After Earth

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
After Earth
Poster bioskop
SutradaraM. Night Shyamalan
ProduserCaleeb Pinkett
Jada Pinkett Smith
Will Smith
James Lassiter
SkenarioGary Whitta
M. Night Shyamalan
CeritaWill Smith
PemeranWill Smith
Jaden Smith
Penata musikJames Newton Howard
SinematograferPeter Suschitzky
PenyuntingSteven Rosenblum
Perusahaan
produksi
DistributorColumbia Pictures
Tanggal rilis
  • 31 Mei 2013 (2013-05-31)
Durasi100 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$130 juta[2]

After Earth (awalnya berjudul 1000 A.E.) adalah film laga fiksi ilmiah Amerika Serikat tahun 2013 yang ditulis dan disutradarai M. Night Shyamalan. Film ini dibintangi oleh ayah dan anak Will dan Jaden Smith sebagai Cypher dan Kitai Raige. Will Smith juga terlibat sebagai produser dan penulis. Film ini akan didistribusikan oleh Columbia Pictures dan tersedia dalam format IMAX. Film ini diangkat dari cerita karangan Will Smith.

Alur[sunting | sunting sumber]

Pada masa depan, setelah umat manusia meninggalkan Bumi pasca-peristiwa yang menghancurkan, mereka mendirikan kembali tatanan masyarakat di planet Nova Prime, sekian tahun cahaya dari Bumi. Karena ditinggalkan begitu saja, Bumi berkembang sendiri.

Seribu tahun setelah Bumi ditinggalkan, Ranger Corps, sebuah organisasi pencinta damai, dibentuk setelah kolonisasi Nova Prime. Organisasi ini dipimpin oleh Jenderal Cypher Raige, seorang ayah bijak yang tenang dan tidak berperasaan. Putranya yang masih remaja, Kitai, adalah anggota Ranger Corps, namun ulahnya membuat Cypher frustrasi.

Istrinya, Faia, menganggap Kitai sedang mencari perhatian ayahnya. Karena itu, Cypher membawa Kitai dalam sebuah misi ke Bumi. Pesawat mereka terbang ke sabuk asteroid dan jatuh di Bumi, menewaskan semua orang kecuali Cypher dan Kitai yang terpaksa menjelajahi wilayah asing untuk mencari bantuan, serta sebuah makhluk alien yang kabur saat kecelakaan tadi. Mereka bertemu hewan-hewan yang sudah berevolusi dan mendominasi Bumi.[3]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Dalam waktu dekat, sebuah bencana lingkungan memaksa umat manusia untuk meninggalkan Bumi dan menetap di sebuah dunia baru, Nova Prime.

Seribu tahun kemudian, The Ranger Corps, sebuah organisasi penjaga perdamaian yang dipimpin oleh Jenderal Cypher Raige (Will Smith), datang ke dalam konflik dengan S'krell, makhluk asing yang dimaksudkan untuk menaklukkan Nova Prime. senjata rahasia mereka adalah Ursas, makhluk predator besar yang berburu manusia dengan "merasakan" ketakutan manusia. Perjuangan Rangers melawan Ursas sampai Cypher belajar bagaimana untuk benar-benar menekan rasa takutnya, teknik yang disebut "ghosting". Setelah mengajar teknik ini untuk Rangers lainnya, ia memimpin Ranger Corps untuk meraih kemenangan. Sementara itu, anak Cypher Kitai Raige (Jaden Smith) menyalahkan dirinya sendiri atas kematian adiknya Senshi (Zoe Kravitz) di tangan Ursa. Kitai melatih diri untuk menjadi Ranger seperti Cypher, tetapi ditolak karena kecerobohan, dan Cypher memandang dia dengan kekecewaan. Kitai ibu Faia (Sophie Okonedo) meyakinkan Cypher untuk mengambil Kitai dalam perjalanan terakhirnya sebelum pensiun.

Dalam misi penerbangan pesawat ruang angkasa itu, mereka menghadapi hujan asteroid dan jatuh di bumi yang saat itu sedang dalam karantina, tepat didekat Amerika Tengah. Kedua kaki Cypher mengalami patah tulang, dan suar penyelamatan utama darurat rusak. Cypher akhirnya menginstruksikan Kitai untuk mencari bagian ekor pesawat, yang telah terpisah dari bangkai kapal utama ketika masuk ke atmosfer. Di dalam ekor pesawat ada mercusuar cadangan yang dapat mereka gunakan untuk mengirimkan sinyal darurat ke Nova Prime. Cypher membekali kitai sebisanya, memberikan Kitai senjata andalannya, sebuah tingkat multifungsi, komunikator pergelangan tangan dan enam kapsul cairan yang meningkatkan asupan oksigen sehingga ia bisa bernapas di atmosfer oksigen rendah diBumi. Cypher memperingatkan dia untuk menghindari fauna dan flora yang telah berevolusi, dengan alat komunikasi Cypher membimbing Kitai menuju ekor pesawat yang terdeteksi melalui layar.

Kitai diserang oleh babon raksasa dan selama pelariannya, ia juga digigit lintah yang sangat beracun, Kitai menyuntikkan obat penawar yang mematikan sistem saraf, tapi dia juga kemudian menyadari bahwa dua kapsul oksigen telah pecah hingga obat penawar bereaksi ia pun pingsan. Ketika Kitai terbangun, ia lolos dari penurunan suhu tiba-tiba. Kitai tak mengatakan pada Cypher, perihal dua kapsul yang rusak. Malam itu, Kitai mendengarkan Cypher menceritakan kisah ketika ia diserang oleh Ursa, bagaimana ia menyadari bahwa rasa takut hanyalah ilusi yang diciptakan oleh pikiran pikiran yang belum tentu terjadi, dari situlah ia menjadikan dirinya hantu bagi para ursa, memilih untuk hidup daripada membiarkan musuhnya (rasa takut dan ursa) menentukah takdirnya.

Hari berikutnya, Kitai mencapai puncak gunung, dan Cypher akhirnya mengetahui kapsul yang rusak, padahal perjalanan Kitai masih harus menuruni gunung sekali lagi, yang harus ditempuh belasan jam. Kemudian Kitai menyadari bahwa satu-satunya jalan agar sampai ditempat tujuan adalah dengan cara skydive, terjud dari gunung itu, karena tak mau kehilangan Kitai, Cypher memerintahkannya untuk membatalkan misi dan kembali di reruntuhan utama pesawat bersama dirinya. Namun Kitai masih berpendapat bahwa ayahnya masih menyimpan kekecewaan terhadapnya, menyalahkan dia atas kematian Senshi pada hari itu. Kitai kemudian memberanikan diri untuk Skydive dari puncak gunung, tetapi kemudian ditangkap oleh elang besar dan komunikator nya rusak. Kitai bangun di sarang elang, di mana ia dikelilingi oleh harimau yang hendak memangsa anak-anak elang. Kemudian induk elang menyerang harimau-harimau itu, dan Kitai membunuh salah satu harimau itu dan lolos. Dia mencapai sungai, dan membangun rakit untuk melanjutkan perjalanan menyusuri sungai. Karena kelelahan, Kitai tertidur di atas rakit. Ia bermimpi adiknya, Senshi, yang meyakinkan kitai bahwa rasa kecewa Cypher pada dirinya hanyalah kemarahan diri sendiri karena tak bisa menyelamatkan putrinya dihari itu. Senshi mendesak Kitai untuk bangun dan ketika dia melakukannya, dia terkejut oleh penurunan suhu yang terjadi lagi dan ketika Kitai hampir membeku. Kitai diselamatkan oleh induk elang yang pernah membawanya, menyelimuti dengan sayapnya meskipun ia sendiri mati kedinginan.

Kitai mencapai bagian ekor dan mengambil suar darurat bersama dengan komunikator lain, senjata, dan banyak kapsul oksigen lain. komunikator yang didapatkan sedikit bermasalah, karena komunikasi antara Cypher dengan Kitai hanya satu arah, Cypher bisa mendengar kitai, tapi tidak sebaliknya. Kitai melihat bahwa tidak ada awak pesawat lain yang tersisa, kemungkinan besar semua telah dibunuh oleh ursa. Setelah dinyalakan, ternyata Suar darurat tidak dapat berfungsi dan Cypher menyadari bahwa atmosfer bumi telah menghalangi sinyalnya. Kitai kemudian mencoba naik ke dataran yang lebih tinggi, sebuah bukit yang tak jauh dari bangkai ekor. Sampai puncak bukit, Kitai justeru menemui ursa, ia pun bertarung dengannya hingga saat Kitai mampu menghilangkan rasa takutnya dan menjadi ghost seperti ayahnya, dan berhasil membunuh ursa dengan senjata ayahnya, setelah ursa terbunuh, kitai berhasil mengirimkan sinyal ke nova prime, tim penyelamatpun datang, menolong ayah dan dirinya.

Setelah peristiwa itu, Kitai resmi masuk ke skuat rangers dengan misi-misi penting, karena keberhasilannya membunuh ursa dengan mampu menghilangkan rasa takut, kini kitai menjadi legenda lain nova prime.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "AFTER EARTH (12A)". British Board of Film Classification. 2013-05-14. Diakses tanggal 2013-05-14. 
  2. ^ Oliver Lyttelton (March 4, 2013). "In A Crowded Summer 2013 Blockbuster Season, Which Risky Films Will Be Hits & Which Will Flop?". Indie Wire. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-05-26. Diakses tanggal March 5, 2013. 
  3. ^ "Random House, Sony Pictures Consumer Products, and Overbrook Entertainment Announce After Earth Publishing Program" (Siaran pers). Sony Pictures. July 13, 2012. Diakses tanggal 2012-12-13. 
  4. ^ "Sinopsis Film After Earth". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-12-01. Diakses tanggal 2017-11-26. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]