Pantai Boneoge

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pantai Boneoge adalah salah satu tempat rekreasi yang terletak di daerah Donggala di mana pantai boneoge sangat terkenal dengan pemandangan matahari disaat terbenam atau yang dikenal dengan sunset. Tidak sedikit masyarakat lokal maupun manca negara yang suka dan senang berkunjung ke boneoge hanya untuk menyaksikan secara langsung suasana matahari terbenam secara sempurna. Menurut para masyarakat atau para peneliti bahwa pantai Boneoge sebenarnya sambungan garis pantai Tanjung Karang, hanya yang membedakan Pantai Boneoge lumayan panjang bila dibandingkan dengan Tanjung Karang. Di tempat ini juga terdapat kampung nelayan yang lumayan padat, terkadang ditempat ini juga kita sering menjumpai para nelayan yang telah kembali dari melaut pada sore hari, yang membuat para pengunjung sangat menikmati suasana tersebut.[1]

Di Pantai Boneoge belum tersedia cottage-cottage besar seperti yang ada di Tanjung Karang. Masih banyak spot yang bisa dijadikan tempat bersantai sambil melihat keindahan matahari terbenam. Beberapa diantaranya ditepi pantai hingga diatas tebing.[1]

Menurut Sekretaris Dinas Pariwisata Donggala, Muhammad, dulunya Boneoge hanyalah sebuah desa atau perkampungan nelayan. Namun pada tahun 1998, Boneoge mengalami perubahan menjadi kelurahan di Kecamatan Banawa. Seiring berjalannya waktu, Boneoge mulai banyak dikunjungi wisatawan, selain hamparan pasir putihnya di Boneoge juga memiliki spot pemandangan dibawah laut tumbuh karang ditempat itu sangat bagus dan masih alami.

Kedepannya, kata Muhammad, Boneoge bisa dijadikan tempat untuk berbagai olahraga, seperti voli pantai hingga olahraga air.

Dari pantauan Radar Sulteng, setiap harinya pantai boneoge selalu dikunjungi khususnya masyarakat untuk bersantai sambil menikmati indahnya matahari terbenam.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Nikmati Keindahan Sunset di Pantai Boneoge". RADAR SULTENG. Diakses tanggal 2020-02-16.