Indogamers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Logo Indogamers
Situs webhttps://indogamers.com/
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Indogamers adalah komunitas pemain Indonesia yang menyediakan server daring untuk permainan komputer seperti Counter-Strike, Defense of the Ancients, Warcraft III, Lineage C3-C4, Mu Online, A3, Cabal Online, Left4Dead dan World of Warcraft.

Indogamers[1] memiliki lebih kurang 423 ribu pengguna terdaftar dengan rata-rata 4000-5000 pengguna online setiap harinya (secara keseluruhan, dapat mencapai 115.864 anggota hanya untuk satu game saja). Indogamers diklaim sebagai komunitas gamers terbesar di Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Indogamers berawal dari sebuah komunitas yang dikembangkan oleh para Gamers di Indonesia. Indogamers didirikan pada 2003 oleh Juny Maimun[2] atau yang lebih dikenal dengan nama Acong[3] bersama dengan beberapa rekan lainnya.

Indogamers hadir ketika game online di Indonesia belum berkembang pesat seperti sekarang. Dengan visi dan misi mengembangkan komunitas gamers Indonesia untuk dapat bersosialisasi dengan mudah maka dibentuklah wadah dengan media forum yang dikenal dengan nama Indogamers Forum.

Selain forum untuk para gamers, Indogamers yang dibangun dari fondasi komunitas juga memberikan sarana lain kepada para gamers Indonesia dengan membuka server game-game online seperti layaknya yang dilakukan oleh para publisher game. Tentu saja dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Setelah tumbuh besar bersama komunitas, lahirlah Indogamers.com sebagai portal media nasional yang berkonsentrasi pada konten game, esports, gadget dan movie pada 2013. Kemudian, portal Indogamers mengalami perubahan signifikan pada awal 2024. Perubahan meliputi mockup portal hingga engine website sehingga dapat diakses dengan mudah oleh pembaca.

Indogamers.com[sunting | sunting sumber]

Dalam perkembangannya, pada tahun 2013 Indogamers mengembangkan portal media game bernama Indogamers.com[4] yang merupakan portal media game yang didedikasikan untuk penggemar game. Indogamers terdiri dari sejumlah wartawan, serta kontributor terbaik yang memiliki kecintaan dan antusias tinggi terhadap dunia game.

Melalui Indogamers.com, Indogamers berkeinginan menjadi wadah untuk saling berbagi pengetahuan, pandangan dan pengalaman tentang game kepada masyarakat luas. Indogamers berkomitmen untuk terus menghadirkan konten berkualitas tinggi, memperluas jaringan kolaborasi, dan memperkuat komunitas kami.

Indogamers.com fokus menyajikan informasi seputar game di Indonesia. Ulasan dari arena game akan membawa para gamers menyelami seluk beluk informasi terkini. Selain itu, berita unik di luar arena turut membawa pembaca ke sisi lain dunia game.

Indogamers memanjakan pembacanya dalam bentuk teks, foto, video serta infografis. Pembaca setia Indogamers.com berasal dari kalangan pria yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Semarang dengan rentang usia 18-44 tahun. Pengakses terbanyak Indogamers.com lewat smartphone.

Kanal-kanal dalam Indogamers.com meliputi, News, E-Sports, Gadget, Mobile, PC, Console, Guides, Community, Reviews, Infografis. Seiring perkembangan sosial media, Indogamers.com juga hadir lewat platform Instagram[5], Facebook[6], TikTok[7], X[8] dan Youtube[9].

Event Organizer[sunting | sunting sumber]

Sejak berdiri, Indogamers telah dipercaya untuk menjadi pelaksana event game. Salah satu event yang diselenggarakan adalah Indogamers Mobile Legends Championship 2024[10] tingkat nasional[11].

Event yang terus dikembangkan oleh Indogamers adalah kerjasama dengan café-café dalam Indogamers Café Gaming yang dipersiapkan untuk membuat event di level café yang nantinya akan naik ke level kabupaten /kota, provinsi dan nasional. Menyadari perkembangan esports, Indogamers saat ini mengembangkan event dalam bentuk diskusi seputar game serta membuat program Indogamers Goes to Campuss.

Referensi[sunting | sunting sumber]