Jurang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jurang adalah bentuk lahan yang lebih sempit dari ngarai dan seringkali merupakan hasil dari erosi tepian sungai . [1] Jurang biasanya diklasifikasikan sebagai skala yang lebih besar dari selokan, meskipun lebih kecil dari lembah . [1] Jurang juga bisa disebut cleuch, dell, ghout ( Nevis ), gill atau ghyll, glen, gorge, kloof ( Afrika Selatan ), dan chine ( Isle of Wight )

Jurang umumnya merupakan bentuk lahan lereng fluvial dengan sisi (penampang melintang) yang relatif curam, dengan kemiringan lereng antara dua puluh hingga tujuh puluh persen. Jurang mungkin atau mungkin tidak memiliki aliran aktif yang mengalir di sepanjang saluran lereng yang awalnya membentuknya; selain itu, seringkali sungai-sungai tersebut dicirikan oleh aliran-aliran yang terputus-putus, karena skala geografisnya mungkin tidak cukup besar untuk mendukung aliran air abadi . [2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Definition of "ravine" at Merriam-Webster
  2. ^ Christopher G. Morris; Academic Press (1992). Academic Press Dictionary of Science and Technology. Gulf Professional Publishing. hlm. 1802–. ISBN 978-0-12-200400-1. Diakses tanggal 1 October 2012.