Pengguna:Karaniya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Karaniya Dharmasaputra (biasa dipanggil "Kar") adalah Pemimpin Redaksi/News Director VIVAnews, sebuah news portal yang akan diluncurkan Oktober 2008 mendatang. Sebelumnya, Kar bekerja di Majalah dan Koran Tempo sejak 1998. Posisinya terakhir di sini adalah managing editor. Selama karier jurnalistiknya, Kar telah menggaet sejumlah penghargaan, antara lain: Bung Hatta Anti Corruption Award 2002, AJI Award 2001, dan finalis International Tolerance Prize - IFJ pada tahun 2003. Memfokuskan diri sebagai wartawan investigasi kasus-kasus korupsi, ia dikenal dengan sejumlah scoop jurnalistinya, a.l.: skandal Bulog I dan II, kasus BLBI Sjamsul Nursalim, dan lainnya.

Selain menjadi wartawan, Kar juga menjadi peneliti tamu di bidang Freedom Institute. Bidang kajiannya adalah persoalan korupsi, good governance, dan media. Sejak Januari 2008, ia sedang melakukan penelitian bersama Prof. Lex Rieffel dari Brookings Institution, AS, tentang "Tata Kelola Yayasan-Pemerintah: Tantangan untuk Reformasi Birokrasi." Studi ini dijadwalkan akan rampung pada Maret 2009.

Kar merupakan alumnus Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, dan School of Public Policy and Public Administration, the George Washington University, Washington, D.C., di mana ia meraih gelar Master of Public Policy-nya atas sokongan beasiswa Fulbright dan Ford Foundation.

  • * *