Lompat ke isi

Adriaan van der Stel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Adriaan atau Adriaen van der Stel (meninggal di Ceylon Belanda, 25 Mei 1646) adalah Gubernur Mauritius Belanda antara tahun 1639-1645. Ia digantikan oleh Jacob van der Meersch.

Van der Stel diangkat sebagai gubernur baru pada tanggal 8 November 1639 ketika tiba di Pelabuhan Warwijck seturunnya dari kapal Kappel. Pada tahun pertama pemerintahannya sebagai gubernur, Van der Stel membangun Fort Frederik Hendrik di Nederlands-Mauritius dan mempersenjatainya dengan 14 meriam. Garnisun tersebut dilengkapi dengan 80 serdadu.[1]

Setelah masa jabatannya habis, Van der Stel dipindahkan ke Ceylon, dan memimpin pasukan kecil di sana. Van der Stel dibunuh oleh pasukan Rajasinha II dari Kandy dalam suatu huru-hara. Kepalanya dipenggal dan dikirim dalam kain perak.

Adriaan van der Stel menikah dengan Maria Lievens, wanita berdarah Belanda-Melayu (sumber lain menyebutkan Belanda-India) di Batavia (kini Jakarta) pada tanggal 24 Maret 1639. Dari pernikahan tersebut, lahirlah Simon van der Stel, yang kelak menjadi komandan (kemudian gubernur) di Nederlandse Kaapkolonie.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ VOCsite Mauritius, diakses 1 Mei 2007
Didahului oleh:
Cornelis Gooyer
Gubernur Mauritius Belanda
1639-1635
Diteruskan oleh:
Jacob van der Meersch