Harry Stack Sullivan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Herbert "Harry" Stack Sullivan (21 Februari 1892 – 14 Januari 1949) adalah seorang psikiater dan psikoanalis Neo-Freudian Amerika yang berpendapat bahwa "kepribadian tidak pernah dapat diisolasi dari hubungan interpersonal yang kompleks di mana [seseorang] hidup" dan bahwa "bidang psikiatri adalah bidang hubungan antarpribadi dalam segala keadaan di mana hubungan [seperti] itu ada".[1] Setelah mempelajari terapis Sigmund Freud, Adolf Meyer, dan William Alanson White, dia mengabdikan bertahun-tahun kerja klinis dan penelitian untuk membantu orang dengan penyakit psikotik.[2]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Sullivan adalah anak imigran Irlandia dan dibesarkan di kota Norwich, New York yang saat itu anti-Katolik, mengakibatkan isolasi sosial yang mungkin menginspirasi minatnya pada psikiatri di kemudian hari. Ia bersekolah di Smyrna Union School, kemudian menghabiskan dua tahun di Universitas Cornell dari tahun 1909,[3] menerima gelar kedokterannya di Chicago College of Medicine and Surgery pada tahun 1917.

Karya[sunting | sunting sumber]

Bersama Clara Thompson, Karen Horney, Erich Fromm, Otto Allen Will Jr., Erik H. Erikson, dan Frieda Fromm-Reichmann, Sullivan meletakkan dasar untuk memahami individu berdasarkan jaringan hubungan di mana mereka terjerat. Dia mengembangkan teori psikiatri berdasarkan hubungan interpersonal[4] di mana kekuatan budaya sebagian besar bertanggung jawab atas penyakit mental (lihat juga psikiatri sosial). Dalam kata-katanya, yang harus diperhatikan adalah yang "interaksional", bukan "intrapsikis". Pencarian kepuasan melalui keterlibatan pribadi dengan orang lain membuat Sullivan menggolongkan kesepian sebagai pengalaman manusia yang paling menyakitkan. Dia juga memperluas psikoanalisis Freudian pada pengobatan pasien dengan gangguan mental berat, khususnya skizofrenia.

Selain pertama kali menyebutkan orang penting dalam literatur psikologi, Sullivan mengembangkan gagasan tentang "sistem diri", suatu konfigurasi ciri-ciri kepribadian yang dikembangkan di masa kanak-kanak dan diperkuat oleh penegasan positif dan operasi keamanan yang dikembangkan di masa kanak-kanak untuk menghindari kecemasan dan ancaman. untuk harga diri. Sullivan lebih jauh mendefinisikan Sistem Diri sebagai mekanisme pengarah menuju serangkaian perilaku Aku-Kamu yang saling terkait—yakni, apa yang dilakukan seseorang dimaksudkan untuk menimbulkan reaksi tertentu.

Sullivan menyebut perilaku ini Integrasi Parataksis dan mencatat bahwa kombinasi aksi-reaksi seperti itu dapat menjadi kaku dan mendominasi pola berpikir orang dewasa, membatasi tindakan dan reaksi mereka terhadap dunia yang dilihat orang dewasa, bukan sebagaimana adanya. Ketidakakuratan penilaian yang dihasilkan Sullivan disebut distorsi parataksis, ketika orang lain dianggap atau dievaluasi berdasarkan pola pengalaman sebelumnya, serupa dengan gagasan Freud tentang transferensi. Sullivan juga memperkenalkan konsep "komunikasi prototaxic" sebagai bentuk pertukaran psikis yang lebih primitif, membutuhkan, dan kekanak-kanakan dan "komunikasi sintaksis" sebagai gaya interaksi emosional yang matang.

Karya Sullivan tentang hubungan interpersonal menjadi landasan psikoanalisis interpersonal, sebuah aliran teori dan pengobatan psikoanalitik yang menekankan eksplorasi rinci tentang nuansa pola interaksi pasien dengan orang lain.

Sullivan adalah orang pertama yang menciptakan istilah "masalah dalam hidup" untuk menggambarkan kesulitan pada diri sendiri dan orang lain yang dialami oleh penderita penyakit mental. Frasa ini kemudian diambil dan dipopulerkan oleh Thomas Szasz, yang karyanya merupakan sumber dasar bagi gerakan antipsikiatri. "Masalah dalam hidup" kemudian menjadi cara yang disukai gerakan ini untuk merujuk pada manifestasi gangguan mental.

Pada tahun 1927, ia mengulas The Invert and his Social Adjustment yang diterbitkan secara anonim dan kontroversial, dan pada tahun 1929 menyebutnya sebagai "sebuah dokumen luar biasa yang ditulis oleh seorang pria homoseksual yang beradab; yang dimaksudkan terutama sebagai panduan bagi para penderita inversi seksual yang malang, dan apalagi terbuka untuk kritik daripada apa pun yang sejenis yang dipublikasikan sejauh ini."[5]

Dia adalah salah satu pendiri William Alanson White Institute, yang dianggap oleh banyak lembaga psikoanalitik independen terkemuka di dunia, dan jurnal Psychiatry pada tahun 1937. Dia mengepalai Sekolah Psikiatri Washington, D.C. dari tahun 1936 hingga 1947.

Pada tahun 1940, ia dan rekannya Winfred Overholser, yang bertugas di komite Mobilisasi Militer Asosiasi Psikiatris Amerika, merumuskan pedoman untuk penyaringan psikologis orang yang dilantik ke militer AS. Ia percaya, tulis seorang sejarawan, "bahwa seksualitas memainkan peran minimal dalam menyebabkan gangguan mental dan homoseksual dewasa harus diterima dan dibiarkan begitu saja."[6] Terlepas dari upaya terbaiknya, ada pula yang memasukkan homoseksualitas sebagai diskualifikasi untuk dinas militer.[7]

Mulai tanggal 5 Desember 1940, Sullivan menjabat sebagai penasihat psikiatris untuk direktur Layanan Selektif Clarence A. Dykstra, tetapi mengundurkan diri pada bulan November 1941 setelah Jenderal Lewis B. Hershey, yang memusuhi psikiatri, menjadi direkturnya.[8] Sullivan kemudian ikut mendirikan Kantor Informasi Perang pada tahun 1942.[9]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Sullivan menghabiskan 22 tahun terakhir hidupnya menjalin hubungan dengan James Inscoe, yang 20 tahun lebih muda dari Sullivan.[10] Meskipun beberapa orang sezaman dan sejarawan menganggap Inscoe sebagai anak angkat, biografi rekannya Helen Swick Perry menyebutkan hubungan tersebut, menunjukkan bahwa teman dekat menyadari bahwa mereka adalah pasangan.

Sullivan meninggal di Paris pada tahun 1949.

Tulisan[sunting | sunting sumber]

Meskipun Sullivan hanya menerbitkan sedikit buku sepanjang hidupnya, ia memengaruhi generasi profesional kesehatan mental, terutama melalui ceramahnya di Chestnut Lodge di Rockville, Maryland. Leston Havens menyebutnya sebagai pengaruh bawah tanah paling penting dalam psikoanalisis Amerika. Ide-idenya dikumpulkan dan diterbitkan secara anumerta, diedit oleh Helen Swick Perry, yang juga menerbitkan biografi rinci pada tahun 1982 (Perry, 1982, Psychiatrist of America).

Karya[sunting | sunting sumber]

Karya-karya berikut ada dalam Koleksi Khusus (MSA SC 5547) di Arsip Negara Bagian Maryland di Annapolis: Konsepsi Psikiatri Modern, Transkripsi Soundscriber (Februari 1945-Mei 1945); Kuliah 1-97 (dimulai 2 Oktober 1942); Kuliah Sekolah Kedokteran Universitas Georgetown (1939); Psikopatologi Pribadi (1929–1933); Catatan Psikiatri Karakter dan Penyimpangannya yang tidak bertanggal.

Tulisannya antara lain:

  1. The Interpersonal Theory of Psychiatry (1953)
  2. "The Psychiatric Interview" (1954)
  3. Conceptions of Modern Psychiatry (1947/1966)
  4. Schizophrenia as a Human Process (1962)

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sullivan, H. S. (1947). Conceptions of Modern PsychiatryPerlu mendaftar (gratis). Washington D.C.:William A. White Psychiatric Foundation. hlm. 4-5. 
  2. ^ Clara Thompson, "Sullivan and Psychoanalysis" in Mullahy, Patrick, ed. (1952). The Contributions of Harry Stack Sullivan. Hermitage House. hlm. 101. 
  3. ^ Kimble, Gregory A.; Wertheimer, Michael; White, Charlotte (1991). Portraits of pioneers in psychology, Volume 1. Routledge. hlm. 328. ISBN 0-8058-1136-2. 
  4. ^ Rioch DM (May 1985). "Recollections of Harry Stack Sullivan and of the development of his interpersonal psychiatry". Psychiatry. 48 (2): 141–58. doi:10.1080/00332747.1985.11024276. PMID 3887444. 
  5. ^ Vande Kemp, 15
  6. ^ Wake, Naoko (2011). Private practices: Harry Stack Sullivan, the science of homosexuality, and American liberalism. United States: Rutgers University Press. ISBN 978-0813549583. 
  7. ^ Bérubé, pp. 9—11
  8. ^ Vande Kemp, 16-7
  9. ^ Perry, 168
  10. ^ Hendrika Vande Kemp, "Harry Stack Sullivan (1892–1949): Hero, Ghost, and Muse," in E. Mark Stern and Robert B. Marchesani, eds., Saints and Rogues: Conflicts and Convergence in Psychotherapy (Haworth Press, 2004), 10-14, available online, accessed February 18, 2012

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Bérubé, Allan. Coming Out Under Fire: The History of Gay Men and Women in World War Two. New York: The Penguin Group, 1990. ISBN 0-452-26598-3.
  • Chapman, A.H.: Harry Stack Sullivan: His Life and His Work. New York: G.P. Putnam's Sons, 1976.
  • Evans III, F. Barton: Harry Stack Sullivan: Interpersonal Theory and Psychotherapy. London and New York: Routledge, 1996.
  • Mitchell, Stephen A.: "Harry Stack Sullivan and Interpersonal Psychoanalysis." In: St. A. Mitchell & M. Black: Freud and Beyond: A History of Modern Psychoanalytic Thought. New York: Basic Books, 1995, ISBN 978-0-465-01405-7, p. 60-84.
  • Mullahy, Patrick: Psychoanalysis and Interpersonal Psychiatry: The Contributions of Harry Stack Sullivan. New York: Science House, 1970.
  • Mumford, Robert S.: "Traditional Psychiatry, Freud, and H. S. Sullivan." Comprehensive Psychiatry, vol. 2, no. 1, February 1961.
  • Perry, Helen Swick: Psychiatrist of America: The Life of Harry Stack Sullivan. Cambridge MA and London: The Belknap Press of Harvard University Press, 1982, ISBN 0-674-72076-8.
  • Wake, Naoko: Private Practices: Harry Stack Sullivan, the Science of Homosexuality, and American Liberalism. New Brunswick NJ: Rutgers University Press, 2011

Pranala luar[sunting | sunting sumber]