Lompat ke isi

Jerry Bruckheimer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jerry Bruckheimer
LahirJerome Leon Bruckheimer
Kebangsaan Amerika Serikat
Karya terkenalTop Gun
The Rock
Armageddon
Enemy of the State
CSI: Crime Scene Investigation
The Amazing Race
Black Hawk Down
Pirates of the Caribbean
King Arthur
National Treasure
IMDB: nm0000988 Allocine: 41007 Allmovie: p83309
Twitter: BRUCKHEIMERJB Musicbrainz: 66cfbc1b-d4b6-46fb-acb4-17315454d76f Discogs: 438355

Jerome Leon Bruckheimer ( lahir 21 September 1943 ) adalah seorang produser film dan televisi Amerika. Ia aktif dalam genre aksi, drama, komedi, fantasi, horor, dan fiksi ilmiah. Setelah bekerja di bidang periklanan setelah lulus kuliah, Bruckheimer pindah ke produksi film di tahun 1970-an. Dia bermitra dengan sesama produser Don Simpson di 1980-an dan 1990-an. Kemitraan Bruckheimer dan Simpson berlanjut hingga kematian Simpson di tahun 1996. Bruckheimer telah memproduksi film termasuk Flashdance, The Rock, Crimson Tide, Dangerous Minds, Con Air, Armageddon, Enemy of the State, Pearl Harbor, Black Hawk Down, serta Beverly Hills Waralaba Cop, Top Gun, Bad Boys, Pirates of the Caribbean, dan National Treasure.

Di pucuk pimpinan perusahaan produksi self-titled-nya, film-filmnya telah didistribusikan oleh berbagai studio film seperti Paramount Pictures, Sony Pictures dan Disney, sementara karya televisinya diproduksi bersama oleh Warner Bros. Television dan CBS Studios. Di bulan Juli 2003, Bruckheimer diberi penghargaan oleh Variety sebagai orang pertama dalam sejarah Hollywood yang memproduksi film terlaris pertama dan kedua dalam satu akhir pekan : Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl dan Bad Boys II. Di tahun 2023, Top Gun: Maverick membuatnya mendapatkan nominasi Film Terbaik di Academy Awards ke-95.

Serial televisinya yang paling terkenal adalah drama televisi CSI :Crime Scene Investigation, CSI : Miami, CSI : NY, CSI: Cyber, Without a Trace, Cold Case, Lucifer, dan serial kompetisi realitas The Amazing Race, yang kemudian menelurkan franchise dengan internasional versi. Untuk yang terakhir, dia memenangkan sepuluh Primetime Emmy Awards. Di tahun 2003, tiga produksi televisinya—CSI: Crime Scene Investigation, Without Trace dan CSI: Miami—menempati sepuluh besar peringkat AS, menjadikannya produser pertama yang mencapai hal ini.

Bruckheimer juga merupakan salah satu pendiri dan pemilik mayoritas ( bersama David Bonderman ) dari Seattle Kraken, tim ekspansi National Hockey League tahun 2021.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Masa muda

Bruckheimer lahir di tanggal 21 September 1943, di Detroit, Michigan, putra seorang imigran Yahudi Jerman. Dia lulus dari Sekolah Menengah Mumford di tahun 1961 di Detroit, di usia 17 tahun, sebelum pindah ke Arizona untuk kuliah. Bruckheimer juga merupakan anggota aktif dari Klub Pengumpul Perangko. Ia lulus dengan gelar di bidang psikologi dari Universitas Arizona. Dia adalah anggota persaudaraan Zeta Beta Tau. Sebagai penggemar film sejak usia dini dan tertarik pada fotografi, Bruckheimer akan mengambil foto jika ada kesempatan. Setelah kuliah, Bruckheimer bekerja di bidang periklanan di Detroit ( produser kreatif ) dan New York City. Di agensi Detroit dia mengerjakan spot iklan satu menit untuk Pontiac GTO baru. Di awal karirnya, Bruckheimer memproduksi iklan televisi, termasuk satu untuk Pepsi.

1970an & 1980an : Dari periklanan hingga produksi film[sunting | sunting sumber]

Bruckheimer mulai memproduksi film di tahun 1970-an setelah meninggalkan pekerjaannya di bidang periklanan, dengan sutradara Dick Richards. Mereka bekerja sama dalam film The Culpepper Cattle Company, Farewell, My Lovely, dan March or Die. Bruckheimer kemudian bekerja dengan Paul Schrader di dua film, American Gigolo dan Cat People, yang mulai memberinya perhatian di Hollywood.

Selama tahun 1980-an dan 1990-an, ia menjadi salah satu produser bersama Don Simpson dari serangkaian film yang sangat sukses untuk Paramount Pictures. Dia pertama kali bertemu Simpson di pemutaran film The Harder They Come di Warner Brothers tahun 1973. Keduanya bekerjasama dan menciptakan hit besar pertama Bruckheimer, Flashdance tahun 1983, yang menghasilkan $95 juta. Dia memiliki sejumlah hits lainnya selama periode waktu itu, termasuk film Beverly Hills Cop, Top Gun, dan Days of Thunder. Top Gun menandai kolaborasi pertamanya dengan sutradara Inggris Tony Scott, yang menyutradarai enam film untuk Bruckheimer. Film Beverly Hills Cop pertama, yang seharusnya dibintangi oleh Sylvester Stallone, meluncurkan karier Eddie Murphy dan hanya dalam lima hari, menjadi rilisan musim dingin terlaris dalam sejarah Paramount. Di tanggal 9 Agustus 1983, Bruckheimer dan Simpson membuat perjanjian tiga tahun dengan Paramount untuk memproduksi proyek teater dan televisi melalui perusahaan Simpson / Bruckheimer Productions yang baru.

Saat bekerja dengan Simpson, Bruckheimer dikenal sebagai "Mr. Outside" karena pengalamannya dalam pembuatan film, sementara Simpson dikenal sebagai "Mr. Inside" karena kontaknya dengan industri film. The Rock adalah film terakhir dimana Bruckheimer berkolaborasi dengan Simpson. Setelah kematian Simpson di tahun 1996, Bruckheimer menetapkan bahwa The Rock didedikasikan untuk mengenang Simpson.

1990-an: Film beranggaran besar[sunting | sunting sumber]

Di tahun 1990, Bruckheimer dan Simpson mencapai kesepakatan senilai $500 juta dengan Paramount untuk memproduksi lima film, seluruhnya merupakan pilihan mereka. Namun, produksi film Days of Thunder di tahun 1990, yang dibintangi oleh Tom Cruise, tidak tampil sebaik yang diharapkan, yang merupakan langkah mundur dalam kisah sukses Bruckheimer-Simpson. Duo ini kembali lagi di tahun 1994, dengan film berbiaya rendah ( $12 juta ) The Ref.

Meskipun Simpson meninggal mendadak, Bruckheimer terus memproduksi sejumlah besar film aksi, sering kali bekerjasama dengan sutradara Michael Bay di beberapa film hit box office, termasuk Armageddon. Film populer lainnya yang ia produksi termasuk serial Remember the Titans, Black Hawk Down, dan Pirates of the Caribbean. Bruckheimer juga memperoleh hak untuk memproduksi film berdasarkan permainan peran populer oleh Palladium Books, Rifts. Di akhir tahun 1990an, ia memulai Technical Black Films untuk memproduksi film non-aksi, dengan Remember the Titans menjadi satu-satunya film yang diproduksi.

2000-an: Waralaba, TV, video game[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 1996, Bruckheimer telah merambah ke dunia televisi, menciptakan sejumlah drama polisi yang mana CSI: Crime Scene Investigation menjadi yang paling menonjol di televisi siang hari. Dia juga memproduseri acara permainan realitas The Amazing Race. Di Mei 2008, CBS mengumumkan telah mengambil serial terbaru Bruckheimer, Eleventh Hour, untuk siaran televisi musim 2008-2009. Drama fiksi ilmiah ini mengikuti seorang agen pemerintah dan seorang profesor saat mereka menyelidiki aktivitas ilmiah dan medis yang aneh.

Dari tahun 2004 ( awal CSI : NY ) hingga 2009 (akhir Without a Trace ), Bruckheimer menayangkan enam acara televisi terkenal: CSI: Crime Scene Investigation, CSI: Miami, CSI: NY, Cold Case, Without a Trace dan The Amazing Race. Di satu titik, tiga serial TV-nya berada di peringkat 10 besar.

Di bulan Desember 2007, Bruckheimer mengumumkan rencana untuk bermitra dengan MTV untuk membuat studio game baru. Di tahun yang sama, Bruckheimer bergabung dengan dewan direksi ZeniMax Media dan sejak itu muncul di beberapa pesta peluncuran judul Bethesda Softworks, termasuk Fallout 3, Fallout: New Vegas, dan The Elder Scrolls V: Skyrim. Di tahun 2009, Bruckheimer meluncurkan Jerry Bruckheimer Games, dipimpin oleh mantan Produser Eksekutif Penerbitan Microsoft Studios Jim Veevaert, sebagai Presiden Produksi, dan Jay Cohen, sebelumnya Wakil Presiden Penerbitan AS Ubisoft, sebagai Presiden Pengembangan.

Diumumkan di 10 September 2009, bahwa NBC telah mengambil prosedur tindakan dari Bruckheimer. Acara tersebut, berjudul Chase, "bercerita tentang sebuah tim yang ditugaskan untuk memastikan para penjahat yang buron tidak menghindari keadilan," lapor The Hollywood Reporter. Namun itu dibatalkan di Mei 2011. Skin, yang merupakan produksi Bruckheimer lainnya, dibatalkan di tahun 2003, setelah hanya tiga episode.

2010-an: Produser independen, olahraga[sunting | sunting sumber]

Di tahun 2011, dikabarkan bahwa Jerry Bruckheimer Games sedang mengerjakan tiga judul, namun tidak ada yang membuahkan hasil. Di bulan Maret 2013, Jerry Bruckheimer Games ditutup. Meskipun Jerry Bruckheimer Games ditutup, Bruckheimer masih tetap menjadi Anggota Dewan ZeniMax, sebagian besar karena ia merupakan rekan dekat mantan Presiden ZeniMax Ernest Del, hingga ZeniMax dibeli oleh Microsoft di tahun 2021.

Di tahun 2014, setelah kekecewaan The Sorcerer's Apprentice dan The Lone Ranger, Bruckheimer dan Disney Studios memilih untuk berpisah dengan tidak memperbarui kesepakatan tampilan pertama mereka yang berakhir di tahun itu. Dia menandatangani kontrak tampilan pertama baru dengan Paramount di tahun yang sama dan menyebutkan Beverly Hills Cop baru dan Top Gun 2 sebagai usaha produksi potensial dengan mitra barunya.

Di bulan Juni 2016, Jerry Bruckheimer Television menjadi perusahaan independen, mengakhiri perjanjian eksklusif selama 15 tahun dengan Warner Bros Television. Tahun berikutnya, perusahaan produksi menandatangani kesepakatan dengan CBS Television Studios.

Bruckheimer ditunjuk sebagai salah satu investor dari arena olahraga yang diusulkan di Las Vegas, dan dia dikabarkan menjadi pilihan utama oleh National Hockey League ( NHL) untuk memiliki tim hoki ekspansi yang akan bermain di arena tersebut. Bruckheimer juga ditunjuk sebagai salah satu investor dari tim ekspansi NHL yang berbasis di Seattle, yang lamarannya telah diajukan di awal 2018. Dewan Gubernur NHL memilih untuk menyetujui tim tersebut, bernama Seattle Kraken, di tanggal 4 Desember 2018, yang mulai dimainkan di musim 2021-22. Bruckheimer adalah bagian dari grup investasi yang juga mencakup Tim Leiweke ( Oak View Group ) dan David Bonderman ( pemilik minoritas Boston Celtics NBA ). Di tahun 2020, dilaporkan bahwa kesepakatan penampilan pertamanya dengan Paramount tidak diperpanjang.

Dampaknya terhadap industri film[sunting | sunting sumber]

Produksi dengan keuntungan tinggi[sunting | sunting sumber]

Film Top Gun diproduksi bekerja sama dengan Pentagon untuk mengubah citra Angkatan Laut AS setelah Perang Vietnam dan menarik rekrutan Angkatan Laut baru. Top Gun adalah kolaborasi penuh pertama antara Hollywood dan Angkatan Laut. Model yang dikembangkan oleh Bruckheimer ini meluncurkan tren baru film militer di tahun 1990an dan seterusnya.

Di bulan Juli 2003, Bruckheimer diberi penghargaan oleh Variety sebagai produser pertama dalam sejarah Hollywood yang memproduksi dua film terlaris dalam satu akhir pekan, film teman polisi Bad Boys II dan spin-off taman hiburan Disney, Pirates of the Carribean : The Curse of Black Pearl. Menurut Variety, "sentuhan Bruckheimer" dicirikan oleh "dinamika visual yang tegang dan beroktan tinggi secara konsisten, serta penceritaan yang sama khasnya yang didorong oleh kemenangan yang begitu populer di Madison Avenue".

Serial film Pirates of the Caribbean, yang diproduksi melalui Walt Disney Pictures, sangat menguntungkan dan menunjukkan kemampuan Bruckheimer dalam menciptakan proyek yang menguntungkan. Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl, yang merupakan film pertama dalam franchise tersebut, dirilis di tanggal 9 Juli 2003. Sebuah hit box office, film ini diterima dengan baik oleh para kritikus dan penonton film. Setelah kesuksesan tak terduga dari film pertamanya, Disney mengungkapkan bahwa sebuah trilogi sedang dalam pengerjaan. Pirates of the Caribbean : Dead Man's Chest dirilis di tanggal 7 Juli 2006. Sekuelnya terbukti sangat sukses, memecahkan rekor dunia di hari penayangan perdananya. Akhirnya, film tersebut memperoleh total $1.066.179.725 di box office seluruh dunia, menjadi film ketiga dan tercepat yang mencapai jumlah tersebut. Film ketiga dalam seri ini, Pirates of the Caribbean: At World's End, dirilis di seluruh dunia di tanggal 25 Mei 2007. Dua film lagi, Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides dan Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales, dirilis dirilis, masing-masing di tahun 2011 dan 2017. Secara keseluruhan, franchise film ini telah meraup lebih dari $4,5 miliar di seluruh dunia.

Pandangan tentang pembuatan film[sunting | sunting sumber]

Ketika ditanya apa kewajiban industri film terhadap penontonnya, ia menjawab, "Kami bergerak dalam bisnis transportasi. Kami mengangkut penonton dari satu tempat ke tempat lain." Ketika ditanya mengapa ia membuat film, ia menyatakan, "Jika saya membuat film untuk para kritikus, atau untuk orang lain, saya mungkin akan tinggal di sebuah apartemen studio kecil di Hollywood."

Dalam wawancara tahun 1984 dengan Los Angeles Times, Bruckheimer berkata, "Kami [ dia dan Don Simpson ] menggabungkan semua elemen. Kami memutuskan estetika apa yang tepat untuk sebuah gambar. Kami juga menjadi bagian dari proses seperti halnya sutradara."

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Bruckheimer telah menikah dua kali. Istri pertamanya adalah Bonnie Fishman Bruckheimer. Di tahun 2006, ia tinggal di Los Angeles bersama istri keduanya, novelis Linda Cobb Bruckheimer. Dia memiliki seorang putri tiri, Alexandra. Pasangan ini memiliki sebuah peternakan di Bloomfield, Kentucky, sekitar 20 mil ( 32 km ) tenggara Louisville, serta satu lagi di Ojai, sebelah timur Santa Barbara.

Ketika ditanya tentang film favoritnya, Bruckheimer menyebut The Godfather ( 1972 ), The French Connection ( 1971 ), Good Will Hunting ( 1997 ), dan The 400 Blows ( 1959 ).

Di Mei 2006, ia dianugerahi gelar Doktor Seni Rupa (DFA ) dari Fakultas Seni Rupa Universitas Arizona.

Kegiatan filantropis[sunting | sunting sumber]

Aktivitas filantropis Bruckheimer termasuk secara terbuka mendukung perjuangan melawan multiple sclerosis melalui karyanya dengan The Nancy Davis Foundation untuk MS. Selain itu, sepanjang karirnya, ia telah berjanji untuk membantu berbagai tujuan dengan mendirikan Yayasan Jerry Bruckheimer. Namun menurut The Smoking Gun, terakhir kali Jerry Bruckheimer Foundation memberikan kontribusi adalah di tahun 1995, ketika mereka memberikan $9,350 kepada Van Nuys Prep School.

Bruckheimer telah membantu perbaikan dan restorasi kapal clipper bersejarah, Cutty Sark. Koleksi foto yang diambil oleh Bruckheimer dipajang di London di November 2007 untuk membantu mengumpulkan dana bagi Proyek Konservasi Cutty Sark. Pameran ini menampilkan lebih dari tiga puluh gambar yang diambil di lokasi syuting selama pembuatan film Pirates of the Caribbean: At World's End.

Kontribusi politik

Bruckheimer telah menyumbangkan lebih dari $50.000 untuk kampanye dan komite Partai Republik. Dia menyumbangkan dana untuk kampanye pemilihan presiden John McCain tahun 2008. Dia memberikan $5.000 kepada komite penggalangan dana gabungan atas nama John McCain. Dia menyumbangkan $25.000 ke Dana Kemenangan Mitt Romney 2012.

Filmografi ( produser )[sunting | sunting sumber]

Semua film diproduksi olehnya, kecuali dinyatakan lain.

Film[sunting | sunting sumber]

Tahap produksi:

Film yang sudah dirilis:

Televisi[sunting | sunting sumber]

Film televisi[sunting | sunting sumber]

  • Fearless (2004) TV Movie (co-producer, produser eksekutif)
  • Swing Vote (1999) TV Movie (produser eksekutif)
  • Max Q (1998) TV Movie (produser eksekutif)

Acara realita[sunting | sunting sumber]

Komedi[sunting | sunting sumber]

  • Modern Men (2006) film seri TV (produser eksekutif)

Film seri televisi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]