Euphrosyne dari Kiev

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Euphrosyne dari Kiev
Permaisuri Hungaria
Tenure1146–1162
PendahuluIlona
PenerusYaroslavna dari Halych
Informasi pribadi
Kelahiranskt. 1130
Kematianskt. 1193
WangsaDinasti Rurik (melalui kelahiran)
Wangsa Árpád (melalui pernikahan)
AyahMstislav I dari Kiev
Ibues:Liubava Dmitrievna Zavidich
PasanganGéza II dari Hungaria
Anak

Euphrosyne dari Kiev (juga Euphrosine dari Novgorod; skt. 1130 – skt. 1193) merupakan seorang Permaisuri Hungaria.

Euphrosyne merupakan putri pertama Pangeran Agung Mstislav I dari Kiev dan istri keduanya, Liubava Dmitrievna. Pada tahun 1146, Euphrosyne menikah dengan Raja Géza II dari Hungaria.

Selama masa pemerintahan suaminya Euphrosyne tidak ikut campur di dalam politik kerajaan, tetapi setelah kematian suaminya pada tanggal 31 Mei 1162, pengaruhnya semakin kuat atas putra mereka, Raja István III. Raja muda itu harus berjuang melawan pamandanya, László dan István untuk menyelamatkan takhtanya, dan Euphrosyne berperan aktif dalam perjuangan tersebut. Ia membujuk Raja Vladislav II dari Bohemia untuk memberikan bantuan militer kepada putranya melawan serangan Kaisar Manouel I Komnenos.

Anak kesayangan Euphrosyne adalah putra bungsunya, Adipati Géza dari Hungaria. Ketika Raja István III meninggal pada tanggal 4 Maret 1172, ia berencana untuk mengamankan suksesinya melawan putranya yang lebih tua, Béla, yang telah tinggal di istana Kaisar Manouel I Komnenos. Akan tetapi, Béla kembali, dan ia dimahkotai pada tanggal 13 Januari 1173, meskipun Uskup Agung Lukács dari Esztergom menolak penobatannya. Tak lama setelah itu, Raja Béla III menahan saudaranya, yang meningkatkan ketegangan hubungan antara Euphrosyne dan putranya. Adipati Géza segera berhasil menyelamatkan diri, mungkin dengan batuan Euphrosyne, tetapi pada tahun 1177 ia kambali ditangkap.

Pada tahun 1186, Euphrosyne mencoba untuk membebaskan putranya sekali lagi, tetapi ia gagal. Raja Béla III memerintahkan penangkapan Euphrosyne dan membuatnya tetap berada di benteng Barancs (Serbian: Braničevo). Tak lama kemudian, Euphrosyne dibebaskan, tetapi ia terpaksa meninggalkan kerajaan dan pergi ke Konstantinopel. Dari Konstantinopel ia pindah ke Yerusalem dimana ia hidup sebagai seorang biarawati di biara Ksatria Hospitaller, dan kemudian di biara Basilian Santo Sabbas.

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1146, Euphrosyne menikah dengan Raja Géza II dari Hungaria (1130 – 31 Mei 1162). Mereka memiliki keturunan sebagai berikut:

Euphrosyne merupakan leluhur Edward III dari Inggris oleh karena itu juga menjadi leluhur seluruh penguasa Inggris dan Britannia. Ia juga merupakan salah satu leluhur Harold Godwinson dan penguasa-penguasa Britannia modern.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Soltész, István: Árpád-házi királynék (Gabo, 1999)
  • Kristó, Gyula - Makk, Ferenc: Az Árpád-ház uralkodói (IPC Könyvek, 1996)
Euphrosyne dari Kiev
Lahir: skt. 1130 Meninggal: skt. 1193
Gelar penyandang kekuasaan
Didahului oleh:
Ilona
Permaisuri Hungaria
1146–1162
Diteruskan oleh:
Yaroslavna dari Halych

Referensi[sunting | sunting sumber]