Tari Fataele

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tari Fataele adalah salah satu jenis tari perang yang berasal dari Nias, Sumatera Utara. Tari dari Tanah Dalam ini, tidak bisa dilepaskan dengan hombo batu yaitu lompat batu setinggi 2 meter.

Dulu, pemimpin kampung Nias atau dikenal dengan Si'ulu mengumpulkan para pemuda desa untuk dilatih dalam peperangan. Si'ulu mengumpulkan para pemuda desa untuk dilatih dalam berperang dengan tujuan mempertahankan kekuasaan dan kampungnya dari serangan musuh. Si'ulu biasanya akan menyeleksi para pemuda, jika pemuda bisa melompati batu berarti ia lulus dan layak dijadikan prajurit untuk maju ke medan perang. Kalau para pemuda itu sukses, maka pemimpin kampung atau Si'ulu akan mengadakan perayaan bersama para penduduk dengan memotong babi. Kegiatan pesta tersebut sambil diselingi dengan pengumuman ke warga tentang siapa-siapa saja yang berhasil melompati Hombo Batu dan sudah pasti masuk dalam jajaran Fataele. Pastilah para pemuda bangga karena diapresiasi oleh Si'ulu dan penduduk kampung tersebut.

Tujuan dari pembentukan pasukan Fataele ini, tidak semata-mata untuk menyerang atau mempertahankan kampungnya sendiri, tetapi juga untuk kegiatan adat istiadat lainnya seperti pengangkatan pemimpin kampung, pesta perkawinan, juga pesta menyambut tamu kehormatan.

Tetapi seiring perkembangan zaman, fungsi pasukan Fataele berubah, yang dulu untuk menyerang musuh atau mempertahankan daerahnya,tetapi sekarang haya berfungsi dalam acara pesta saja. Ini dikarenakan tidak ada lagi perebutan masalah lahan dari penduduk lain.[1]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ensklopedi Tari- Tarian Nusantara. hlm. 10–13. ISBN 9789796659869.