang asli di pangkalan tersebut digunakan dalam adegan dimana Garland Greene sedang berbicara dengan seorang gadis muda.

Di tanggal 29 Agustus 1996, Phillip Swartz, seorang tukang las yang dipekerjakan oleh Special Effects Unlimited, sebuah perusahaan yang berbasis di Los Angeles, tewas tertimpa di Wendover ketika model statis C-123 yang digunakan dalam film tersebut menimpanya. Kredit film diakhiri dengan "In Memory of Phil Swartz".

Lokasi syuting lainnya termasuk Bandara Ogden tempat pertukaran tahanan terlihat. Adegan di mana sayap kiri pesawat menabrak tanda Fender Stratocaster di Hard Rock Hotel and Casino (yang kemudian menjadi tuan rumah pemutaran perdana film tersebut ), difilmkan menggunakan replika tanda gitar dan model miniatur Jailbird. Lokasi kecelakaan difilmkan di Sands Hotel sebelum pembongkarannya di tanggal 26 November 1996. Produser Jerry Bruckheimer menemukan tempat yang tepat untuk klimaks final, awalnya direncanakan untuk kecelakaan di Gedung Putih, tapi Las Vegas lebih sesuai dengan tema dan permainan visual narapidana "menguangkan". "Kami sangat beruntung... Bagaimanapun, The Sands akan dibongkar. Mereka meledakkan menaranya sendiri. Kami mengatur untuk meledakkan bagian depan gedung." Terowongan Jalan ke-2 di Los Angeles juga digunakan untuk adegan kejar-kejaran terowongan didekat akhir film.

Tiga C-123 digunakan selama produksi dan dicat dengan corak Jailbird. Model terbang C-123 sebenarnya yang digunakan selama adegan penerbangan dalam film tersebut memiliki serangkaian pemilik militer dan swasta. Di bulan Desember 2003 dijual ke All West Freight Inc. di Delta Junction, Alaska. Di tanggal 1 Agustus 2010, C-123 hancur ketika jatuh di Gunung Healy di Taman Nasional Denali di Alaska. Tiga awak pesawat tewas dalam kecelakaan itu. C-123 lainnya, yang sebelumnya terdaftar sebagai N94DT, digunakan untuk lokasi kecelakaan di Las Vegas dan kemudian dibatalkan setelah produksi. Model film Jailbird ketiga yang digunakan untuk adegan taksi kemudian disumbangkan oleh pembuat film ke Historic Wendover Airfield Foundation, dan tetap dipajang di jalan sebagai daya tarik bagi pengunjung.

Film ini menggunakan beberapa model yang sangat detail di skala 1/15, dan banyak pesawat militer dan swasta yang dirakit untuk adegan boneyard di gurun pasir.

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Con Air
Album lagu tema karya Trevor Rabin, Mark Mancina
Dirilis17 Juni 1997
GenreSoundtrack
LabelHollywood Records

Film tersebut menampilkan singel hit "How Do I Live", yang ditampilkan oleh Trisha Yearwood untuk film tersebut namun aslinya direkam oleh LeAnn Rimes.[3][Note 1]

Album soundtrack Con Air berisi dua lagu yang ditampilkan dalam film tersebut: "How Do I Live", yang ditulis oleh Diane Warren dan ditampilkan oleh Trisha Yearwood dan "Sweet Home Alabama" oleh Lynyrd Skynyrd.[4]

  1. "Con Air Theme" – 1:34
  2. "Trisha" – 1:04
  3. "Carson City" – 3:05
  4. "Lear Crash" – 4:44
  5. "Lerner Landing" – 3:28
  6. "Romantic Chaos" – 1:23
  7. "The Takeover" – 3:52
  8. "The Discharge" – 1:09
  9. "Jailbirds" –:59
  10. "Cons Check Out Lerner" – 1:56
  11. "Poe Saves Cops" – 2:25
  12. "The Fight" –:23
  13. "Battle In The Boneyard" – 7:41
  14. "Poe Meets Larkin" – 1:16
  15. "Bedlam Larkin" –:49
  16. "Fire Truck Chase" – 4:22
  17. "Overture" – 4:19

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Film laris[sunting | sunting sumber]

Con Air dibuka di 6 Juni 1997 di 2.824 layar di Amerika Serikat dan Kanada dan meraup $24,1 juta di akhir pekan pembukaannya, menduduki puncak box office AS diatas The Lost World: Jurassic Park. Untuk akhir pekan keduanya, film ini turun ke posisi kedua dibelakang Speed ​​​​2: Cruise Control, namun masih menghasilkan $15,7 juta. Ini juga dibuka di Inggris, Hong Kong, Israel dan sebagian Amerika Latin termasuk Brasil dan Meksiko dengan pendapatan kotor $5 juta di akhir pekan, dengan total pembukaan di seluruh dunia sebesar $29 juta. Di AS dan Kanada, film tersebut meraup $15,7 juta di akhir pekan kedua dan $10,4 juta di akhir pekan ketiga, masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga.

Film ini meraup $101,1 juta di Amerika Serikat dan Kanada, dan $122,9 juta di wilayah lain, dengan total $224 juta di seluruh dunia.

Tanggapan kritis[sunting | sunting sumber]

Menurut agregator ulasan Rotten Tomatoes, 58% dari 71 kritikus memberikan ulasan positif untuk film tersebut, dengan rating rata-rata 5,7/10. Para kritikus situs web tersebut membaca konsensus, "Con Air tidak akan memenangkan penghargaan apapun karena dapat dipercaya – dan semua yang terlibat tampaknya dengan senang hati menyadarinya, membuat beberapa kelemahan terbesar film aksi blockbuster ini cukup mudah untuk dimaafkan." Di Metacritic, film tersebut memiliki skor rata-rata tertimbang 52 dari 100, berdasarkan 23 kritik, yang menunjukkan "ulasan campuran atau rata-rata". Penonton yang disurvei oleh CinemaScore memberi film tersebut nilai rata-rata "B+" pada skala A+ hingga F.

Roger Ebert, yang mengulas film tersebut untuk Chicago Sun-Times, menganugerahinya tiga dari empat bintang, dengan mengatakan bahwa film tersebut "bergerak dengan lancar dan dengan gaya visual serta kecerdasan verbal." Janet Maslin, pengulas untuk The New York Times menganggap Con Air sebuah contoh dari "genre perjalanan menegangkan". Sebaliknya, pengulas Rolling Stone Peter Travers mengecam "flip, hip" dan pada akhirnya, "menyedihkan ... menjadi kaki tangan" yang ada dalam perawatan tersebut.

Andrew Johnston, pengulas Time Out New York, menyatakan : "Meninggalkan The Rock musim panas lalu, saya pikir secara fisik tampaknya mustahil untuk membuat film aksi yang lebih berlebihan. Itu adalah pandangan yang sempit bagi saya, sejak saat itu hanya masalah waktu sampai produser Jerry Bruckheimer mencapai puncaknya seperti yang ia lakukan dengan Con Air yang sangat menghibur."

Maxim menempatkan kecelakaan pesawat klimaks film tersebut di Las Vegas di urutan teratas daftar "Sepuluh Kecelakaan Pesawat Film Paling Mengerikan" di tahun 2007, sebuah keputusan yang dicemooh oleh Wired.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan

  1. ^ Walt Disney Motion Picture Group (yang punya Touchstone Pictures) awalnya memilih versi Rimes namun karena versi tersebut terlalu berasa pop, versi Trisha Yearwood digunakan sebagai penggantinya. Kedua versi tersebut dirilis pada 27 Mei 1997.[3]

Kutipan

  1. ^ a b "Con Air. Box Office Mojo. Diakses pada: 23 April 2015.
  2. ^ Rigoulot, Leslie. "Con Air: About The Production." Film Scouts, 2008. Diakses pada: 20 Desember 2011.
  3. ^ a b "Leann Rimes, Music: How Do I Live / My Baby." Amazon.com. Diakses pada: 21 Desember 2011.
  4. ^ LaSalle, Mick. "Con Job: Nicolas Cage drives his newest action vehicle into a wall, where it explodes." San Francisco Chronicle, 6 Juni 1997. Diakses pada: 19 Desember 2011.

Daftar pustaka

  • Bateman, Ronald R. Wendover Wings of Change: A History. Wendover, Utah: Ronald R. Bateman, 2004. ISBN 0-9745983-2-1.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]