Basilika Santo Miniatus dari Gunung, Firenze

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santo Miniatus dari Gunung
Basilika Minor Santo Miniatus dari Gunung
bahasa Italia: Basilica di San Paterniano
Basilika Santo Miniatus dari Gunung
LokasiFirenze
Negara Italia
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
Didirikan1018
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
GayaRomanesque
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Firenze

Basilika Santo Miniatus dari Gunung (bahasa Italia: Basilica di San Miniato al Monte) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Firenze, Toskana, Italia tengah. Gereja ini berdiri di puncak salah satu titik tertinggi di kota. Bangunan ini digambarkan sebagai salah satu bangunan Romawi terbaik di Toskana dan salah satu gereja paling indah di Italia. Terdapat biara Olivetan yang bersebelahan, terlihat di sebelah kanan basilika ketika menaiki tangga.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

St. Miniatus atau Minas (bahasa Armenia: Մինաս) adalah seorang pangeran Armenia yang bertugas di tentara Romawi di bawah Kaisar Decius.[2] Ia dinyatakan sebagai seorang Katolik setelah menjadi seorang pertapa dan dibawa ke hadapan Kaisar yang berkemah di luar gerbang Firenze. Kaisar memerintahkan dia untuk dilemparkan ke binatang buas di Amfiteater di mana seekor macan kumbang dipanggil tetapi menolak untuk melahapnya. Dipenggal di hadapan Kaisar, dia diduga telah mengangkat kepalanya, menyeberangi Arno dan berjalan mendaki bukit Mons Fiorentinus menuju pertapaannya.[3] Sebuah gereja kemudian didirikan di tempat ini dan terdapat sebuah kapel di sana pada abad ke-8. Pembangunan gereja yang sekarang dimulai pada tahun 1013 oleh Uskup Alibrando dan diberkahi oleh Kaisar Henry II. Biara yang bersebelahan dimulai sebagai komunitas Benediktin, kemudian diteruskan ke Cluniacs dan kemudian pada tahun 1373 ke Olivetans, yang masih menjalankannya. Para biarawan membuat minuman keras, madu dan teh herbal terkenal, yang mereka jual dari toko di sebelah gereja.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Borgi di Toscana: Basilika san minato al Monte, Florence /sanminiatoalmonte/index.html Diarsipkan 19 Juli 2013 di Wayback Machine.
  2. ^ . ISBN 978-1-4021-5933-6.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  3. ^ . ISBN 978-0-520-21522-1 https://archive.org/details/florencegoldenag00bruc_0/page/194.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)