Óscar Romero

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Óscar Romero y Galdámez
Uskup Agung San Salvador
Óscar Romero
GerejaGereja Katolik Roma
Keuskupan agung
San Salvador
TakhtaSan Salvador
Penunjukan3 Februari 1977
Awal masa jabatan
23 Februari 1977
Masa jabatan berakhir
24 Maret 1980
PendahuluLuis Chávez
PenerusArturo Rivera
Imamat
Tahbisan imam
4 April 1942
Tahbisan uskup
21 Juni 1970
oleh Girolamo Prigione
Informasi pribadi
Nama lahirÓscar Arnulfo Romero y Galdámez
Lahir(1917-08-15)15 Agustus 1917
Ciudad Barrios, Departemen San Miguel, El Salvador
Wafat24 Maret 1980(1980-03-24) (umur 62)
San Salvador, El Salvador
MakamKatedral Metropolitan Juruselamat Kudus, San Salvador, El Salvador
KewarganegaraanEl Salvador
DenominasiKatolik Roma
Orang tuaSantos Romero & Guadalupe de Jesús Galdámez
Jabatan sebelumnya
SemboyanSentire cum Ecclesia (Rasa dengan Gereja)
Tanda tanganTanda tangan Óscar Romero y Galdámez
LambangLambang Óscar Romero y Galdámez
Orang kudus
Hari heringatan24 Maret
Venerasi
Gelar orang kudus
Uskup dan martir
Beatifikasi23 Mei 2015
San Salvador, El Salvador
oleh Kardinal Angelo Amato, S.D.B., mewakili Paus Fransiskus
Kanonisasi14 Oktober 2018
Lapangan Santo Petrus, Kota Vatikan
oleh Paus Fransiskus
AtributBusana uskup agung
Pelindung

Óscar Arnulfo Romero y Galdámez (15 Agustus 1917 – 24 Maret 1980) adalah seorang prelatus Gereja Katolik di El Salvador, yang menjabat sebagai Uskup Agung San Salvador. ia berbicara terbuka melawan kemiskinan, ketidakadilan sosial, pembunuhan, dan penyiksaan. Pada 1980, Romero dibunuh saat sedang Misa di kapel Rumah Sakit Penyelenggara Ilahi.

Saat beatifikasi Romero, Paus Fransiskus menyatakan bahwa "Pelayanannya khas karena perhatian menonjol terhadap kaum papa dan terpinggirkan."[3] Dihormati sebagai pahlawan oleh para pendukung teologi pembebasan yang terinspirasi oleh karyanya, menurut biografernya, Romero "tak meminati teologi pembebasan" namun teguh mengikuti ajaran Katolik tentang pembebasan dan opsi prefensial terhadap kaum papa,[4] menganggap revolusi sosial berdasar pada reformasi dari dalam. Meskipun dipandang sebagai konservatif sosial saat ia dilantik menjadi Uskup Agung pada 1977, ia sangat termenung terhadap pembunuhan Rutilio Grande yang terjadi beberapa pekan setelah pelantikannya sendiri dan lebih menjadi aktivis sosial pada masa berikutnya.

Pada 2010, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa memproklamasikan 24 Maret sebagai "Hari Internasional bagi Hak untuk Kebenaran terhadap Kekerasan Hak Asasi Manusia dan Dignitas Korban-korban" dalam menghargai peran Uskup Agung Romero dalam membela hak asasi manusia. Romero aktif mengutuk kekerasan hak asasi manusia dari orang-orang yang dimuliakan dan membela prinsip-prinsip perlindungan nyawa, mempromosikan dignitas manusia dan melawan seluruh bentuk kekerasan.

Pada 1997, Paus Yohanes Paulus II memberikan gelar Pelayan Allah kepada Romero, dan sebab beatifikasi dan kanonisasi dibuka baginya. Sebabnya dibekukan, namun dibuka lagi oleh Paus Benediktus XVI pada 2012. Ia dideklarasikan menjadi martir oleh Paus Fransiskus pada 3 Februari 2015, dalam rangka beatifikasinya yang diadakan pada 23 Mei 2015.

Kelompok-kelompok gereja Amerika Latin sering memproklamasikan Romero menjadi santo pelindung tak resmi dari benua Amerika dan/atau El Salvador; umat Katolik di El Salvador sering menyebutnya "San Romero". Di luar Katolik, Romero dihormati oleh denominasi-denominasi Kristen lainnya yang meliputi Gereja Inggris dan Komuni Anglikan melalui Kalender Penyembahan Umum, serta setidaknya pada kalender liturgi Lutheran. Uskup Agung Romero juga merupakan salah satu dari sepuluh martir abad ke-20 yang digambarkan dalam patung-patung di atas Great West Door, Westminster Abbey, London. Pada 2008, majalah A Different View yang berbasis di Eropa mencantumkan Romero sebagai salah satu dari 15 Juara Demokrasi Dunia-nya.[5]

Monseñor Óscar Romero

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]