Lompat ke isi

Bukit Teletubbies, Jayapura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bukit Tungkuwiri, atau Bukit Teletubbies, di Kabupaten Jayapura.

Bukit Teletubbies Jayapura atau yang disebut oleh masyarakat Doyo Lama sebagai Bukit Tungkuwiri merupakan objek wisata yang berlokasi di Kampung Doyo Lama, Waibu, Kabupaten Jayapura Papua.[1] Bukit Tungkuwiri bersebelahan dengan Danau Sentani di kawasan Pegunungan Cycloop,berjarak 20 menit dari Bandar Udara Sentani.

Pemandangan pada sore hari Bukit Tungkuwiri,2024

Nama Bukit Tungkuwiri berasal dari kata tungku dan wiri berarti gunung dan yang merupakan bahasa asli kampung Doyo Lama. Sedangkan julukan Bukit Teletubbies dibuat oleh wisatawan karena memiliki bentuk yang hampir sama seperti perbukitan yang terdapat pada serial anak-anak Teletubbies.[1] Pada saat ini dikenakan biaya tarif masuk sebesar 10 ribu Rupiah untuk kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat 20 ribu Rupiah.

Saat ini Bukit Tungkuwiri dalam pengembangan tata kelola lingkungan wisata.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Teras.id (2020-01-11). Kustiani, Rini, ed. "Wisata Bukit Tungku Wiri, Bukit Teletubbies di Jayapura". Tempo.co. Diakses tanggal 2020-03-14. 

2.Setiawan, Azhari. (2021-08-22).Menikmati Keindahan Panorama Bukit Tungkuwiri Saat Matahari Terbenam. Wonderful Indonesia.Diakses tanggal 2024-06-06.

Referensi[sunting | sunting sumber]